Strategi Digital Content Marketing pada Akun Media Sosial Instagram Mojok.co Dalam Mempertahankan Brand Engagement

Dhealda Ainun Saraswati, Chatia Hastasari

= http://dx.doi.org/10.20473/bk.v9i2.22980
Abstract views = 1424 times | downloads = 2743 times

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui strategi pengelolaan digital content marketing pada akun media sosial Instagram Mojok.co dalam mempertahankan brand engagement. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah tim media sosial Mojok.co dan pengikut Instagram Mojok.co yang dipilih secara purposive. Hasil penelitian ini menjunjukan bahwa strategi digital content marketing pada akun media sosial Instagram Mojok.co terbagi dalam beberapa tahapan yaitu 1) Menetapkan Tujuan dengan membangun brand awareness Mojok.co, 2) Pemetaan Target Pasar yaitu anak muda usia 18-24 tahun atau di masa aktualisasi diri, 3) Penggagasan dan Perencanaan Konten dilakukan dengan dua format konten utama yaitu konten turunan dan konten orisinil, 4) Penciptaan Konten dilakukan oleh tim media sosial Mojok.co dalam satu minggu sekali, secara spontan dan sistem tabungan, 5) Distribusi Konten dilakukan menggunakan owned media, 6) Penguatan Konten dilakukan dengan meningkatkan kualitas, evaluasi dan inovasi pada konten, memperluas jangkauan kontributor dan menjadi pemancing isu baru, 7) Evaluasi Pemasaran Konten dilakukan dengan kurasi konten yang bersifat relateable dan shareable, 8) Perbaikan Pemasaran Konten dilakukan dengan kurasi dan inovasi konten serta mengikuti tren di media sosial.

Keywords


Content Marketing; Instagram; Mojok.co; Brand Engagement

Full Text:

PDF

References


Buckingham I (2008) Brand engagement. London: Palgrave Macmillan.

Cangara H (2014) Perencanaan dan strategi komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Chakti GA (2019) The book of digital marketing. Makassar: Celebes Media Perkasa.

Djamal (2017) Paradigma penelitian kualitatif. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Kapoor A (2011) Branding and sustainable competitive advantage: building virtual presence: building virtual presence. Pennsylvania: IGI Global.

Kotler P, Kartajaya H & Setiawan I (2017) Marketing 4.0: moving from traditional to digital. Amerika Serikat: John Wiley & Sons.

Pandrianto N & Sukendro GG (2018) Analisis strategi pesan content marketing untuk mempertahankan brand engagement. Jurnal Komunikasi, 10: 167-176.

Prasetyo BD, Febriani NS, Asmara WW, Tamitianini DD, Destrity NA, Avina DAA, Illahi AK (2018) Komunikasi pemasaran terpadu: pendekatan tradisional hingga era media baru. Malang: UB Press.

Sanawir B & Iqbal M (2018) Kewirausahaan. Malang: UB Press.

Setiawan I & Savitry Y (2016) New content marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tim Website (2019) Data Profil Mojok.co [Diakses pada tanggal 13 Desember 2019] https://mojok.co/tentang/.

Tim Website (2020) Data Brand Engagement Situs Web Mojok.co [Diakses pada tanggal 23 Januari 2020] https://gardamaya.com/our-works/situsweb-mojok/.

Tim Website (2020) Data Penelitian Efektivitas Content Marketing di Sektor B2B Organisasi [Diakses pada tanggal 13 Desember 2019] https://academy.getcraft.com/id/blog/efektivitas-content-marketing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
BIOKULTUR by UNAIR is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

 

View My Stats