Description Of The Level Of Patient Satisfaction With Outpatient Registration Counter Services At Puskesmas In East Java
Downloads
Latar Belakang: Loket pendaftaran merupakan pelayanan pertama yang diberikan, yang dapat menentukan kepuasan pasien dan keinginan pasien untuk melanjutkan pelayanan selanjutnya. Puskesmas Pare merupakan puskesmas yang akan mengikuti serangkaian kegiatan akreditasi. Dalam serangkaian kegiatan akreditasi, dibutuhkan survei kepuasan pasien salah satu kepuasan pasien terhadap pelayanan di loket puskesmas. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan loket pendaftaran di Puskesmas Pare Kabupaten Kediri. Metode: Penelitian ini merupakan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan desain peneilitian cross sectional. Populasi yang digunakan adalah semua yang berobat dan telah mendapatkan pelayanan di loket pada waktu penelitian berlangsung, yaitu sejumlah 100 pasien. Sampel yang digunakan adalah 80 pasien yang dipilih secara random. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang berasal langsung dari pihak Puskesmas Pare. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisa univariat. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas pasien merasa sangat puas terhadap pelayanan loket di Puskesmas Pare. Namun, masih ada unsur yang harus dilakukan suatu upaya peningkatan dan/atau perbaikan pada unsur tersebut, yaitu unsur kenyamanan ruang tunggu. Kesimpulan: Kesimpulannya, gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan loket pendaftaran di Puskesmas Pare secara normatif sudah mencapai tingkat kepuasan ‘sangat puas'.
Alur Pelayanan Rumah Sakit. (2018). Retrieved September 13, 2019, from RSUD Sekarwangi Kabupaten Sukabumi: http://rsudsekarwangi.sukabumikab.go.id/informasi/alur
Bustani, N. M., Rattu, A. J., & Saerang, J. S. (2015). Analsis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Balai Kesehatan Mata Masyarakat Propinsi Sulawesi Utara. Jurnal e-Biomedik, 881.
Endang, & Elisabeth. (2015). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Ernawati, D., & Zulfiana, S. (2013). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Aspek Mutu Pelayanan di Bagian TPPRJ Rumah Sakit Banyumanik Semarang. Visikes.
Fahamsyah, D., Hatta, C. I., & Mahyuliansyah. (2018). Pengukuran Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Kabupaten Hulu Sungai Utara. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia, 193.
Handayani, S. (2016). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Baturetno. Profesi, 47.
Hariany, Z., & Matondang, A. R. (2014). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Pelayanan Publik di Puskesmas XXX. Jurnal Teknik Industri, 5(2), 17-21.
Imbalo, S. P. (2015). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Kotler, P., Kertajaya, & Setiawan. (2010). Marketing management: Analysis, Planing, Implementation, Control. Ed. 8. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Kuntoro, W., & Istiono, W. (2017). Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan di Tempat Pendaftaran Pasien Rawat Jalan Puskesmas Kretek Bantul Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Vokasional, 143.
Mernawati, D., & Zainafree, I. (2016). Analisis Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang. Public Health Perspective Journal, 48.
Mustafiah, & Rimawati, E. (2015). Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan di Tempat Pendaftaran Rumah Sakit Bunda Purwodadi Tahun 2015.
Mustofiroh, S., & Kurniadi, A. (2011). Analisa Kepuasan Pasien terhadap Mutu Pelayanan di Bagian TPPRJ RSUD Kayen-Pati.
Ningtyas, R., Widowati, N., & Maesaroh. (2014). Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap Kualitas Pelayanan di Puskesmas Bandarharjo di Kecamatan Semarang Utara. Journal of Public Policy and Management, 281-290.
Pebrianti, T., & Porwani, S. (2017). Persepsi Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Petugas di Bagian Pendaftaran pada Puskesmas Sematang Borang Palembang. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(2), 18-25.
Rizki, F., Arifin, M., & Sudjiono. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Rumah Sakit Kusta Kediri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1, 228.
Sareong, K. M., Darmawansyah, & Amir, M. Y. (2013). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara.
Savitri, D. N., Hidayat, W., & Dewi, R. S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Tarif terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Lestari Raharja Kota Magelang (Studi Kasus pada Pasien Rawat Inap Non Asuransi).
Shofiana, N. B., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2019). Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 106-107.
Taufiq. (2017). Tingkatan Kepuasan Pasien Rawat Jalan terhadap Pelayanan Kefarmasian di Apotik Puskesmas Bajeng Kabupaten Gowa. Jurnal Kesehatn, 1(2).
Ujianti, Majid, H. R., & Rasma. (2017). Analisis Kepuasan Pasien pada Layanan Rawat Jalan berdasarkan Metode Importance Performance Analysis (IPA) di Puskesmas Benu-Benua Tahun 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 2(6).
Copyright of the article is transferred to the journal, by the knowledge of the author, whilst the moral right of the publication belongs to the author. In order to be accepted and published by JPH RECODE, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to these following terms:
The copyright of accepted articles shall be assigned to JPH RECODE as the publisher of the journal. The intended copyright includes the rights to publish articles in various forms (including reprints). JPH RECODE maintain the publishing rights to the published articles.
Authors are permitted to disseminate published article by sharing the link/DOI of the article at JPH RECODE. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission form JPH RECODE with an acknowledgement of initial publication to this journal.
The Copyright Transfer Agreement Form can be downloaded ON THIS FORM.