Pink Globalization: Hello Kitty sebagai Instrumen Soft-Diplomacy Jepang

Pink globalization Hello Kitty soft-diplomacy Cool Japan

Authors

Vol. 11 No. 1 (2017): Global Strategis
Jurnal Global & Strategis 11.1 2017
September 28, 2017

Downloads

Pink globalization merujuk pada istilah untuk menggambarkan popularitas internasional Hello Kitty melalui penyebaran berbagai jenis produk berlabel Hello Kitty yang kawaii dari Jepang sebagai bagian dari dunia industri. Popularitas Hello Kitty tersebut merupakan soft-power yang memberikan kekuatan nasional tersendiri Jepang. Jepang kemudian menjadikan Hello Kitty sebagai instrumen soft-diplomacy sebagai upaya meningkatkan citra pariwisata dan menarik wisatawan untuk berkunjung ke Jepang. Tulisan ini mengkaji mengenai bagaimana Jepang menggunakan Hello Kitty sebagai instrumen soft-diplomacy dan bagaimana produk budaya pop Jepang berupa manga dan anime dapat menjadi kekuatan nasional. Tulisan ini berpendapat bahwa penggunaan Hello Kitty secara khusus, dan berbagai produk budaya pop berupa manga dan anime secara umum, mampu meningkatkan citra pariwisata Jepang dan membangun citra positif tentang Jepang serta memberikan keuntungan ekonomi bagi Jepang yang ditandai dengan lahirnya istilah Cool Japan dan Gross National Cool.