MANAJEMEN PEMBENIHAN LELE MUTIARA (Clarias sp.) DENGAN APLIKASI PROBIOTIK DI UNIT PELAYANAN TEKNIS PENGEMBANGAN TEKNOLOGI PERIKANAN BUDIDAYA (UPT PTPB) KEPANJEN, MALANG, JAWA TIMUR

Regita Ardyanti, Daruti Dinda Nindarwi, Luthfiana Aprilianita Sari, Putri Desi Wulan Sari

= http://dx.doi.org/10.20473/jafh.v7i2.11254
Abstract views = 633 times | views = 1452 times

Abstract


Lele (Clarias sp.) merupakan jenis ikan konsumsi air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin. Ikan lele MUTIARA adalah strain baru ikan lele Afrika Clarias gariepinus Burchell, 1822 unggul hasil pemuliaan Badan Penelitian Pemuliaan Ikan (BPPI) Sukamandi yang telah dinyatakan lulus pada Penilaian Pelepasan Jenis/Varietas pada tanggal 27 Oktober 2014, dengan nama ikan lele MUTIARA (Mutu Tinggi Tiada Tara). Praktek Kerja Lapang ini dilaksanakan di Unit Pelayanan Teknis Pengembangan Teknologi Perikanan Budidaya Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada tanggal 18 Januari - 12 Februari 2016. Praktek Kerja Lapang ini adalah metode partisipasi aktif dengan mengikuti secara langsung kegiatan yang dilakukan dilapangan. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan partisipasi aktif. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa manajemen pembenihan ikan lele mutiara dengan aplikasi probiotik dilakukan dengan pemijahan alami meliputi: persiapan kolam, seleksi induk, pemijahan, fase penetasan telur, pemeliharaan larva dan benih, pemberian pakan, pengendalian hama penyakit dan pembuatan pakan fermentasi. Manajemen Pembenihan Lele Mutiara (Clarias sp.)dilakukan secara alami dengan perbandingan induk jantan dan betina adalah 1 : 1. Jumlah telur yang dihasilkan adalah 71.648 butir, telur yang terbuahi adalah 47.376 butir dan telur yang berhasil menetas adalah 37.310 butir sehingga didapatkan Hatching Rate (HR) sebesar 78,7%. Kelangsungan hidup larva ikan gurami awal pemeliharaan larva berjumlah 37.310 ekor dan jumlah akhir pemeliharaan larva berjumlah 35.000 ekor sehingga didapatkan Survival Rate (SR) sebesar 93,80%.

Keywords


Ikan Lele Mutiara ; Manajemen Pembenihan ; Pemijahan Alami

Full Text:

PDF

References


Bambang Iswanto, Imron, dkk. 2014. Petunjuk Teknis Budidaya Ikan Lele Mutiara. Balai Penelitian Pemuliaan Ikan. Sukamandi. Fenta Aquarista, Iskandar, Ujang Subhan. 2012. Pemberian Probiotik dengan Carrier Zeolit pada Pembesaran Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus).Jurnal Perikanan dan Kelautan. Hendri Ahmadi, Iskandar, dkk. 2012. Pemberian Probiotik Dalam Pakan Terhadap Pertumbuhan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus) Pada Pendederan II.Jurnal Perikanan dan Kelautan. Sunarma, A. 2004. Peningkatan Produkti-vitas Usaha Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus). Makalah disampaikan pada Temu Usaha Direktorat Jendral Perikanan Budi-daya Dinas Kelautan Perikanan, Bandung 4-7 Oktober 2004. Bandung, 13 hal. Supriyanto. 2007. Pengaruh Pemberian Probiotik Dalam Pellet Terhadap Perumbuhan Lele Sangkuriang (Clarias gariepinus). Jurnal Perikanan dan Kelautan. Pp. 233.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Regita Ardyanti, Daruti Dinda Nindarwi, Luthfiana Aprilianita Sari, Putri Desi Wulan Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by:

      

     

  

 

JAFH

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License