Persepsi Siswa tentang Desain Interior Baru Perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan Kabupaten Cirebon
Downloads
Latar belakang: Sebagian perpustakaan sekolah masih dihadapkan dengan persoalan tentang sedikitnya jumlah kunjungan siswa. Salah satu faktor pengaruhnya adalah kondisi fisik ruangan perpustakaan yang kurang menarik dan tidak nyaman. Perpustakaan tidak cukup hanya dengan memberikan pelayanan yang baik atau koleksi yang begitu lengkap, tetapi juga harus memperhatikan ruangan perpustakaan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa tentang desain interior baru Perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan yang ditinjau dari elemen tata ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara, dan tata suara. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Jumlah sampel yang ditetapkan adalah sebanyak 93 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi siswa tentang desain interior baru Perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan yang dilihat dari elemen desain interior berupa tata ruang, warna, pencahayaan, sirkulasi udara, dan tata suara memperoleh rata-rata skor 3,08 yang masuk pada kategori puas. Warna menjadi indikator dengan perolehan skor tertinggi yaitu sebesar 3,24, sedangkan tata suara menjadi indikator dengan perolehan skor terendah yaitu sebesar 2,93. Kesimpulan: Dari hasil tersebut menandakan bahwa secara garis besar siswa mempersepsikan baik desain interior baru Perpustakaan Griya Pustaka SMAN 1 Babakan.
Background: Some school libraries are still faced with the problem of few student visits. One of the influencing factors is the physical condition of the library room which is less attractive and uncomfortable. It is not enough for the library to provide good service or a complete collection, but also to pay attention to the library space. Purpose: This study aims to determine how students perceive the new interior design of Griya Pustaka SMAN 1 Babakan Library in terms of spatial elements, color, lighting, air circulation, and sound. Methods: This research uses quantitative method with descriptive type. Data collection techniques in this study used questionnaires, interviews, observations, and literature studies. The number of samples determined was 93 respondents. The data analysis technique in this study used descriptive statistical analysis. Results: The results showed that students' perceptions of the new interior design of the Griya Pustaka SMAN 1 Babakan Library as seen from the interior design elements in the form of spatial layout, color, lighting, air circulation, and sound obtained an average score of 3.08 which was in the satisfied category. Color is the indicator with the highest score of 3.24, while sound system is the indicator with the lowest score of 2.93. Conclusion: The results indicate that students generally perceive the new interior design of the Griya Pustaka SMAN 1 Babakan Library to be good.
Abouelela, A., 2022. Towards a better interior design for the academic library at college of education—King Faisal University. Designs. 6(3), 47. https://doi.org/10.3390/designs6030047
Adianto, A., 2011. Pengaruh desain interior perpustakaan terhadap tingkat frekuensi mengunjungi perpustakaan [Undergraduate Thesis]. Universitas Airlangga, Surabaya. https://repository.unair.ac.id/16790/
Arikunto, S., 2010. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. PT Rineka Cipta, Jakarta.
Ariyanti, N., 2015. Peran desain interior terhadap kepuasan pemustaka (Studi pada perpustakaan SMK Negeri 4 Malang). Jurnal Administrasi Publik (JAP). 3(11), 1868–1873. http://administrasipublik.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jap/article/view/1002
Brown, C. R., 2002. Interior design for libraries: Drawing on function and appeal. American Library Association, Chicago.
Ching, F. D. K., & Binggeli, C., 2018. Interior design illustrated. John Wiley & Sons, New Jersey.
Clugston, V., 2013. The interior designer’s view in better library and learning space: Projects, trends and ideas. Facet Publishing, London.
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf
Fatmawati, E., 2021. Layanan perpustakaan sekolah: Panduan bagi pemula. Deepublish, Yogyakarta.
Hariandja, M. T. E., 2006. Perilaku organisasi memahami dan mengelola perilaku dalam organisasi. Unpar Press, Bandung. https://repository.unpar.ac.id/bitstream/handle/123456789/1609/Marihot_131406-p.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Herlina. (2017). Ilmu perpustakaan dan informasi. IAIN Raden Fatah Press, Palembang.
Khoeron, S., 2023. Kualitas desain Interior direktorat perpustakaan Universitas Islam Indonesia (UII) ditinjau dari persepsi pemustaka. Buletin Perpustakaan. 6(2), 189–219. https://journal.uii.ac.id/Buletin-Perpustakaan/article/view/31444
Larasati, I. D., & Juvitasari, P. B., 2022. Desain interior dan minat kunjung masyarakat di perpustakaan daerah kabupaten trenggalek. Shaut Al-Maktabah: Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi. 14(1), 1–15. https://doi.org/10.37108/shaut.v14i1.468
Mahmudah, I., 2022. Persepsi pemustaka terhadap desain interior dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten tanah laut [Undergraduate Thesis]. UIN Antasari Banjarmasin, Banjarmasin. https://idr.uin-antasari.ac.id/18729/
McCabe, G. B., 2003. Planning the modern public library building. Libraries Unlimited, Westport.
Noviani, R., Rusmana, A., & Rodiah, S., 2014. Peranan desain interior perpustakaan dalam menumbuhkan minat pada ruang perpustakaan. Jurnal Kajian Informasi Dan Perpustakaan. 2(1), 37. https://doi.org/10.24198/jkip.v2i1.11626
Permatasari, R. C., & Nugroho, Y., 2019. Kajian desain interior ruang tunggu cip lounge bandara di indonesia. Aksen: Journal of Design and Creative Industry. 4(1), 18–37. https://doi.org/10.37715/aksen.v4i1.1032
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2015. Pedoman penyelenggaraan perpustakaan sekolah. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta Pusat. https://press.perpusnas.go.id/files/pdf/123.pdf
Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 2024. Peraturan Perpustakaan Nasional Nomor 4 Tahun 2024 tentang Standar Nasional Perpustakaan Sekolah/Madrasah. https://peraturan.bpk.go.id/Details/297048/peraturan-perpusnas-no-4-tahun-2024
Rucitra, A. A., 2020. Merumuskan konsep desain interior. Jurnal Desain Interior. 5(1), 31-44.
Sehgal, S., 2012. Relationship between work environment and productivity. International Journal of Engineering Research and Applications (IJERA). 2(4), 1992–1995. http://www.ijera.com/papers/Vol2_issue4/LY2419921995.pdf
Siregar, S., 2016. Statistika deskriptif untuk penelitian: Dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS versi 17. PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Sistarina, A., & Kartikasari, S., 2018. Redesain tata ruang dan kenyamanan pustakawan dan pemustaka di perpustakaan Universitas Airlangga. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga. 8(2), 80–87. https://doi.org/10.20473/jpua.v8i2.2018.79-86
Sugiyono, 2022. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Tangoro, D., 2009. Utilitas bangunan dasar. Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.
Walgito, B., 2010. Pengantar psikologi umum. Andi Offset, Yogyakarta.
Wati, E., 2008. Pengaruh desain interior terhadap kepuasan pengguna pada perpustakaan universitas kristen petra surabaya [Undergraduate Thesis]. Universitas Airlangga, Surabaya. https://repository.unair.ac.id/17454/
Zamroni, W., & Husna, J., 2017. Persepsi pemustaka terhadap desain interior baru gedung perpustakaan khairul rasyid akademi kepolisian semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan. 6(1), 361–370. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23094
Copyright (c) 2024 Rian Gunawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License for the published articles, legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).