IMPLEMENTATION OF THE MARKETING MIX STRATEGY TO INCREASE THE NUMBER OF FUNDING AT BMT MADANI SEPANJANG

Authors

December 5, 2021

Downloads

ABSTRAK

Masalah pada perekonomian mengakibatkan banyak spekulan nakal menjalankan aksinya, menjadikan lembaga keuangan mikro syariah harus mengulurkan tangannya dalam memberikan perhatian pada permasalahan tersebut. Baitul Maal Wat Tamwil sebagai lembaga keuangan mikro syariah turut andil dalam menyatukan masyarakat yang memiliki kelebihan dana dengan masyarakat yang membutuhkan dana. BMT Madani Sepanjang hadir membantu perekonomian masyarakat dengan menghimpun dana (funding) dari shahibul maal dalam rangka meningkatkan dananya untuk kepentingan masyarakat membutuhkan dana. Untuk mengetahui bagaimana BMT Madani Sepanjang meningkatkan jumlah fundingnya, penelitian ini berfokus pada penerapan strategi marketing mix upaya meningkatkan jumlah funding pada BMT Madani Sepanjang. Dalam peningkatan funding, BMT Madani Sepanjang menggunakan strategi marketing mix 4P. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan melalui observasi secara langsung, wawancara, dokumen, serta validasi data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil dari penerapan strategi marketing mix upaya meningkatkan jumlah fundingnya, BMT Madani telah menerapkannya dengan baik, sehingga pada pertumbuhan jumlah fundingnya yang baik dapat banyak memberikan bantuan dalam kegiatan penyaluran dana kepada masyarakat yang kekurangan dana, agar tehindar dari spekulan nakal. Dalam hal ini diharapkan BMT Madani Sepanjang dapat terus meningkatkan kualitasnya terutama dalam kegiatan strategi promosinya, agar usahanya dapat terus berkembang dengan baik.

Kata Kunci: Baitul Maal Wat Tamwil, Bauran Pemasaran, Penghimpunan Dana.

 

ABSTRACT

Problems in the economy resulted in many rogue speculators carrying out their actions, making Islamic microfinance institutions have to stretch their hands in paying attention to these problems. Baitul Maal Wat Tamwil as a sharia microfinance institution contributes to uniting people who have excess funds with people who need funds. BMT Madani Sepanjang is here to help the community's economy by raising funds (funding) from Shahibul Maal in order to increase its funds for the benefit of the community in need of funds. To find out how BMT Madani Sepanjang increases the amount of funding, this study focuses on implementing a marketing mix strategy in an effort to increase the amount of funding at BMT Madani Sepanjang. In increasing funding, BMT Madani Sepanjang uses a 4P marketing mix strategy. The research method used is descriptive qualitative. Data obtained through direct observation, interviews, documents, and data validation using source triangulation, technical triangulation and time triangulation. As a result of the implementation of the marketing mix strategy in an effort to increase the amount of funding, BMT Madani Sepanjang has implemented it well, so that a good growth in the amount of funding can provide a lot of assistance, in channeling funds to people who lack funds, so as to avoid rogue speculators. In this case, it is hoped that BMT Madani Sepanjang can continue to improve its quality, especially in its promotional strategy activities, so that its business can continue to develop well.

Keywords: Baitul Maal Wat Tamwil, Marketing Mix, Funding.

 

DAFTAR PUSTAKA

Anisa, I. N., & Oktafia, R. (2021). Penerapan strategi marketing mix dalam meningkatkan jumlah funding dan lending di BMT Harapan Ummat Sidoarjo. 4(1), 113–126. DOI: https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(1).6597

Desy D. S. N., M. R. M. (2020). Strategi bauran pemasaran 4P dalam menentukan sumber modal usaha syariah pedagang pasar di Sidoarjo, 6(3).

Kementerian Agama RI. (2020). Al-Qur'an Surat Al-Baqarah ayat 278. Jakarta: Kemenag RI.

Laita, A., & Renny, M. (2020). Strategi optimalisasi penghimpunan dana nasabah bagi perkuatan permodalan di BMT Mawaddah Kantor Cabang Pandaan Pasuruan. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Islam, 5(2), 171–182.

Latifah, F. N., Maika, M. R., & Ariyanti, N. (2019). PKM Geo UMKM Desa Kenongo. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(3), 259–266.

Lisdawami, I. M. (2017). Pengembangan produk funding KSPPS BMT Amanah Ummah Jawa Timur. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 4(11), 889–901.

Marcelina, J., & Tantra, B. (2016). Pengaruh marketing mix (7P) terhadap keputusan pembelian pada guest house di Surabaya. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, 5(2), 1–16.

Mardani. (2015). Aspek hukum lembaga BMT. Surabaya: Prenadamedia Grup.

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif edisi revisi. Bandung: Rosda.

Muawanah. (2019). Peran BMT Global Madani Indonesia dalam penanaman nilai entrepreneur mahasiswa ES (Ekonomi Syariah) Institut KH. Adul Halim Pacet Mojokerto. AL-‘ADALAH: Jurnal Syariah Dan Hukum Islam, 4(1), 86–97.

Nugrahani, F. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidian bahasa. Solo: Cakra Book.

Pandia, & Frianto. (2012). Manajemen dana dan kesehatan bank. Jakarta: Rineka Cipta.

Samsuri, A. (2017). Marketing mix sebagai strategi meningkatkan jumlah nasabah pada perbankan syari'ah. 1(1). DOI: https://doi.org/10.30762/wadiah.v1i1.1274

Selang, C. A. (2013). Bauran pemasaran (Marketing Mix) pengaruhnya terhadap loyalitas konsumen pada Fresh Mart Bahu Mall Manado. 1(3), 71–80.

Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Ponorogo: CV. Nata Karya.

Tyas., & Mega, A. (2014). Pengaruh bauran pemasaran terhadap niat menjadi mitra perspektif Islam pada BMT Beringharjo Cabang Madiun. Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 1(7), 487-505. DOI: http://dx.doi.org/10.20473/vol1iss20147pp487-505

Yulia, & Dima. (2020). Faktor-faktor penyebab kurangnya minat masyarakat menabung di BMT Masyarakat Madani Sumatera Utara (Studi kasus masyarakat tembung pasar IX). Skripsi tidak dipublikasikan. Medan: Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.