Episteme PTM (Pertemuan Tatap Muka) SMA Kristen di Masa Covid-19
Downloads
Penelitian ini mengkaji tentang episteme-episteme yang muncul dari siswa, orang tua dan guru terhadap Pertemuan Tatap Muka (PTM) yang mulai dilaksanakan kembali setelah dua tahun masa Covid-19 di SMA Kristen. Penelitian ini memiliki tujuan pemetaan episteme tentang PTM yang ada di lingkungan SMA Kristen. Foucault menjabarkan episteme sebagai bentuk pengetahuan yang otoritatif atau pengetahuan yang telah dimantapkan sebagai pemaknaan terhadap situasi tertentu pada suatu zaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dianalisis melalui teori kekuasaan Foucault terkait dengan pengetahuan dan kekuasaan. Data diambil dengan melakukan indepth interview kepada tiga guru, dua siswa kelas 11, dua siswa kelas 10 dan empat siswa kelas 12 sebagai angkatan siswa yang menjalankan masa pembelajaran onsite sebelum pandemi dan masa online ketika pandemi berlangsung hingga saat ini kembali pada pembelajaran onsite. Dua pertimbangan mengenai pelaksanaan PTM yaitu pertimbangan wilayah aman dan wilayah tidak aman serta batasan waktu menjadi acuan dalam menentukan keputusan kapan waktu PTM dapat dilaksanakan dengan baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa...
Kata kunci: Pertemuan Tatap Muka; covid-19; SMA; Foucault; Kekuasaan
Copyright (c) 2022 Biokultur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of the author, while the moral right of the publication belongs to the author.
2. The formal legal aspect of journal publication accessibility refers to a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (CC BY-NC-SA).
3. All publications (printed/electronic) is open access for educational purposes, research, and library. Other than the aims mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violation.