HUBUNGAN KERJA ANTARA ATLIT E-SPORTS DENGAN PENGUSAHA CV PEMBERI KERJA
Downloads
Di era globalisasi seperti saat ini, perkembangan teknologi dan internet terjadi sangat pesat dan mendunia, dan perkembangan yang terjadi tersebut sebenarnya membawa dampak positif bagi yang bisa memanfaatkannya. Contoh perkembangan teknologi dan intenet adalah game online. Pengertian secara sederhana dari game online adalah permainan (games), yang dapat diakses oleh banyak pemain, dan mesin-mesin yang digunakan pemain dihubungkan oleh satu jaringan, umumnya jaringan yang digunakan adalah internet. Perkembangan yang terjadi pada game online terlihat pada developer atau platform dari aplikasi game online yang sering mengadakan turnamen, dan yang mengikuti turnamen tersebut dikenal dengan penyebutan atlit E-Sports. Oleh karena itulah hal ini dimanfaatkan oleh perusahaan yang lazimnya sering dijumpai berbentuk CV untuk mempekerjakan dan memberikan upah kepada atlit E-Sports. Sehingga perlu dianalisis apakah hubungan antara atlit E-Sports dengan Pengusaha CV pemberi kerja tersebut merupakan hubungan kerja yang diatur di Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Lalu bagaimana dengan penyelesaian perselisihan sengketa yang terjadi antara atlit E-Sports dengan pengusaha CV pemberi kerja.
Buku
Devi Rahayu, Hukum Ketenagakerjaan Teori dan Studi Kasus, (New Elmatera 2011).
Lanny Ramli, Hukum Ketenagakerjaan, (Airlangga University Press 2008).
Rudhi Prasetya, Maatschap Firma dan Persekutuan Komanditer Edisi Revisi, (Citra Aditya Bakti 2004).
Jurnal
Bayu Bramantya, ‘E-Sport Community Center di Semarang', (2011) eThesis Diponegoro University Graduate Program.
<http://eprints.undip.ac.id/33818/2/lp3a_201112232.pdf> diakses 3 Maret 2018.
I Kadek Dendy S, ‘Pengaruh Game Bergenre Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) Terhadap Kemampuan Kognitif Pemain', (2015), eThesis Gajah Mada University Graduate Program.
diakses 3 Maret 2018.
I Made Wirayuda Kusuma dan A.A Ngurah Wirasila, ‘Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Antara Pekerja Dan Pengusaha', (2013), 01 Kertha SemayaJurnal..<https://ojs.unud.ac.id/index.php/kerthasemaya/article/view/6202> diakses 28 Juli 2018.
Mila Karmila Adi,' Masa Depan Arbitrase Sebagai Mekanisme Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial',(2010) 17 Jurnal Hukum. diakses 28 Juli 2018.
Muhammad Affandi, ‘Pengaruh Game Online Terhadap Tingkat Efektivitas Komunikasi Interpersonal Pada Kalangan Pelajar Kelas 5 SDN 005 Samarinda', (2013) 1 eJournal Ilmu Komunikasi. diakses 2 Maret 2018.
Muhammad Zakki Mubarok,'Eksistensi Buruh Dalam Komunikasi Bipartit (Upaya Membangun Kemitraan Antara Buruh dan Pengusaha Secara Ideal di Kota Kretek)', (2016) 06 Jurnal Ilmiah Komunikasi MAKNA.< jurnal.unissula.ac.id/index.php/makna/article/view/2787/2048> diakses 25 Juli 2018.
Wahyu Pratama,‘Game Adventure Misteri Kotak Pandora', (2014) 7 Jurnal Telematika. <http://ejournal.amikompurwokerto.ac.id/index.php/telematika/article/view/247/222> diakses 2 Maret 2018.