Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19

Galuh Putri, Atika Dian Ariana

= http://dx.doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24573

Sari views = 5466 times | downloads = 2264 times

Sari


Pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 memiliki beberapa kelebihan dan kendala. Kendala-kendala ini kemudian menjadi stressor yang menyebabkan stres akademik bagi mahasiswa sehingga diperlukan keyakinan-keyakinan (self-efficacy) dalam diri setiap individu agar mampu menghadapi dan menyelesaikan segala tuntutan-tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada 252 mahasiswa di Indonesia dengan usia 18-21 tahun yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-Life Stress Inventory dan General Self-efficacy (GSE).  Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa (R=0,169; p=0,000). Hal ini menandakan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik mahasiswa di Indonesia.

 


Kata Kunci


self-efficacy, stres akademik, mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aula, N. A. (2017). Hubungan Antara Academic Stress Dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.

Aula, A. N., & Leonardi, T. (2017). Hubungan Antara Academic Stress dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 67-76.

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bandura, A. (1997). Self efficacy: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.

Black, A. S. (2010). “Halfway between somewhere and nothing”: A exploration of the quarter-life crisis and life satisfaction among graduate students. University of Arkansas.

Dini, M. P., Fitriyasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). The Relationship Between Self-Efficacy and Academic Workloads With Stress Of Nursing Internship: Literature Review. Psychiatry Nursing Journal, 2 (2).

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2).

Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: Identification Of and Reactions To Stressors. Psychological Report, 74, 395-402.

Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Indsustrial Enginering & Management Research (JIEMAR), 1(2).

Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana , P. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3), 299-306.

Hastini , L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika, 10 (1).

Jung, I., Kim, J. h., Ma, Y., & Seo, C. (2015). Mediating Effect of Academic Self-Efficacy on the Relationship between Academic Stress and Academic Burnout in Chinese Adolescents. International Journal of Human Ecology, 16(2), 63-77.

Kariv, D., & Heiman, T. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Students Journa, 39 (1), 72-89.

Livana, P., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). "Tugas Pembelajaran" Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3 (2), 203-208.

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93 (3), 134-140.

Neuman. (2007). Basic of social research: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Pearson Education Inc.

Novrianto, R., Marettih, A. K., & Wahyudi, H. (2019, Mei 17). Validitas Konstruk Instrumen General Self

Efficacy Scale Versi Indonesia. http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.6943

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4 (2).

Sagita, D. D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan Self-efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 1 (2), 37-72.

Santrock, J. W. (2007). Remaja, jilid 2 edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Shukla, T., Dosaya, D., Nirban , V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors Extraction of Effective Teaching-Learning in Online and Conventional Classrooms. International Journal of Information and Education Technology, vol. 10, No. 6.

Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian KonselingDDan Ilmu Keagamaan, 91-95.

Sirina, N. Y. (2012). Hubungan antara Stres Akademis dan Psichological Well Being pada Mahasiswa Tahun Pertama. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.

Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3).

Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020 . TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1), 20-27.

Zajacova, A., Lyinch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, Stres, And Academic Succes In Collage. Research in Higher Education, 46(6).


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##