STRATEGI PENGAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MEDIA GAME
Downloads
Penelitian ini dilakukan sebagai upaya melihat strategi pengajaran yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran yang melibatkan game menjadi motivasi yang besar bagi siswa. Seiring kemajuan teknologi, siswa menjadi semakin akrab dengan gadget. Fenomena ini juga dapat mendorong guru untuk menggunakan media game yang meningkatkan antusias dan memotivasi siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. teknik analisis data menggunakan teknik model interaktif Miles dan Huberman (2019): reduksi data (data reduction), pemaparan data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion/verifying). Hasilnya menunjukkan bahwa bahwa guru dituntut untuk dapat membuat siswa menangkap pelajaran dengan cara yang cukup khas dan menyenangkan sehingga mereka menikmati dan merasa senang. Dengan demikian, pembelajaran berlangsung dengan kondusif dan efisien.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.