BAHASA ANTARA BARISTA DAN PELANGGAN STARBUCKS DI SURABAYA TOWN SQUARE: KAJIAN SOSIOPRAGMATIK

Afwin Sulistiawati, Dewa Made Artha Yogadinata, Terra Bellatrix Aden Nashahta

= http://dx.doi.org/10.20473/etno.v1i1.7391
Abstract views = 130 times | views = 12149 times

Abstract


Abstrak
Penelitian ini difokuskan untuk meneliti kalimat yang digunakan oleh barista yang ada di Starbucks Surabaya Town Square kepada pelanggan yang dikaji menggunakan pendekatan sosiopragmatik. Sampel penelitian ini mencakup tuturan bahasa yang telah diperoleh melalui teknik rekam, simak, dan transkripsi. Analisis data yang digunakan yakni metode deskriptif kualitatif yang terdiri atas tiga proses, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yang didapat ialah bahwa tindak tutur dalam dialog yang terjadi antara barista dengan pelanggan baru lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia yang standar dan formal, juga tidak ditemui faktor keakraban sehingga maksim yang terlihat hanya maksim pertimbangan. Sedangkan tindak tutur pada dialog antara barista dan pelanggan yang sering datang lebih banyak menggunakan bahasa Indonesia yang tidak formal bahkan menggunakan bahasa daerah (ragam rendah). Maksim yang muncul juga bermacam-macam, yakni maksim kedermawanan, maksim kebijaksanaan, maksim kecocokan, dan maksim penghargaan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Etnolingual

This journal is indexed by:

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License

 

View Etnolingual Stats