Pengembangan Koleksi Audiobook pada Perpustakaan Digital sebagai Pintu Gerbang Informasi bagi Pemustaka Tunanetra
Downloads
Latar belakang: Perpustakaan memilki peran penting dalam memenuhi kebutuhan informasi penggunanya tanpa terkecuali termasuk masyarakat berkebutuhan khusus. Penelitian ini berfokus pada kebutuhan informasi kelompok disabilitas tunanetra. Kelompok tunaetra adalah individu yang memiliki keterbatasan dalam hal penglihatan sehingga tidak dapat menerima informasi dalam bentuk visual. Oleh karena itu, diperlukan media lain agar mereka mampu menerima informasi, salah satunya melalui buku audio atau audiobook. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan koleksi audiobook pada perpustakaan, manfaat audiobook, serta hambatan dan tantangan yang dihadapi oleh perpustakaan dalam mengembangkan buku audio. Metode: Metode dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka. Hasil: Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah pengembangan audiobook dapat dilakukan melalui dua cara, yaitu dengan menyalakan alat perekam kemudian narator membaca isi buku atau dengan bantuan teknologi text to speech. Kesimpulan: Manfaat dari hadirnya media audiobook yaitu dapat menjembatani kebutuhan informasi kelompok tunanetra, meningkatkan minat baca masyarakat umum, meningkatkan keterampilan pengguna tunanetra dalam menggunakan teknologi informasi, serta membantu melestarikan koleksi bersejarah melalui proses alih media. Namun di sisi lain, terdapat beberapa hambatan dan tantangan dalam mengembangkan koleksi perpustakaan berbasis audiobook, diantaranya: masih minimnya kelompok tunanetra yang melek teknologi, sulitnya memperoleh akses untuk alih media, kurang efektinya penggunaan suara audiobook yang dikeluarkan oleh mesin, dan dikhawatirkan adanya audiobook ini membuat masyarakat malas membaca koleksi cetak atau braillenya sehingga bisa berdampak pada kebutaan huruf.
Background: Libraries have an important role in meeting the information needs of their users without exception, including the information needs of people with special needs. This research focuses on the information needs of the blind disability group. The blind group is individuals who have limited vision so they cannot receive information in visual form. Therefore, other media are needed so that they are able to receive information, one of which is through audiobooks. Objective: This research aims to determine the development of audiobook collections in libraries, the benefits of audiobooks, as well as the challenges and obstacles faced by libraries in developing audiobooks. Methods: The method in this research uses the literature study method. Results: The results obtained from this research are that audiobook development can be done in two ways, namely by turning on the recording device and then the narrator reading the contents of the book or with text to speech technology. Conclusion: The benefits of the presence of audiobook media are that it can bridge the information needs of blind groups, increase the general public's interest in reading, improve the skills of blind users in using information technology, and help preserve historical collections through the media transfer process. However, on the other hand, there are several obstacles and challenges in developing audiobook-based library collections, including: the lack of technology-literate blind groups, the difficulty of gaining access to convert print collections to digital audio, the lack of effective use of audiobook sounds produced by machines, causing these audiobooks make people lazy about reading their print or braille collections, which can have an impact on illiteracy.
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., Merliyana, S. J., 2022. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan. 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Arumsari, D., Krismayani, I., 2018. Analisis Aksesibilitas Gedung Perpustakaan Universitas Brawijaya oleh Mahasiswa Difabel. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 7(3), 201–2010. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/22933
Asriana, P. A. D., Ati, S., 2012. Persepsi pemustaka terhadap koleksi digital talking book di perpustakaan digital Pertuni DPD Jateng. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 1(1), 99–108. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/791/766
Ghaissani, F. A., 2020. Pengembangan Pelayanan Bagi Penyandang Disabilitas Di Perpustakaan Sekolah. UNILIB : Jurnal Perpustakaan. 11(2), 150–155. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss2.art8
Hafid, A., Utami, I. S., 2022. Studi Desain Perpustakaan Inklusi Berbasis Ict Bagi Penyandang Disabilitas Di Sekolah. Al-Ma'arif: Ilmu Perpustakaan Dan Informasi Islam. 2(02), 224–229. https://rjfahuinib.org/index.php/almaarif/article/view/902/506
Hidayat, Y. A., Lusiana, E., 2022. Optimalisasi pelayanan pada pemustaka penyandang disabilitas tunanetra di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia. 1(5), 367–378.
Indonesia, P. N. R., 2007. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.
Ismanto, E., Wahyudhi, I., Melfinna, 2022. Hambatan dalam pembangunan inklusif penyandang disabilitas. Bekasi Development Innovation Journal. 1(1), 75-89. http://bdijournal.bekasikab.go.id/index.php/bdi/article/view/11
Istiarni, A., 2018. Implementasi Perpustakaan Digital Ramah Difabel. Visi Pustaka. 20(1), 69–78.
Maulana, R. A., Wasisto, J., 2019. Peran Sentra Advokasi Perempuan Difabel Dan Anak Terhadap Kaum Difabel Dalam Pemenuhan Aksesibilitas Informasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 8(3), 272-281.
Nikmah, 2020. Pengalaman Informasi Penyandang Disabilitas Netra Komunitas Braille'iant Indonesia pada Pemanfaatan Audiobook sebagai Sumber Informasi. Skripsi. Universitas Diponegoro. https://eprints2.undip.ac.id/id/eprint/9860
Pustaka Mitra Netra. OPAC Perpustakaan Digital Yayasan Mitra Netra. https://pustaka.mitranetra.or.id/
____________________. Pustaka Digital. https://pustaka.mitranetra.or.id/pustaka/
Purnamayanti, A., Putri, A. T. U., 2020. Strategi Peningkatan Minat Baca Kelompok Tunanetra melalui Media Audiobook (Studi pada SLB-A Bina Insani Bandar Lampung). Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi. 4(1), 109–117. https://doi.org/10.14710/anuva.4.1.109-117
Putri, F. A. A., 2022. Strategi Meningkatkan Minat Baca Melalui Pemanfaatan Audiobook Sebagai Pintu Gerbang Informasi Bagi Pemustaka Tunanetra.
Rahmah, D., 2021. Penerapan Media Audiobook Bagi Anak Tunanetra Dalam Pembelajaran PAI. Skripsi. Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/57114
Sari, K. E., 2020. Aksesibilitas Masa Pandemi Covid-19 Bagi Difabel Netra Di Perpustakaan Mardi Wuto Yogyakarta. Jurnal Adabiya. 22(2), 15-31. https://doi.org/10.22373/adabiya.v22i2.8137
Sari, Y. R., Masruri, A., 2020. Tahapan Pengembangan Koleksi Disabilitas Di Perpustakaan Perguruan Tinggi (Studi Kasus Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta). Jurnal Pustaka Ilmiah. 6(2), 1045-1055. https://doi.org/10.20961/jpi.v6i2.44674
Supriyadi, 2017. Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan. 2(2), 83-93. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
Untari, D., Hariyah, N. R. W., 2018. Pengembangan Perpustakaan Digital Bagi Tuna Netra Melalui. Visi Pustaka. 20(3), 219–227. https://ejournal.perpusnas.go.id/vp/article/view/61/58
Widiarti, F. H., 2018. Penggunaan Media Al-Qur'an Braille Book Dan Braille Digital Bagi Tunanetra Di Surakarta. Profetika: Jurnal Studi Islam. 19(2), 118–122. https://doi.org/10.23917/profetika.v19i2.8118
Widiyawati, A. T., 2019. Kajian Literasi Media Digital Library Universitas Brawijaya (Studi Kasus pada Mahasiswa Tuna Netra Universitas Brawijaya). Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi. 3(1), 1-25. https://doi.org/10.29240/tik.v3i1.617
Widya Wicara, 2023. Homepage. https://widyawicara.com/
____________, 2022. 12 Manfaat Audiobook, Cara Praktis Menyimak Buku. https://widyawicara.com/12-manfaat-audiobook-cara-praktis-menyimak-buku/
____________. Text-To-Speech Widya Wicara. https://tts.widyawicara.com/
Yayasan Mitra Netra, 2018. Profil, Latar Beakang Mitra Netra. https://mitranetra.or.id/
Copyright (c) 2024 Salsa Bela
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).