DETERMINANTS OF PREFERENCE SAVING STUDENTS ON SHARIA BANK WITH PERCEPTION AS A MODERATING VARIABLES

Authors

May 31, 2021

Downloads

ABSTRAK

Penelitian ini bermaksud untuk menganalisis Pengaruh Pengetahuan Produk Bank Syariah, Pelayanan Bank Syariah, dan Pendapatan terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Bank Syariah dengan Persepsi sebagai Variabel Moderating. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan kuesioner dalam pengumpulan data. Pengujian kuesioner dilakukan dengan aplikasi Soland 2.1. Populasi penelitian adalah mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, dan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, dengan program studi pendidikan akuntansi, ekonomi syariah, dan ekonomi Islam. Sampel berjumlah 100 mahasiswa dengan teknik quota sampling. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi linier dan Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini, secara parsial Pengetahuan Produk Bank Syariah, Pelayanan Bank Syariah, Pendapatan, dan Persepsi mempunyai pengaruh yang positif serta signifikan terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Bank Syariah. Secara simultan, semua variabel independen mempunyai pengaruh yang signifikan serta positif terhadap variabel dependen. Persepsi sebagai variabel moderating Pengetahuan Produk Bank Syariah memberikan pengaruh signifikan terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Bank Syariah, sedangkan Pelayanan Bank Syariah dan Pendapatan yang dimoderasi oleh Persepsi tidak memiliki pengaruh positif serta signifikan terhadap Preferensi Menabung Mahasiswa di Bank Syariah.

Kata Kunci: Pengetahuan Produk Bank Syariah, Pelayanan Bank Syariah, Pendapatan, Persepsi, Preferensi Menabung.

 

ABSTRACT

This study intends to analyze the effect Sharia banking product knowledge, Sharia banking services, and income towards preference saving students on Sharia banks with perception as a moderating variables.  The research method used is quantitative research, using questionnaire in data collection. The questionnaire was tested using the Soland 2.1. The research population was students of the Universitas Negeri Surabaya, Universitas Airlangga, and Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, with study programs of accounting education, sharia economics, and Islamic economics. The sample used was 100 students with a quota sampling technique. Hypothesis testing uses linear regression analysis and Moderate Regression Analysis (MRA). The results of this study, partially, Sharia banking product knowledge, Sharia banking services, and Income, and Perception have a positive and significant effect on Saving Preferences in Sharia Bank. Simultaneously, all independent variables have a significant and positive influence on the dependent variable. Perception as a moderating variable Sharia Bank Product Knowledge has a significant effect on Saving Preference in Sharia Banks, while Sharia Banking Services and Income moderated by Perception do not have a positive and significant effect on Saving Preference in Sharia Banks.

Keywords: Knowledge of Sharia Bank Products, Sharia Bank Services, Income, Perception, Savings Preferences.

 

DAFTAR PUSTAKA

Banowati, M. M., & Sholeh, M. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi niat menabung di bank Syariah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 15(1), 20–26. https://doi.org/10.21831/jep.v15i1.20299

Cambridge Institute of Islamic Finance. (2019). Islamic Finance Country Index. In Global Islamic Finance Report 2019. United Kingdom: Cambridge Institute of Islamic Finance.

Dawami, Q. (2020). Factors influencing the preference of customers towards islamic banking: evidence from Malaysia. Journal of Islamic Economic Laws, 3(1), 48–67. https://doi.org/10.23917/jisel.v3i1.10191

Dewi, A. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi nasabah terhadap bank syariah di kota Palopo. Jurnal Akuntansi, 4(2), 1–12. http://dx.doi.org/10.35906/ja001.v4i2.520

Engel, J. F, Blackwell, R. P & Miniard, P. W. (1994). Perilaku konsumen (Budiyanto (ed). Surabaya: Binarupa Aksara.

Fathurrahman, A., & Azizah, U. (2018). Analisis faktor-faktor preferensi mahasiswa terhadap perbankan syariah. Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 1(2), 99–121. https://doi.org/10.12928/ijiefb.v1i1.273

Harahap, R. S. P. (2016). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap preferensi masyarakat pada bank syariah di Kota Medan. Tesis tidak dipublikasikan. Medan: UIN Sumatera Utara.

Hasanah, F. (2019). Pengaruh tingkat religiusitas, pengetahuan, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap preferensi menabung mahasiswa universitas muhammadiyah Palembang pada bank syariah. BALANCE Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 4(1), 485. https://doi.org/10.32502/jab.v4i1.1815

Khan, S., & Akhter, W. (2017). Service quality and the moderating effect of shari'ah perception on client satisfaction: A comparison of Islamic and conventional microfinance in Pakistan. Cogent Economics & Finance, 5(1), 1-20. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/23322039.2017.1315206

Kotler, P. (2000). Marketing management, millenium edition. In Marketing management. https://doi.org/10.1016/0024-6301(90)90145-T

Kotler, P. (2005). Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P. (2007). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Prenhalindo.

Larasati, F. (2017). Pengaruh religiusitas, produk bank, kepercayaan, pengetahuan, ran pelayanan terhadap preferensi menabung pada perbankan syariah (Studi pada mahasiswa akuntansi STIE Perbanas Surabaya). Skripsi tidak dipublikasikan. Surabaya: STIE Perbanas Surabaya.

Lovelock, C., Wirtz, J., & Mussry, J. (2010). Pemasaran jasa: Manusia, teknologi, strategi. Jakarta: Erlangga.

Luthfi, F., & Pujiyono, A. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi preferensi menabung mahasiswa santri di perbankan syariah (Studi kasus: Pondok pesantren madinah munawwarah, pondok pesantren luhur wahid hasyim, pondok pesantren darul falah). Skripsi tidak dipublikasikan. Semarang: Universitas Diponegoro.

Luthfiani, R. A., & Sari, R. C. (2019). The effect of religiosity, the level of income, and the level of islamic financial literacy toward the interest of student to become customers in sharia financial institution. Nominal: Barometer Riset Akuntansi dan Manajemen, 8(1), 109-121. https://doi.org/10.21831/nominal.v8i1.24503

Manggu, S. A. R., & Dalif, D. (2018). Analisis persepsi masyarakat terhadap bank syariah di kabupaten Polewali Mandar Sulawesi Barat. J-HEST Journal of Health, Education, Economics, Science, and Technology, 2(1), 16-21. https://doi.org/10.31219/osf.io/w6gt9

Munthe, S. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah menabung pada tabungan mudharabah di bank muamalat cabang balai kota Medan. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat UISU, 9(1), 64-74.

Naeem, A., Toqeer, M., Pervez, M. Z., Aslam, F., & Akhtar, H. M. A. (2016). Factors influencing the perception of customers in Islamic banking: A case study in Pakistan. International Review of Management and Business Research, 5(3), 844-859.

Nastiti, N., Hartono, A., & Ulfah, I. F. (2020). Pengaruh religiusitas, pengetahuan perbankan, pengetahuan produk perbankan, pengetahuan pelayanan perbankan, dan pengetahuan bagi hasil terhadap preferensi menggunakan jasa perbankan syariah. ASSET: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.24269/asset.v1i1.2554

Nitisusastro, M. (2012). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan (Kedua). Bandung: CV. Alfabeta.

Otoritas Jasa Keuangan. (2020a). Statistik perbankan Indonesia November 2020. Jakarta: OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---November-2020.aspx

Otoritas Jasa Keuangan. (2020b). Statistik perbankan syariah November 2020. Jakarta: OJK. https://www.ojk.go.id/id/kanal/syariah/data-dan-statistik/statistik-perbankan-syariah/Documents/Pages/Statistik-Perbankan-Syariah---November-2020/SPS November 2020.pdf

Prasetijo, R., & Ihalauw, J. J. O. (2005). Perilaku konsumen. Yogyakarta: Andi.

Rakhmah, S. M., & Wahyuni, S. (2016). Pengaruh persepsi mahasiswa tentang bank syariah terhadap minat menabung di perbankan syariah. Jurnal UNEJ, 10(1), 1-12.

Rusdianto, H., & Ibrahim, C. (2016). Pengaruh produk bank syariah terhadap minat menabung dengan persepsi masyarakat sebagai variabel moderating di Pati. Equilibrium: Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1), 43. https://doi.org/10.21043/equilibrium.v4i1.1837

Shahrinaz, I., Kasuma, J., Naim, A. S. A., Rahim, E. A., Arabi, A., Ismawi, N., & Rosli, R. (2017). Determinant of customers' preference in selecting Islamic banks. International Journal of Advanced And Applied Sciences, 4(3), 117–121. https://doi.org/10.21833/ijaas.2017.03.018

Simamora, B. (2003). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2004). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Simamora, B. (2007). Panduan riset perilaku konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sofhian. (2016). Analisis preferensi nasabah penabung pada bank muamalat Indonesia Tbk. cabang Gorontalo. Li-Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 1(2), 90–132.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sukti, S., & Aliansyah, M. (2019). Preferensi nasabah non-muslim terhadap bank syariah (Studi pada bank syariah mandiri cabang Palangka Raya). El-Mashlahah, 7(2), 14-24. https://doi.org/10.23971/el-mas.v7i2.1424

Wahyuni, S. (2017). Pengaruh persepsi kualitas pelayanan dan bagi hasil terhadap minat masyarakat menjadi nasabah bank syari'ah. At-Tawassuth, 2(2), 437–459. http://dx.doi.org/10.30821/ajei.v2i2.1230