THE EFFECT OF GROWTH OF EXTERNAL AND INTERNAL FACTORS ON THE GROWTH OF THIRD-PARTY FUND OF SHARIA BANKS

Authors

December 26, 2020

Downloads

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan suku bunga, inflasi, Produk Domestik Bruto (PDB), biaya promosi dan tingkat bagi hasil terhadap pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi data panel dengan bantuan program Eviews 6. Hasil menunjukkan bahwa secara parsial, variabel pertumbuhan suku bunga, inflasi dan PDB berpengaruh signifikan negatif terhadap pertumbuhan DPK. Variabel tingkat bagi hasil berpengaruh signifikan positif terhadap pertumbuhan DPK, sedangkan variabel biaya promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan DPK. Secara  simultan, hasil menunjukkan bahwa variabel pertumbuhan suku bunga, inflasi, PDB, biaya promosi dan tingkat bagi hasil berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan DPK bank umum syariah di Indonesia periode 2014-2018.

Kata Kunci: Dana Pihak Ketiga, Suku Bunga, Inflasi, Produk Domestik Bruto, Biaya Promosi, Tingkat Bagi Hasil, Pertumbuhan.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the effect of growth interest rate, inflation, Gross Domestic Product (GDP), promotional costs and profit-sharing rates on the growth of third party funds (TPF) partially and simultaneously. This study uses a quantitative approach with panel data regression techniques with Eviews 6. The result shows that partially the variables of interest rate growth, inflation growth and GDP growth have a significant negative effect on TPF growth. The profit-sharing rate variable has a significant positive effect on TPF growth, while the promotional cost variable has no significant effect on TPF growth. Simultaneously, the results show that the growth interest rate, inflation, GDP, promotion costs and profit-sharing rates variable significantly influence the growth of TPF sharia commercial banks in Indonesia from 2014 to 2018.

Keywords: Third Party Funds, Interest Rates, Inflation, Gross Domestic Product, Promotion Costs, Profit Sharing Rates, Growth.



DAFTAR PUSTAKA

Abduh, M. et al. (2011). The impact of crisis and macroeconomics variables towards islamic banking deposits. American Journal of Applied Science, 8(12), 1413-1418.

Adim, M. A. & Raditya Sukmana. (2017). Pengaruh guncangan kebijakan moneter dan variabel makro terhadap Dana Pihak Ketiga (DPK) bank syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 4(8), 642-656.

Aghnawati, A.N. & Malik Cahyadin. (2019). Faktor-faktor penentu dana pihak ketiga bank umum syariah di Indonesia tahun 2010-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 132-142.

Arifin, Zainul. (2009). Dasar-dasar manajemen bank syariah. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Dendawijaya, & Lukman. (2009). Manajemen perbankan. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.

Ferdiansyah, N. (2015). Pengaruh rate bagi hasil dan BI rate terhadap dana pihak ketiga perbankan syariah (Sstudi pada bank pembiayaan rakyat syariah yang terdaftar di Bank Indonesia). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi, 2(1), 1-12.

Gujarati, D. (2012). Dasar-dasar ekonometrika. Jakarta: Salemba Empat.

Hsiao, C. (2003). Analysis of panel data. New York: Cambridge University Press.

Karim, Adiwarman. (2004). Bank Islam: Analisis fiqh dan keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Pustaka.

Kasmir. (2008). Manajemen perbankan. Jakarta: Rajawali Ekspress.

Kementerian Agama RI. (2017). Al-Qur'an dan terjemahnya (online). (www.quran.kemenag.go.id).

Kotler, Philip & Gerry Armstrong. (2014). Principle of marketing. New Jersey: Pearson Pretice Hall.

Maski, Ghozali. (2010). Analisis keputusan nasabah menabung: pendekatan komponen dan model logistik studi pada bank syariah di Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 4(1), 43-55.

Muhammad. (2014). Manajemen keuangan syariah: Analisis fiqh dan keuangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Mumtazah, W & Septiarini, D. F. (2016). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah dana pihak ketiga pada bank umum syariah di Indonesia (Periode Triwulan I 2010 – Triwulan I 2015). Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 3(10), 800-815.

Pratiwi, Susan dan Lela Hindasah. (2014). Pengaruh dana pihak ketiga, capital adequacy ratio, return on asset, net interest margin dan non performing loan terhadap penyaluran kredit bank umum di Indonesia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 5(2), 192-208.

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi promosi yang kreatif dan analisis kasus integrated marketing communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Rivai, Veithzal dan Arviyan Arifin. (2010). Islamic banking: Sebuah teori, konsep, dan aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Roziq Ahmad dan Rinanda F.D. (2013). Variabel penentu dalam keputusan memilih tabungan mudharabah pada bank syariah mandiri cabang Jember. Jurnal Ekonomi Akuntansi dan Manajemen, 12(1), 1-24.

Sahabuddin, Romansyah. (2016). Development of business value and behaviours: Takalar district, South Sulawesi (Indonesia) case study. Actual Problems of Economics, 2(176), 440-449.

Tarsidin. (2010). Bagi hasil: Konsep dan analisis. Jakarta: Lembaga Penerbit FE UI.

Yaya, Rizal., et al. (2009). Akuntansi perbankan syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 > >>