Model Pencarian Informasi Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Padjadjaran: Sebuah Kajian Teori ASK (Anomolous State of Knowledge)

Teori ASK anomolous state of knowledge pencarian informasi statis pencarian informasi dinamis perilaku pencarian informasi

Authors

December 20, 2024

Downloads

Latar belakang: Perkembangan teknologi informasi yang pesat telah mengubah cara orang mencari, mengakses, dan menggunakan informasi. Salah satu teori yang relevan untuk mengkaji perilaku pencarian informasi mahasiswa adalah Teori ASK (Anomalous State of Knowledge) yang diperkenalkan oleh J. Belkin pada 1985. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui Mahasiswa Teknik Geologi yang dijadikan subjek penelitian memiliki pengetahuan yang statis atau dinamis dengan melihat dari pencarian informasinya yang juga statis atau dinamis. Pencarian informasi statis diibaratkan diam, hanya seputar di topik itu saja dan terus berputar di satu topik. Pencarian informasi dinamis ditunjukan dengan berkembangnya topik atau informasi yang sedang dicari. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang mana mengumpulkan data responden sebanyak 161 responden menggunakan instrumen kuesioner dengan individu sebagai unit sampel penelitiannya. Pendekatan kuantitatif merupakan mengumpulkan data responden menggunakan instrumen kuesioner dengan individu sebagai unit penelitiannya. Kuesioner dibuat online dalam bentuk google form dan didistribusikan langsung melalui WhatsApp kepada setiap responden. Hasil: Berdasarkan hasil dari penelitian yang dilakukan terhadap Mahasiswa Teknik Geologi mengenai perilaku pencarian informasi statis atau dinamis yang merupakan kajian teori ASK (Anomalous State of Knowledge), pengujian hipotesis yang dilakukan dengan pengujian korelasi Pearson Product Moment menggunakan software SPSS menunjukan bahwa Mahasiswa Teknik Geologi lebih dominan terhadap pencarian informasi dinamis. Kesimpulan: Pengetahuan dinamis akan berdampak pada pola pikir kritis dalam pencarian informasi dan mampu mengeksplor dan mengintegrasikan informasi yang relevan dari berbagai sumber untuk mendukung kebutuhan informasinya.

 

Background: The rapid development of information technology has changed the way people search, access and use information. One of the relevant theories to examine students' information seeking behavior is the ASK (Anomalous State of Knowledge) theory introduced by J. Belkin in 1985. Purpose: This study aims to determine whether Geological Engineering Students who are used as research subjects have static or dynamic knowledge by looking at their information searches which are also static or dynamic. The questionnaire was made online in the form of a Google form and distributed directly via WhatsApp to each respondent. Static information search is likened to silence, only about that topic and continues to revolve around one topic. Dynamic information search is indicated by the development of the topic or information being sought. Methods: This research uses a quantitative approach with a survey method which collects respondent data as many as 161 respondents using a questionnaire instrument with individuals as the research sample unit. The quantitative approach is to collect respondent data using a questionnaire instrument with individuals as the research unit.. Results: Based on the results of research conducted on geology students regarding static or dynamic information-seeking behavior which is a study of ASK (Anomalous State of Knowledge) theory, hypothesis testing conducted with Pearson Product Moment correlation testing using SPSS software shows that Geology Students are more dominant in dynamic information seeking. Conclusion: Dynamic knowledge will have an impact on a critical mindset in searching for information and being able to explore and integrate relevant information from various sources to support their information needs.