PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS RESENSI DENGAN METODE DUTA DJARUM QRR PADA SISWA KELAS XI IPS 1 DI SMAN 1 KARAS TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

September 1, 2022

Downloads

Faktor penyebab rendahnya kemampuan menulis siswa meliputi faktor internal dan eksternal. Faktor penyebab internal adalah siswa cenderung kurang dapat berimajinasi, mengungkapkan ide, dan kemudian menuangkan kata ke dalam bentuk tulisan, siswa belum mampu merangkai kata-kata menjadi kalimat dan menyusunnya ke dalam tulisan yang utuh, serta siswa juga kurang memperhatikan ejaan dan tanda baca dalam menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) memaparkan penerapan metode Duta Djarum QRR dalam   menulis resensi pada siswa kelas XI IPS 1 di   SMAN 1 Karas tahun pelajaran 2019/2020. (2) Mendeskripsikan hasil belajar menulis resensi pada siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Karas tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan metode Duta Djarum QRR. Metode Duta Djarum QRR merupakan singkatan dari dua tamu dua jaga rumah question read recite. Metode pembelajaran ini merupakan metode pembelajaran modifikasi dari metode TS-TS (two stay-two stray) dengan metode membaca SQ3R (survey, question, read, recite, review). Yang membedakan metode TS-TS dengan Duta Djarum ini adalah adanya setingan membaca  QRR  (Question  Read  Recite)  pada  saat  pembelajaran.  Di  mana  QRR  sendiri merupakan bagian dari metode membaca SQ3R. Hasil belajar Bahasa Indonesia siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode pembelajaran Duta Djarum QRR. Hal itu dapat ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil LKS yang mengalami peningkatan yaitu dari nilai 76,57 pada siklus I menjadi 85,44 pada siklus II. Metode pembelajaran Duta Djarum QRR juga dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menulis resensi.

Kata Kunci:  Menulis Resensi, Duta Djarum QRR