Inovasi Perpustakaan dalam Menyediakan Kebutuhan Informasi untuk Mahasiswa Universitas Brawijaya di Era Pandemi Covid-19
Downloads
Perpustakaan Universitas Brawijaya merupakan perpustakaan dibawah naungan Universitas Brawijaya. Dalam perjalananya sampai saat ini, terdapat beberapa layanan yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, khususnya pada saat ini virus Covid-19 yang sudah ditetapkan sebagai pandemi Covid-19, perpustakaan harus bermigrasi ke layanan onlne, namun banyak layanan perpustakaan yang tidak diketahui oleh mahasiswa UB dikarenakan minimnya program literasi perpustakaan, susahnya mengakses karya skripsi mahasiswa terdahulu. Lain daripada hal itu, diduga permasalahan tersebut juga disebabkan oleh faktor internal dari perpustakaan seperti dari sumber daya manusia, perangkat keras dan perangkat lunak atau birokrasinya. Oleh karenanya penelitian ini bermaksud mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis permasalahan yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan menguraikan, menginterpretasikan dan pada akhinya diambil satu kesimpulan. Hasil penelitian ini disebutkan bahwa layanan inovasi Perpustakaan Universitas Brawijaya belum maksimal, ditemukan banyak layanan yang tidak diketahui oleh pemustaka, seperti Audio Visual Aids (AVA), tidak bisa teraksesnya skripsi mahasiswa tingkat sebelumnya, kurangnya kesesuaian antara ketersediaan buku dengan yang ada di katalog online, dan keterbatasan konten artikel yang dilanggan (tidak fulltext). Dari hal ini peneliti merekomendasikan untuk berkolaborasi dan berkerjasama dengan pihak lain, baik dengan perguruan tinggi atau dengan perusahaan, contohnya kolaborasi dengan pihak informasi dan teknologi serta pihak eksternal terkait dengan repositori.
Aminudin, N. A. (2018). Inovasi Layanan Sistem Interaktif Pemustaka (SISKA) dalam Peningkatan Layanan Perpustakaan di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Yogyakarta. UIN Sunan Kalijaga.
Batley, S. (2007). Information Architecture for Information Professionals. Chandos Publishing.
Colaklar, H. (2014). Evaluation of Innovative Services at University Libraries. Journal of The Balkan Union of Oncology, 2(2), 12–25.
Dawson, C. (2010). Metode Penelitian Praktis: Sebuah Panduan. Pustaka Pelajar.
Ellitan, L., & Anatan, L. (2009). Manajemen Inovasi Transformasi Menuju Oragnisasi Kelas Dunia. Alfabeta.
Feather, J., & Sturges, P. (2013). International Encyclopedia of Information and Library Science (2 ed.). Routledge.
Fidelis, A. (2020). Usage of Information and Communication Technology to Support Innovative Library Services in Universities: A Case of the University of Daressalaam Wilbert Chagula Library. Journal of University of Daressalaam Library, 13(2), 3–17.
Fontana, A. (2011). Manajemen Inovasi dan Penciptaan Nilai. Cipta Inovasi Sejahtera.
Guner, R., Hasanoglu, I., & Aktas, F. (2020). Covid-19: Preventions and Control Measures in Community. Turkish Journal of Medical Science, 50(1), 571–577.
Herlina. (2010). Minat Belajar. Bumi Aksara.
Himayah. (2013). Layanan dan Pelayanan Perpustakaan: Menjawab Tantangan Era Teknologi Informasi. Khasanah Al-Hikmah, 1(1), 1–6.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Publik, (2008).
Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Sanitasi Total Berbasis Masyarakat, 11 (2014).
Makmur, & Thahir, R. (2012). Inovasi dan Kreativitas Manusia dalam Administrasi dan Manajemen. Refika Aditama.
Malik, R. R., Sukaesih, Rukmana, E. N., & CMS, S. (2020). Inovasi Pelayanan Perpusatakaan di Taman Baca Masyarakat Lingkaran Cahaya Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(1), 48–62.
Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3 ed.). SAGE Publications.
Muluk, M. R. K. (2008). Knowledge Management: Kunci Sukses Inovasi Pemerintahan Daerah. Bayu Media Publishing.
Noor, I. (2013). Desain Inovasi Pemerintah Daerah. UB Press.
Nurmayuni, S. (2020). Layanan Online Perpustakaan Perguruan Tinggi Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19: Studi Perpustakaan UIN Sunan Ampel Sejak 2018-2020. Indonesian Journal of Academic Librarienship, 4(1), 23–40.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, (2007).
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. (2004). Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.
Poerwadarminto. (2002). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Departemen Pendidikan Nasional (3 ed.). Balai Pustaka.
Priyadi, D. H., Sukaesih, Rukmana, E. N., & CMS, S. (2020). Pandemi Covid-19 dan Inovasi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Perpustakaan dan Ilmu Informasi, 2(1), 74–87.
Robert, A. (2016). Belajar untuk Inovasi (Terjemah). Oecd (Organisation for Economic Cooperation and Development).
Rosian, N. R., & Maha, R. N. (2020). Layanan Perpustakaan di Era Pandemi sebagai Implementasi Industri 4.0: Studi Kasus PDDI LIPI. JIPI (Jurnal Perpustakaan dan Informasi), 5(2), 118–131.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2 ed.). Alfabeta.
Sukardarumidi. (2006). Metodelogi Penelitian Petunjuk Praktis untuk Peneliti Pemula. Gajahmada University Press.
Sulistyo-Basuki. (2014). Pengantar Ilmu Perpustakaan. Universitas Terbuka.
Sutopo, A. H. (2012). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Graha Ilmu.
Suwarno, Y. (2008). Inovasi di Sektor Publik. STIALAN Press.
Thenint, H. (2010). Mini Study 10 Innovation in the Public Sector. Inno Gripe.
Trimahardika, R., & Sutinah, E. (2017). Penggunaan Metode Rapid Application Development dalam Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal Informatika, 4(2), 249–260.
Yanti, N. P. E. D., Nugraha, I. M. A. D. P., & Wisnawa, G. A. (2020). Gambaran Pengetahuan Masyarakat tentang Covid-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(3), 485–490.
Yusuf, P. M. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi, dan Kepustakaan. Bumi Aksara.
Yusuf, P. M., & Subekti, P. (2010). Teori dan Praktik Penelusuran Informasi. Kencana.
Copyright (c) 2023 Rohman Syaifudin, Novita Cristyne
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).