Strategi Permintaan Maaf dalam Klarifikasi Figur Publik kepada Masyarakat di Media Sosial

Apology Strategy in Public Figures' Clarification on Social Media

Authors

May 28, 2023

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan tindak tutur permintaan maaf dalam klarifikasi yang disampaikan figur publik melalui media sosial kepada masyarakat berdasarkan model strategi Cohen dan Olshtain (1981). Strategi yang digunakan kemudian dihubungkan dengan konteks sosial yang dipengaruhi oleh status sosial para figur publik sesuai dengan teori kesantunan Brown & Levinson (1987) yaitu kekuatan sosial, jarak sosial, dan beratnya pelanggaran. Sumber data penelitian ini adalah unggahan permintaan maaf melalui takarir pada akun Instagram pribadi beberapa figur publik dalam ranah industri hiburan Indonesia sejak bulan sejak Januari hingga Juni 2022. Adapun figur publik yang dimaksud adalah IK, OSD, dan DC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tiga dari enam jenis strategi yang paling banyak digunakan oleh para figur publik, yaitu permintaan maaf langsung, permintaan maaf tidak langsung dalam bentuk memberikan penjelasan, dan permintaan maaf tidak langsung dalam bentuk menawarkan perbaikan. Selain itu, terdapat pula perbedaan status sosial berupa achieved status yang dimiliki para figur publik jika dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya. Akibatnya, ketika dihubungkan dengan tingkat kesantunan berdasarkan kekuatan sosial, dapat disimpulkan bahwa figur publik cenderung tidak menggunakan jenis strategi yang beragam saat meminta maaf kepada masyarakat dalam media sosial.

 

Kata-kata kunci: klarifikasi, permintaan maaf, figur publik, konteks sosial, Instagram