Analisis Elemen AIDA Pada Media Sosial Instagram Sebagai Media Promosi Perpustakaan di Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung

Elemen AIDA Media Sosial Instagram Promosi Perpustakaan Perpustakaan Umum

Authors

  • Diva Theodora
    divatheodora11@gmail.com
    Departemen Perpustakaan dan Informasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, UniversitasIslamNusantara, Bandung-Indonesia
June 18, 2021

Downloads

Perkembangan Teknologi Informasi dan komunikasi masa kini dijadikan tantangan bagi perpustakaan. Perpustakaan harus dapat mengimbanginya agar terus dimanfaatkan oleh penggunanya. Sebagai penyedia informasi, perpustakaan harus terus dikembangkan dan di promosikan agar masyarakat dapat mengetahui layanan yang ada dan dapat memanfaatkan fasilitas perpustakaan secara efektif dan efisien. Promosi perpustakaan merupakan salah satu hal penting dalam pengembangan perpustakaan. Dengan adanya promosi perpustakaan dapat meningkatkan minat kunjung masyarakat untuk datang ke perpustakaan. Banyak upayayang dilakukan oleh  perpustakaan untuk mempromosikan perpustakaan, salah satunya promosi melalui media sosial instagram.Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung merupakan perpustakaan umum Kabupaten Bandung yang memanfaatkan media sosial instagram sebagai media promosinya. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk menganalisis promosi yang dilakukan oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung dalam media sosial instagram menggunakan elemen AIDA. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data melalui wawancara dan observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang mana informan merupakan followers akun instagram Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung @disarpus_kab.bandung yang diambil secara random sampling. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwasannya dalam upaya promosi yang dilakukan Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung kurang memenuhi elemen AIDA.