Pengawasan dan Tata Laksana Pemeriksaan Kesehatan Ternak Sapi Di Pasar Hewan Babat Dan Tikung Kabupaten Lamongan

Moh. Abdur Rosid Al Aziz

= http://dx.doi.org/10.20473/mkh.v31i2.2020.97-105
Abstract views = 1452 times | downloads = 514 times

Abstract


Pengawasan dan pemeriksaan kesehatan ternak sangat penting dilakukan di pasar hewan, sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit dan kerugian pada peternak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan dan tata laksana pemeriksaan kesehatan ternak sapi di pasar hewan. Pasar hewan Babat dan Tikung merupakan unit pelaksana teknis yang dikelola oleh Perusahaan Umum Daerah Kabupaten Lamongan yang memiliki sarana penunjang antara lain timbangan ternak, pusat kesehatan hewan, administrasi, dan sistem transportasi. Pengambilan data dilakukan secara observatif dengan melakukan pengamatan di kedua lokasi pasar pada bulan Februari – Maret 2020. Ternak sapi yang dipasarkan pada hari operasional pasar berjumlah 200 sampai 500 ekor. Berdasarkan data formulir lalu lintas ternak yang didapat melalui kontrol keliling yang dilakukan oleh dokter hewan menunjukkan bahwa sapi yang dipasarkan dalam keadaan sehat. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa pengawasan dan pemeriksaan kesehatan ternak di pasar hewan Babat dan Tikung belum dilakukan secara optimal karena hanya dilakukan melalui kontrol keliling tanpa menggunakan alat-alat pendukung seperti stetoskop dan termometer. 


Keywords


Kesehatan ternak, pasar hewan, sapi potong

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., 2011. Tingkat Produksi Susu Dan Kesehatan Sapi Perah Dengan Pemberian Aloe Barbadensis Miller. Gamma 7, 50–60.

Lina Marliani, M.S., 2019. Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang. J. Chem. Inf.

Model. 53, 1689–1699.

Nasrudin, Maryadi, 2018. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dalam Pembelajaran di SD. J. Manag. Pendidik. 13, 15–23.

Susanti, Y., Priyarsono, D.S., Mulatsih, S., 2017. Pengembangan Peternakan Sapi Potong untuk Peningkatan Perekonomian Provinsi Jawa Tengah: Suatu Pendekatan Perencanaan

Wilayah. J. Agribisnis Indones. 2, 177.

Waris, Badriyah, N., A., D.W., 2015. Pengaruh tingkat pendidikan, usia dan lama beternak terhadap pengetahuan manajeman reproduksi ternak sapi potong di Desa Kedungpring Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik. J. Ternak 06, 30–33.

Winarso, B., 2010. Peran Sarana Angkutan Darat Dalam Upaya Peningkatan Efisiensi Distribusi Ternak Dan Hasil Ternak Sapi Potong Di Indonesia Means of Land Transport role In Improving Efficiency Distribution of Livestock and Cattle Product In Indonesia Bambang Winarso 15, 125–137.

Zakiah, Z., Saleh, A., Matindas, K., 2017. Gaya Kepemimpinan dan Perilaku Komunikasi GPPT dengan Kapasitas Kelembagaan Sekolah Peternakan Rakyat di Kabupaten Muara Enim. J. Penyul. 13, 133.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Media Kedokteran Hewan Indexed by:

                  

Editorial Office

Media Kedokteran Hewan
Faculty of Veterinary Medicine, Universitas Airlangga
Kampus C Universitas Airlangga, Mulyorejo, Surabaya 60115, East Java 
Email: medvetj@journal.unair.ac.id

StatCounter - Free Web Tracker and Counter
View My Stats

Creative Commons License
Media Kedokteran Hewan by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.