BAHASA ANTARA BARISTA DAN PELANGGAN STARBUCKS DI SURABAYA TOWN SQUARE: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK
Downloads
Abstrak
Penelitian ini difokuskan untuk meneliti kalimat yang digunakan oleh barista yang ada di Starbucks Surabaya Town Square kepada pelanggan yang dikaji menggunakan pendekatan sosiopragmatik. Sampel penelitian ini mencakup tuturan bahasa yang telah diperoleh melalui teknik rekam, simak, dan transkripsi. Analisis data yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga proses, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang didapat ialah bahwa tindak tutur dalam dialog yang terjadi antara barista dengan pelanggan baru lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia yang standar dan formal, juga tidak ditemui faktor keakraban sehingga maksim yang terlihat hanya maksim pertimbangan. Sedangkan tindak tutur pada dialog antara barista dan pelanggan yang sering datang lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia yang tidak formal bahkan menggunakan bahasa daerah (ragam rendah). Maksim yang muncul juga bermacam-macam, yakni maksim kedermawanan, maksim kebijaksanaan, maksim kecocokan, dan maksim penghargaan.
1. Copyright of this journal is possession of Editorial Board and Journal Manager, by the knowledge of author, whilst the moral right of the publication belongs to the author.
2. Legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Atribusi-Non Commercial-ShareAlike (CC BY-NC-SA),implies that publication can be used for non-commercial purposes in its original form.
3. Every publications (printed/electronic) are open access for educational purposes, research, and library. Other that the aims mentioned above, editorial board is not responsible for copyright violation.