PENILAIAN DAN PENGENDALIAN RISIKO KECELAKAAN PADA PEKERJAAN ATAP DI PEMBANGUNAN GEDUNG BERTINGKAT

Zeinfahmi Dwireski Wibawa, Sho'im Hidayat

= http://dx.doi.org/10.20473/jphrecode.v2i2.12517
Abstract views = 834 times | downloads = 429 times

Abstract


Angka kecelakaan kerja di Indonesia tergolong salah satu yang paling tinggi di Asia Tenggara, khususnya di sektor konstruksi. Pekerjaan di ketinggian merupakan pekerjaan yang menjadi penyebab kecelakaan kerja terbanyak di konstruksi. Salah satu pekerjaan yang dilakukan di ketinggian adalah pekerjaan atap. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan risk assessment dari pekerjaan atap di pembangunan gedung The Samator Surabaya oleh PT. PP. Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan deskriptif evaluatif dengan pendekatan observasional. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah proses pekerjaan atap. Populasi dan sampel diambil dari tenaga kerja pekerjaan atap dan SHE officer. Variabel dalam penelitian ini adalah penilaian risiko dan pengendalian risiko. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara dengan tenaga kerja pekerjaan atap dan SHE Officer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 27 penyebab bahaya pada proses pekerjaan atap, dengan 17 bahaya tergolong medium risk dan 10 bahaya tergolong high risk. Potensi bahaya yang paling banyak adalah bahaya terjatuh dari ketinggian dan kejatuhan material. Pengendalian risiko yang dilakukan adalah substitusi, pengendalian teknis, pengendalian administratif, dan APD. Penilaian pengendalian risiko berada pada rentang 50%-90%. Saran yang dapat diberikan adalah perusahaan perlu memikirkan mekanisme kepatuhan penggunaan APD di lingkungan kerja yang sejalan dengan kebijakan perusahaan, seperti dengan menggunakan sistem reward and punishment.

Keywords


atap, konstruksi, penilaian risiko

Full Text:

PDF

References


Health and Safety Executive United Kingdom. 2014. Health And Safety Statistics 2013/14 : Annual Report for Great Britain. http://www.hse.gov.uk/statistics/overall/hssh1314.pdf. (sitasi 20 April 2015)

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2015. http://kbbi.web.id (sitasi 30 April 2015)

LIPI. 2009. Lima Orang Pekerja Meninggal Setiap Hari. http://www.ppk.lipi.go.id. (sitasi 27 Mei 2015)

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 01 tahun 1980 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja pada Konstruksi Bangunan.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 05 tahun 1985 tentang Pesawat Angkat dan Angkut.

Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 09 tahun 2010 tentang Operator dan Petugas Pesawat Angkat dan Angkut.

Ramli, Soehatman. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Risiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Mangement. Jakarta: Dian Rakyat.

Ridwan, Mohammad. 2010. Kecelakaan Kerja Terbanyak di Sektor Konstruksi. http://www.sinarharapan.com. (15 Januari 2010)

Suma’mur. 2009. Higiene Perusahaan dan Keselatan Kerja. Jakarta: CV Sagung Seto.

Surat Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 174 tahun 1986 dan Nomor 104 tahun 1986 tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pada Tempat Kegiatan Konstruksi.

Susanto. 2008. Risk Assessment dan Upaya Pengembangan Jasa Konsultasi di Bidang Manajemen Risiko. Fraud Audit Task Force (FTAF) BPKP Capacity Building Project.

Syamsi, Ibnu. 1994. Pokok-Pokok Organisasi dan Manajemen. Jakarta: Rineka.

Tarwaka. 2008. Keselamatan dan Kesehatan Kerja: Manajemen dan implementasi K3 di Tempat Kerja. Surakarta: Harapan Press.

Undang Undang RI Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja.

Wibawa, Zeinfahmi Dwireski. 2016. Risk Assessment Kecelakaan Kerja Pekerjaan Atap Di Pembangunan Gedung Oleh PT. PP. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Journal of Public Health Research and Community Health Development

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

   

ISSN Online ISSN Cetak

JPH RECODE by PSDKU Banyuwangi, Universitas Airlangga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

My JPHRECODE Histats