PENDEKATAN INSTRUKSIONAL PADA PERMAINAN ‘FAST FOR WORD READING SERIES' UNTUK PERKEMBANGAN KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA INGGRIS ANAK DWIBAHASA
Downloads
Abstrak
Aplikasi Permainan ‘Fast for Word Reading Series' menawarkan proses pengajaran membaca bahasa Inggris yang efektif hanya dalam kurun waktu kurang dari satu tahun. Aplikasi ini menggunakan pendekatan Effective Reading yang telah dipaparkan oleh National Learning Corporation. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran pendekatan instruksional Effective Reading pada sebuah game untuk meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris anak. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif untuk menjelaskan secara rinci bagaimana metode yang digunakan oleh permainan tersebut dinilai efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca anak. Objek pada penelitian ini adalah aplikasi Fast for Word Reading Series. Hasil menunjukkan bahwa lima pendekatan dari effective Reading telah diterapkan dalam permainan Fast for Word Reading Series. Kelima tahap itu, telah membagi permainan ini menjadi enam seri. Sehingga anak mampu meningkatkan keterampilan dan pemahaman membaca bahasa Inggris dengan baik. Selain itu, melalui pendekatan yang efektif dan pembelajaran yang dimulai dari dasar yaitu kesadaran fonemik hingga mampu mebaca dan memahami suatu teks yang mereka baca.
Alwi, Hasan. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia (3rd ed). Jakarta. Balai Pustaka
Ariyanti, F. (2019). Penggunaan Metode Fonik (Phonik Method) Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia Di Kelas 1 SD Negeri 187/1 Teratai. FKIP Universitas Jambi.
Batavia Net. (2012). Retrieved Januari 12, 2016, from Brain Fit Web site: www.brainfit.co.id
Dardjowidjojo, S. (2014). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Freddman, S. E. (2012). Using whole-word production measures to determine the influence of phonotactic probability and neighborhood density on bilingual speech production. International Journal of Bilingualism.
Grosjean, F., & Ping, L. (2013). The Psycholinguistics of Bilingualism. Blackwell publishing.
Nofrienti, L. (2012). Peningkatan Kemampuan Membacs anak Melalui Metode Fonik Di Taman Kanak-Kanak islam Adzkia Bukittinggi. Pesona Paud.
Pressley, M. (2001). Effective Beginning Reading Instruction. IL: National Reading conference. Chicago: IL: National Reading conference.
Primadita, M. A. (2017). Pengaruh Metode Fonik Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas 1 Di SDLB-B.
Resmi. (2007). Studi Tentang Penerapan Bilingual pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 6 Makassar. Makassar: Universitas Negeri Makassar.
Sukanto, K. E. (2015). Pendidikan Bilingual Di Indonesia: Dampaknya Bagi Pemertahanan Bahasa Indonesia. International Conference and Workshop on Bilingualism, (p. 1). Surabaya.
Wei, L. (2000). The Bilingualism reader. London: Routledge.
Widiasari, R. A., Suarni, N. K., & Antara, P. A. (2018). Pengaruh Pendekatan Fonik Terhadap Kemampuan Membaca Awal Pada Anak Kelompok B. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 158-168.
Widyana, R. (2003). Efektivitas Pelatihan Kesadaran Fonemik Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Anak-Anak Prasekolah. Anima, Indonesian Psychological Joumal, 37.
Yoganeh, M. T. (2012). Repeated Reading Effect on Reading Fluency and Reading Comprehension in Monolingualand Bilingual EFL Learners. Social and Behavoiur Sciences, 1.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.