DAMPAK PENYALURAN DANA INFAK SEBAGAI MODAL USAHA DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI ANGGOTA (STUDI KASUS PADA PROGRAM KOMUNITAS USAHA MANDIRI (KUM) YAYASAN DANA SOSIAL AL-FALAH SURABAYA)

Authors

June 13, 2019

Downloads

This goal of the research is to determine the effect of lending capital which come
from creative-productive infaq for the members of Komunitas Usaha Mandiri, a program run by Yayasan Dana Sosial al-Falah. This research uses descriptive qualitative design and case study methods. The data was collected through field observations, interviews, and a documentation of four members in the komunitas Usaha Mandiri program in Surabaya city. The result shows that four informen had been experiencing the improvement of their sales turnover, profit, and the availability of goods after they got the working capital. A sustainable
agenda and a set of training which conduted by KUM program were felt to be useful to enrich their religion base knowledge and the ability of enterpreneurship. Moreover, they were able to save and pay for infaq. So, it could be concluded that Komunitas Usaha Mandiri program has successfully develop the members business.

 

REFERENCES

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Chaudhry, Muhammad Sharif. Tanpa Tahun. Sistem Ekonomi Islam : Prinsip Dasar. Terjemahan oleh Suherman Rosyidi. 2012. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.


Guntur, Effendi M. 2009. Pemberdayaan Ekonomi Rakyat: Transformasi Perekonomian Rakyat Menuju Kemandirian dan Keadilan. Jakarta: CV. Sagung Seto.


Hafidhuddin, Didin. 1998. Panduan Praktis tentang Zakat, Infak, dan Sedekah. Jakarta: Gema Insani Press.


Mufraini, M. Arief. 2006. Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengkomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Jakarta: Kencana.


_______________. 2008. Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengkomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Jakarta: Kencana.


Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Musdilawati, Ajeng. 2014. Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi terhadap Volume Penjualan (Studi Kasus pada PT. Kertas Padalarang Persero) (http://elib.unikom.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jbptunikomppgdl-ajengmusdi-34364&q=musdilawati, diakses tanggal 17 Januari 2017).


Nurfitria, Nissa. 2011. Analisis Perbedaan Omzet Penjualan Berdasarkan Jenis Hajatan dan Waktu (Studi pada Catering Sonokembang Semarang). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang Ekonomi Universitas Diponegoro.


Nuritha, Ifrina et al. 2013. Identifikasi Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Tingkat Keberhasilan Usaha Minimarket Waralaba di Kabupaten Jember dengan Sistem Informasi Geografis. Jurnal Sainstek UNEJ 2013, I (1): 825-835.


Pamungkas, Rizki. 2014. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Pemegang Usaha Waralaba (Studi Kasus pada Waralaba Makanan dan Minuman Lokal di Kota Semarang). Skripsi tidak diterbitkan. Semarang Ekonomi Universitas Diponegoro.


Perwataatmadja, Karnaen dan Muhammad Syafi'i Antonio. 1993. Apa dan Bagaimana Bank Islam. Yogyakarta: PT. Dana Bhakti Wakaf.


Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.


Widodo, Tri. 2005. Sektor Informal Yogyakarta. Makalah disajikan dalam Diskusi yang digelar oleh Pusat Studi Ekonomi dan Kebijakan Publik (PSEKP). Yogyakarta.

Yayasan Dana Sosial al-Falah Surabaya. Tanpa Tahun. Data Keuangan Pengelolaan dan Mekanisme Proses Pinjaman Program Komunitas Usaha Mandiri. Data diperoleh dari pengurus program Komunitas Usaha Mandiri, data tidak dipublikasikan.


Yin, Robert K. 1988. Case Study Research Design and Methods (Applied Social Research Methods Series). Vol. 5 Revised Edition. London: SAGE Publications.




Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>