MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LITERASI DI SMP LABSCHOOL UNTAD PALU

Asrianti anti

= http://dx.doi.org/10.20473/etno.v4i1.19770

Abstract views = 2722 times | downloads = 875 times

Abstract


Penelitian ini dilakukan di SMP Labschool Untad Palu. Masalah dalam penelitian ini adalah untuk siswa yang tertarik pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII D. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VIII SMP Lasbchool Untad Palu. Jenis penelitian ini adalah kualitatif melalui metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang membantu 121 orang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah sampel 25 siswa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket. Analisis data terdiri dari mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data, dan melengkapi kesimpulan.Berdasarkan analisis data yang menarik minat siswa kelas VIII SMP Lasbchool Untad Palu pada pembelajaran bahasa Indonesia masih kurang berminat pada hal ini dapat dipelajari dari hasil angket yang dibagikan, pada angket ini menawarkan 10 pertanyaan yang dapat ditawarkan minat para siswa untuk bahasa, dari pertanyaan ini dapat diketahui Persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti halnya keterampilan guru dalam mengelola kelas harus lebih ditingkatkan, dan dibutuhkan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran.pada angket tersebut memiliki 10 pertanyaan yang menarik minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dari jawaban tersebut dapat diklaim persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti keterampilan guru dalam mengelola kelas harus lebih ditingkatkan, dan ketersediaan sarana dan prasarana yang dapat menunjang proses pembelajaran. pada angket tersebut memiliki 10 pertanyaan yang menarik minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa Indonesia, dari jawaban tersebut dapat diklaim persentase minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Indonesia masih cukup baik. Hal ini menyangkut perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, kemudian motivasi dari guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada seperti keterampilan guru dalam meningkatkan kelas, dan menyediakan sarana dan prasarana yang dapat mendukung proses belajar


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2000. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bina Angkasa

Budiyarti, Yeti. 2011. Minat Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA PGRI. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah. (Online). Melalui (http//repository. Uinjkt. Ac. Id) diakses 4 Mei 2017

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran. Jakarta: AV Publises

Evalina. 2008 . Minat Belajar Siswa kelas VIII dalam Mata Pelajaran Sejarah di SMP Negeri 1 Dolo. Skripsi: Tidak diterbitkan

Hamid. 2010. Kamus Pintar Bahasa Indonesia. Surabaya : pustaka dua

Moleong, J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rohani Ahmad . 2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Saefuddin Anwar. 2001. Metode Penelitian. Yokyakarta: Pustaka Pelajaran

Subini Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: Javalitera

Sugiyono. (2009). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta

Trimo Laviyant. 2006. Mode-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: CV Citra Praya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 ETNOLINGUAL

This journal is indexed by:

             

 

 

 

Creative Commons License
ETNOLINGUAL by Unair  is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

 

 

 View Etnolingual Stats