Pemaknaan Adjektiva dalam Tragedi Bom Paris di Media Online The Jakarta Post dan New York Times

Authors

January 18, 2018

Downloads

Abstrak
Teknologi internet memudahkan masyarakat untuk mengakses setiap informasi, tidak terkecuali berita. Akses internet memudahkan masyarakat membaca informasi berita baik dari dalam maupun luar negeri. Adapun sumber berita berasal dari The Jakarta Post dan The New York Times dari tanggal 14-18 November 2015. Tragedi pengeboman yang merenggut nyawa ratusan korban membuat kedua media online tersebut mengarang berita dengan sebaik mungkin. Penulis ingin melihat bagaimana sudut pandang yang diberikan kepada pembaca mengenai pemberitaan tersebut melalui pilihan kelas kata adjektiva. Data sebanyak 10 (sepuluh) berita diambil dari halaman web masing – masing media online tersebut, kemudian melihat konkordansi adjektiva memakai aplikasi AntConc. Dalam penelitian ini penulis menemukan adanya perbedaan sudut pandang pemberitaan: The Jakarta Post lebih memilih netral sedangkan The New York Times membuat berita seakan – akan memihak kepada salah satu golongan. Penelitian ini diharapkan mampu mengamati citra media online, tidak hanya dalam The Jakarta Post ataupun The New York Times.