Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung
Downloads
Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi masa kini dijadikan tantangan bagi perpustakaan. Perpustakaan harus dapat mengimbanginya agar terus dimanfaatkan oleh penggunanya. Sebagai penyedia informasi, perpustakaan harus terus dikembangkan dan di promosikan agar masyarakat dapat mengetahui layanan yang ada dan dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara efektif dan efisien. Promosi perpustakaan merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan perpustakaan. Dengan adanya promosi perpustakaan dapat meningkatkan minat kunjung masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Banyak upayayang dilakukan oleh perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan, salah satunya promosi melalui media sosial instagram.Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung merupakan perpustakaan umum Kabupaten Bandung yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosinya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis promosi yang dilakukan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung dalam media sosial instagram menggunakan elemen AIDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang mana informan merupakan followers akun instagram Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung @disarpus_kab.bandung yang diambil secara random sampling. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwasannya dalam upaya promosi yang dilakukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung kurang memenuhi elemen AIDA.
Amara Derlika, Y. W., & Saepudin, E. (2019). Kegiatan promosi perpustakaan melalui instagram kaitannya dengan perubahan sikap followers. Jurnal Pustaka Budaya, 6(2), 12-21.
Budiman, E. A., & Ronaning, E. (2019). Pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi PERPUSDA Kabupaten Belitung Timur. Jurnal Ranah Komunikasi, 3(1), 34-44.
Iryanti, Y. S., & Rahman, M. A. (2019). Promosi perpustakaan melalui media sosial twitter di perpustakaan Hukum Daniel S. Lev. EDULIB, 9(2), 128-143.
Karminah, W. (2016). Bauran promosi jasa perpustakaan (Studi evaluasi model CIPP pada bauran promosi di UPT perpustakaan ISI Surakarta tahun 2010-2014. Jurnal Khizanah Al-Hikmah, 4(1), 91-103.
Nasrullah, R. (2017). Media sosial: Perspektif, budaya dan sosio teknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Pratiwi, K. F. (2018). Analisis elemen AIDCA di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY (Studi deskriptif analisis elemen AIDCA pada instagram, twitter dan facebook sebagai promosi di Balai Layanan Perpustakaan BPAD DIY). 1-13.
Prastowo, A. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ahmadi, R. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Copyright (c) 2021 Diva Theodora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).