Pengaruh Self-Efficacy terhadap Stres Akademik Mahasiswa dalam Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19
Downloads
Pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 memiliki beberapa kelebihan dan kendala. Kendala-kendala ini kemudian menjadi stressor yang menyebabkan stres akademik bagi mahasiswa sehingga diperlukan keyakinan-keyakinan (self-efficacy) dalam diri setiap individu agar mampu menghadapi dan menyelesaikan segala tuntutan-tuntutan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa dalam pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan pada 252 mahasiswa di Indonesia dengan usia 18-21 tahun yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19. Alat pengumpul data berupa kuesioner adaptasi Student-Life Stress Inventory dan General Self-efficacy (GSE). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa self-efficacy berpengaruh terhadap stres akademik pada mahasiswa (R=0,169; p=0,000). Hal ini menandakan bahwa self-efficacy memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres akademik mahasiswa di Indonesia.
Aula, N. A. (2017). Hubungan Antara Academic Stress Dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa Di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Universitas Airlangga.
Aula, A. N., & Leonardi, T. (2017). Hubungan Antara Academic Stress dengan Problematic Internet Use Pada Mahasiswa di Surabaya. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Perkembangan, 6, 67-76.
Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Bandura, A. (1997). Self efficacy: the exercise of control. New York: W.H Freeman and Company.
Black, A. S. (2010). "Halfway between somewhere and nothing”: A exploration of the quarter-life crisis and life satisfaction among graduate students. University of Arkansas.
Dini, M. P., Fitriyasari, R., & Asmoro, C. P. (2020). The Relationship Between Self-Efficacy and Academic Workloads With Stress Of Nursing Internship: Literature Review. Psychiatry Nursing Journal, 2 (2).
Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2 (2).
Gadzella, B. M. (1994). Student-Life Stress Inventory: Identification Of and Reactions To Stressors. Psychological Report, 74, 395-402.
Handayani, L. (2020). Keuntungan, Kendala dan Solusi Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 : Studi Ekploratif di SMPN 3 Bae Kudus. Journal Indsustrial Enginering & Management Research (JIEMAR), 1(2).
Hasanah, U., Ludiana, Immawati, & Livana , P. (2020). Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8 (3), 299-306.
Hastini , L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika, 10 (1).
Jung, I., Kim, J. h., Ma, Y., & Seo, C. (2015). Mediating Effect of Academic Self-Efficacy on the Relationship between Academic Stress and Academic Burnout in Chinese Adolescents. International Journal of Human Ecology, 16(2), 63-77.
Kariv, D., & Heiman, T. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Students Journa, 39 (1), 72-89.
Livana, P., Mubin, M. F., & Basthomi, Y. (2020). "Tugas Pembelajaran" Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3 (2), 203-208.
Malyana, A. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar Di teluk Betung Utara Bandar Lampung. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.
Morgan, H. (2020). Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 93 (3), 134-140.
Neuman. (2007). Basic of social research: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Pearson Education Inc.
Novrianto, R., Marettih, A. K., & Wahyudi, H. (2019, Mei 17). Validitas Konstruk Instrumen General Self
Efficacy Scale Versi Indonesia. http://dx.doi.org/10.24014/ jp.v14i2.6943
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4 (2).
Sagita, D. D., Daharnis, & Syahniar. (2017). Hubungan Self-efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Bikotetik, 1 (2), 37-72.
Santrock, J. W. (2007). Remaja, jilid 2 edisi kesebelas. Jakarta: Erlangga.
Shukla, T., Dosaya, D., Nirban , V. S., & Vavilala, M. P. (2020). Factors Extraction of Effective Teaching-Learning in Online and Conventional Classrooms. International Journal of Information and Education Technology, vol. 10, No. 6.
Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2019). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium: Berkala Kajian KonselingDDan Ilmu Keagamaan, 91-95.
Sirina, N. Y. (2012). Hubungan antara Stres Akademis dan Psichological Well Being pada Mahasiswa Tahun Pertama. Skripsi. Jakarta: Universitas Indonesia.
Suwartika, I., Nurdin, A., & Ruhmadi, E. (2014). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman, 9(3).
Utami, S., Rufaidah, A., & Nisa, A. (2020). Kontribusi self-efficacy terhadap stres akademik mahasiswa selama pandemi Covid-19 periode April-Mei 2020 . TERAPUTIK Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4 (1), 20-27.
Zajacova, A., Lyinch, S. M., & Espenshade, T. J. (2005). Self-efficacy, Stres, And Academic Succes In Collage. Research in Higher Education, 46(6).
BRPKM is a periodical publication with open access to the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC-BY 4.0). Therfore, the copyright remains with the author.
With this license, anyone has the right to use the information and to re-distribute the content contained in this journal for any purpose, including commercial purposes. It can be done as long as it fulfills two conditions, namely; (1) you shall provide attribution by citing the original link source, and state if any changes have been made; and (2) you may not use any legal provisions or technological means of control that can legally restrict others from doing the things that are permitted by this license.
Journal editors will not ask the author to approve the transfer of copyright on all published manuscripts.