MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LITERASI DI SMP LABSCHOOL UNTAD PALU
Downloads
Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Untad Palu. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk siswa yang tertarik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII D. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Lasbchool Untad Palu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang membantu 121 orang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah sampel 25 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket. Analisis data terdiri dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan melengkapi kesimpulan.Berdasarkan analisis data yang menarik minat siswa kelas VIII SMP Lasbchool Untad Palu pada pembelajaran bahasa Indonesia masih kurang berminat pada hal ini dapat dipelajari dari hasil angket yang dibagikan, pada angket ini menawarkan 10 pertanyaan yang dapat ditawarkan minat para siswa untuk bahasa, dari pertanyaan ini dapat diketahui Persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti halnya keterampilan guru dalam mengelola kelas harus lebih ditingkatkan, dan dibutuhkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.pada angket tersebut memiliki 10 pertanyaan yang menarik minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dari jawaban tersebut dapat diklaim persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti keterampilan guru dalam mengelola kelas harus lebih ditingkatkan, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. pada angket tersebut memiliki 10 pertanyaan yang menarik minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dari jawaban tersebut dapat diklaim persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti keterampilan guru dalam meningkatkan kelas, dan menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses belajar
Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Angkasa
Budiyarti, Yeti. 2011. Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA PGRI. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. (Online). Melalui (http//repository. Uinjkt. Ac. Id) diakses 4 Mei 2017
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: AV Publises
Evalina. 2008 . Minat Belajar Siswa kelas VIII dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Dolo. Skripsi: Tidak diterbitkan
Hamid. 2010. Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya : pustaka dua
Moleong, J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Rohani Ahmad . 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Saefuddin Anwar. 2001. Metode Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Pelajaran
Subini Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera
Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta
Trimo Laviyant. 2006. Mode-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya
Copyright (c) 2020 ETNOLINGUAL
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.