Analysis of The MA AL-QODIRI VIII’S UKS Program Implementation Based on System Approach

Usaha Kesehatan Sekolah Pendekatan Sistem

Authors

  • Ayu Fitri Lestari
    ayu.fitri.lestari-2015@fkm.unair.ac.id
    Prodi S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat PSDKU Universitas Airlangga di Banyuwangi
October 28, 2020

Downloads

Latar Belakang: Pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan salah satu upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan yang ditujukan kepada peserta didik (usia sekolah). Hasil pengamatan yang dilakukan oleh Tim Pembina UKS Pusat ternyata masih cukup banyak sekolah yang belum melaksanakan UKS secara baik dan benar. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian dengan menganalisis pelaksanaan program UKS di sekolah. Tujuan: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan program UKS di MA Al-Qodiri VIII Kelir, Metode: Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi berdasarkan pendekatan sistem. Pengambilan data dilakukan dengan metode observasi dan wawancara mendalam. Wawancara mendalam dilakukan kepada empat informan, yaitu Guru Pembina UKS, dua orang Kader Kesehatan Remaja, dan pemegang Program UKS di Puskesmas setempat. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif.  Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Program UKS di MA-Al-Qodiri menurut komponen pendekatan sistem berupa input, proses dan outputnya masih dalam kategori cukup. Lebih dari 50% indikator keberhasilan dalam Program UKS di MA Al-Qodiri sudah terlaksana atau terpenuhi. Diantaranya indicator sumber daya manusia, sarana, kebijakan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Masih terdapat banyak beberapa kekurangan dalam pelaksanaan program UKS di masing-masing komponen menurut pendekatan sistem, begitu pula pada sub komponennya. Kesimpulan: Oleh karena itu, perlu ada beberapa perbaikan dalam pelaksanaan Program UKS yang diusulkan dan dilaksanakan sesuai dengan analisis permasalahan yang dilakukan.