ANALISIS FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN KEPUASAN KERJA WANITA SEBAGAI PENGEMUDI OJEK SYAR’I

Authors

January 26, 2021

Downloads

ABSTRAK

Syarihub adalah pionir layanan transportasi online khusus wanita dan anak – anak di Indonesia. hadir dari keresahan masyarakat, khususnya wanita muslim yang merasakan sulitnya bermobilisasi dengan rasa aman, nyaman serta sekaligus dapat menjaga dirinya dari lawan jenis yang bukan mahrom. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui determinan faktor–faktor yang mempengaruhi kepuasaan kerja pada pengendara ojek online Syarihub. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksploratif dengan pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner. Subyek penelitian ini adalah 50 orang pengemudi ojek online Syarihub di Kota Surabaya, Pengumpulan data menggunakan Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisa faktor dengan tahap analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran tentang data yang dimiliki. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa faktor-faktor determinan kepuasaan kerja pengemudi ojek Syarihub terdiri dari faktor kompensasi, faktor Supervision Human Relations, faktor kondisi kerja, faktor kebijakan perusahaan dan implementasinya, faktor variasi, faktor status sosial. Keenam faktor variabel tersebut dapat dikatakan sebagai variabel baru yang berpengaruh terhadap kepuasaan kerja pengemudi ojek Syarihub.

Kata kunci: Kepuasan kerja, Analisis Faktor, Pengemudi Ojek Online Syar’i.

 

ABSTRACT

Syarihub is the pioneer of Indonesia's online ride hailling service for women and children and hiring women riders. Syarihub comes from the need of society, especially muslim women who find it difficult to find a secure and comfortabel transportation that at the same time enable them to keep herself separated from the opposite gender. This study aims to find out determinant factors are influencing job satisfaction’s female online motorcycle taxi drivers who work in Syarihub. This study is an explorative quantitative research by collecting data using an instrument in the form of a questionnaire. The research subjects were online Syarihub motorcycle taxi drivers who work in Surabaya totaling 50 people.  Data collected using Minnesota Satisfaction Questionnaire (MSQ). The data analysis technique used in this study is a factor analysis technique with a descriptive analysis stage that provides an overview of the data held. The results showing that the determinants factors are influencing job satisfaction of Syarihub motorcycle taxi drivers consist of compensation factor, human relations supervisory factor, working conditions factor, corporate policy factors and implementation, variation factors, social status factors. The conclusion of the study illustrates that the optimal six factors will increase job satisfaction of Syarihub motorcycle taxi riders.

Keywords: Job satisfaction, Factor Analysis, female online motorcycle taxi riders.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Agustina, T. S. (2019). Kewirausahaan di era revolusi industri 4.0. Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.

Arofah, A. F. S., & Alam, Y. T. (2019). Eksistensi driver ojek online wanita sebagai bentuk kesetaraan gender. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(2).

Darma, G. S., Wicaksono, K., Sanica I. G., & Abiyasa, A. P. (2019). Faktor kompensasi dan strategi gojek dalam meningkatkan kepuasan kerja para driver. Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi, 6(3).

Harahap, P. M. (2018). Profil perempuan berkeluarga bekerja sebagai driver ojek online di gojek Kota Pekanbaru. JOM FISIP, 5(2).

Indyaswari, P. P. T. A., & Putra, D. N. R. A. (2017). Analisis mengenai hubungan sopir Gojek dengan PT. Gojek Indonesia, Kertha Semaya, 5(2).

Kumala, D. A. T. (2020). Hubungan antara persaingan kerja dengan kepuasan kerja pada ojek online motor di Yogyakarta. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Mercu Buana.

Kurniawan, F., & Soenaryo, S. F. (2019). Menaksir kesetaraan gender dalam profesi ojek online wanita di Kota Malang. Jurnal Sosiologi Pendidikan Humanis, 4(2).

Nurhidayah, F. (2018). Analisis sistem kompensasi terhadap kinerja driver transportasi online. Jurnal Akuntansi Maranatha, 10(2). 179-186.

Madjid, F., & Handayani. (2012). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan perempuan berstatus menikah untuk bekerja (Studi kasus kota Semarang). Diponegoro Journal of Economics, 1(1).

Prahara, S., & Halias, D. (2020). Kepuasan kerja dengan employee engagement pada driver ojek online. Psyche 165 Journal13(1), 95-100. https://doi.org/https://doi.org/10.29165/psikologi.v13i1.1213

Rahayu, V. V. E., & Sukidin, S. P. (2020). Perempuan pengemudi go-jek di Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 14(1). DOI: 10.19184/jpe.v14i1.12582

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2015). Perilaku organisasi. Alih bahasa: Ratna Saraswati dan Febriella Sirait. Jakarta: Salemba Empat.

Sumarsono, S. (2003). Ekonomi sumber daya manusia dan ketenagakerjaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Schuler, R. S., & Jackson, S. E. (1999). Manajemen sumber daya manusia: Menghadapi abad ke-21. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Valentina, R. (2020). Stress kerja dan kompensasi finansial dengan kepuasan kerja komunitas driver gojek (Ojek online) di Kota Jember. Skripsi tidak dipublikasikan. Jember: Universitas Jember.

Weiss, D. J., Dawis, R. V., & England, G. W. (1967). Manual for the Minnesota satisfaction questionnaire. Minnesota Studies in Vocational Rehabilitation, xxii. Washington: University of Minnesota.