CORRELATION OF LABORATORY EXPERTS’ PERFORMANCES IN PRIMARY HEALTH CARE (PUSKESMAS) AND PATIENCE PERCEPTION

Hilda Meriyandah Agil, Rina Veronica, Tjipto Rini

= http://dx.doi.org/10.20473/jphrecode.v2i2.12041
Abstract views = 684 times | downloads = 365 times

Abstract


Pelayanan laboratorium kesehatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan diharapkan dapat memberikan informasi yang akurat dalam setiap tahapnya: pra-analitik, analitik, dan pasca analitik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kinerja laboratorium di Puskesmas terhadap persepsi masyarakat yang dilakukan di 24 Puskesmas di Surabaya dengan sampel sebanyak 30 tenaga laboratorium dan 30 masyarakat. Bagian ini menjelaskan secara jelas dan singkat tentang langkah-langkah penelitian yang dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja tenaga laboratorium di Puskesmas dengan persepsi masyarakat dengan ρ = 0,001. Terdapat hubungan antara kinerja tahap pra analitik (ρ = 0,002), tahap analitik (ρ = 0,004) dan pasca analitik (ρ = 0,007). Terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja petugas laboratorium di Puskesmas dengan persepsi masyarakat, dan yang paling signifikan berada di tahap pra-analitik.

 


Keywords


Kinerja laboratorium, Pelayanan kesehatan, Persepsi

Full Text:

PDF

References


Aryastami K and Hendarwan, H. (2006) ‘Persepsi Masyarakat Terhadap Ketanggapan Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan.’, Buletin Penelitian Kesehatan, Vol. 11.

Asmawati. (2011) Persepsi Pasien Rawat Jalan terhadap Kualitas Pelayanan Laboratorium di Rumah Sakit Umum Daerah Bima Nusa Tenggara Barat. Politeknik Kesehatan Jogjakarta.

Depkes (2008) Pedoman Praktik Laboratorium Kesehatan Yang Benar (Good Laboratory Practice). Direktorat Jenderal Bina Pelayanan dan Penunjang Medik.

Hasbi Fiil Hendra (2012) ‘Analisis Hubungan Persepsi Pasien Tentang Mutu Pelayanan Dengan Pemanfaatan Ulang Pelayanan Rawat Jalan Puskesmas Poncol Kota Semarang.’, E-Journal UNDIP Semarang.

Moenir (2006) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Edisi I. Jakarta: Bumi Aksara.

Muninjaya A.A.Gde. (2004) Manajemen Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: Buku Kedokteran EGC.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 128 Tahun 2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas. (2004).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 370/Menkes/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Ahli Teknologi Laboratorium Kesehatan (2007).

Rangkuti, F. (2006) Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan plus Analisis Kasus PLN-JP. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rini, T. (2011) Pengaruh Awarenes Management dan Organizational Commitment terhadap Responsive Culture serta Implikasinya pada Kompetensi Tenaga Laboratorium Kesehatan Pemerintah maupun Swasta. Disertasi, Universitas Airlangga Surabaya, dipublikasikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Public Health Research and Community Health Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

   

ISSN Online ISSN Cetak

JPH RECODE by PSDKU Banyuwangi, Universitas Airlangga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

My JPHRECODE Histats