Keengganan UMKM di Sekitar Wisata Religi dalam Mengambil Pembiayaan Bank Syariah: Sebuah Studi di Madura

Authors

January 30, 2022

Downloads

ABSTRAK

Pangsa pasar perbankan Syariah di Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengetahuan, motivasi, dan marketing terhadap keengganan minat UMKM di sekitar wisata religi di Madura untuk mempunyai produk pembiayaan di bank syariah. Jenis data pada penelitian merupakan data primer yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner pada pemiliki UMKM pada kawasan wisata religi di Madura dan tidak memiliki produk pembiayaan di bank syariah. Regresi liniear berganda digunakan untuk mengolah data penelitian ini. Hasil dari penelitian ini yaitu pengetahuan dan motivasi berpengaruh signifikan terhadap keengganan minat UMKM mengambil pembiayaan pada bank syariah. Variabel marketing tidak berpengaruh signifikan terhadap keengganan minat mengambil pembiayaan pada bank syariah. Berdasarkan hasil tersebut maka perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengidentifikasi faktor lain yang akan mendorong minat UMKM untuk mengambil pembiyaan pada bank syariah.

Kata Kunci: Bank syariah, Pariwisata Syariah, Keengganan Minat, UMKM.

 

ABSTRACT

The market share of Islamic banking in Indonesia is still low. his study aims to determine the effect of knowledge, motivation, and marketing variables on the reluctance of MSME interest in religious tourism in Madura to have financing products in Islamic banks. The type of data in this study is primary data obtained through distributing questionnaires to MSME owners in religious tourism areas in Madura and not having financing products at Islamic banks. Multiple linear regression was used to process the research data. The results of this study are knowledge and motivation have a significant effect on the reluctance of MSMEs to take financing at Islamic banks. The marketing variable has no significant effect on the reluctance of interest in taking financing at Islamic banks. Based on these results, it is necessary to conduct further research to identify other factors that will encourage the interest of MSMEs to take financing in Islamic banks.

Keywords: Islamic Bank, Shariah Tourism, Reluctance of Interest, MSME.

 

DAFTAR PUSTAKA

Achmad, L. I. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keengganan menabung di bank syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Pelita Bangsa, 5(1), 64–91. https://doi.org/https://doi.org/10.37366/jespb.v5i01.85

Amalia, R. (2017). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kurangnya minat masyarakat muslim di kecamatan Bara mengambil pembiayaan. Skripsi tidak dipublikasikan. Palopo: IAIN Palopo.

Amin, H., Rahman, A. R. A., Sondoh, S. L., & Hwa, A. M. C. (2011). Determinants of customers’ intention to use Islamic personal financing: The case of Malaysian Islamic banks. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 2(1), 22–42. https://doi.org/10.1108/17590811111129490

Anshori, M., & Iswati, S. (2009). Buku ajar metodologi penelitian kuantitatif. Surabaya: Pusat Penerbitan dan Percetakan Unair.

Arifin, S. (2017). Digitalisasi pariwisata Madura. Jurnal Komunikasi, 11(1), 53. https://doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2835

Arniati, Arsal, M., Akhmad, A., Asdar, A., & Adiningrat, A. A. (2020). Impression of student knowledge on decisions become a customer of Islamic banks. International Journal of Business Economics (IJBE), 1(2), 145–152. https://doi.org/10.30596/ijbe.v1i2.4284

BPS. (2021). Jumlah dan persentase penduduk miskin di Provinsi Jawa Timur menurut kabupaten/kota, 2017-2021. Diakses dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2021/12/13/2289/jumlah-dan-persentase-penduduk-miskin-di-provinsi-jawa-timur-menurut-kabupaten-kota-2017-2021.html

Devi, A., & Firmansyah, I. (2019). Developing halal travel and halal tourism to promote economic growth: A confirmatory analysis. Journal of Islamic Monetary Economics and Finance, 5(1), 193–214. https://doi.org/10.21098/jimf.v5i1.1054

Dharmmesta, B. S., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen pemasaran: Analisa perilaku konsumen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Effasa, A. S., & Ain, F. A. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat pedagang muslim dalam menggunakan jasa bank syariah mandiri kc Sumberrejo-Bojonegoro. Jurnal Fakultas Ekonomi, 8(1), 41–53.

Farida, Zulaikha, & Putro, E. H. (2020). Desentralisasi wisata religi Indonesia melalui city branding wisata kabupaten Bangkalan Madura. Bricolage Jurnal Magister Ilmu Komunikasi, 6(2), 223–234. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage/article/view/2149

Fathurrahman, A., & Zulfikar, F. (2020). Empirical determinants of saving in Islamic Banks at Tasikmalaya City. Falah: Jurnal Ekonomi Syariah, 5(2), 58–69. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jes.v5i2.13303

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis mutivariate dengan program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Jaelani, A. (2017). Halal tourism industry in Indonesia: Potential and prospects. International Review of Management and Marketing, 7(3), 25–34. https://doi.org/10.2139/ssrn.2899864

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Marketing management. In S. Yagan (Ed.), Essentials of Management for Healthcare Professionals (14th ed.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc. https://doi.org/10.4324/9781315099200-17

Kurniawan, M. Z., & Gitayuda, M. B. S. (2020). Peran inklusi keuangan pada perkembangan UMKM di Madura. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), Ciastech, 97–104. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/1852

Kusnandar, V. B. (2021). Sebanyak 97% penduduk Jawa Timur beragama Islam pada Juni 2021. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/18/sebanyak-97-penduduk-jawa-timur-beragama-islam-pada-juni-2021

Lestari, S., & Mukaromah, H. (2018). Literasi keuangan syariah pengelola koperasi pondok pesantren An-Nawawi Kec. Gebang, Kab. Purworejo. An-Nawa: Jurnal Hukum Islam, 1(1), 61-87.

Maulana, F. R., Hasnita, N., & Evriyenni, E. (2020). Pengaruh pengetahuan produk dan word of mouth terhadap keputusan nasabah memilih bank syariah. JIHBIZ :Global Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 124. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v2i2.8644

Mujahidin, A. (2017). Factor of public interest to islamic banking services. International Journal of Development Research, 07(10), 16318–16322.

Nitisusatro, M. (2020). Perilaku konsumen dalam perspektif kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Novita, E., & Aqliyah, H. (2018). Faktor penyebab rendahnya minat UMKM di Kecamatan Pamijahan dalam memilih pembiayaan pada bank syariah. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 1(1), 132–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v1i1.294

Otoritas Jasa Keuangan. (2021). Statistik Perbankan Indonesia (19th ed.). Otoritas Jasa Keuangan. Diakses dari https://www.ojk.go.id/id/kanal/perbankan/data-dan-statistik/statistik-perbankan-indonesia/Pages/Statistik-Perbankan-Indonesia---Oktober-2021.aspx

Qodariyah, L. (2014). Membaca peluang kyai dalam upaya penguatan lembaga perbankan syariah di Madura. Dinar: Jurnal Ekonomi Dan Keuangan Islam, 1(2), 1-12. https://doi.org/10.21107/dinar.v1i2.2727

Rahmawati. (2016). Manajeman pemasaran. Samarinda: Mulawarman University Press.

Rahmawati, E. N., Kafid, N., & Wijaya, T. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya minat masyarakat memilih produk pembiayaan pada bank syariah. Anil Islam, 10(1), 3–24.

Rini, H. Z. (2017). Peran perbankan syariah terhadap eksistensi UMKM industri rumah tangga batik laweyan. Academica: Jurnal of Multidisciplinary Studies, 1(1), 68–80.

Rosana, F. C. (2021, January). Tak capai 10 persen, OJK sebut indeks literasi keuangan syariah masih rendah. Diakses dari https://bisnis.tempo.co/read/1424676/tak-capai-10-persen-ojk-sebut-indeks-literasi-keuangan-syariah-masih-rendah/full&view=ok

Sabani, A. (2012). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya minat masyarakat muslim menabung pada bank syariah di Kota Palopo. Tesis tidak dipublikasikan. Makassar: UIN Alauddin.

Setyani, I., Damelia, D., & Puspita, D. W. (2013). Model inklusi keuangan pada UMKM berbasis pedesaan. JEJAK: Jurnal Ekonomi Dan Kebijakan, 6(2). https://doi.org/10.15294/jejak.v6i2.3885

Shinta, A. (2011). Manajemen pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Subagyo, P., & Djarwanto. (2014). Statistika induktif. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Sujarwo, M., & Sari, A. I. (2015). Perkembangan nasabah dalam menggunakan produk perbankan Syariah Mandiri Tbk. BENEFIT: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 102–114.

Supriyadi, Rahman, A., Fauzan, & Hana, U. A. (2021). Optimalisasi pariwisata syariah dalam upaya peningkatan ekonomi lokal masyarakat Madura. Greenomika, 3(2), 56–66.

Wardani, I. S. (2020). Persepsi etnis Madura terhadap perbankan syariah. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Zainuddin, Z., Hamja, Y., & Rustiana, S. H. (2016). Analisis faktor dalam pengambilan keputusan nasabah memilih produk pembiayaan perbankan syariah (Studi kasus pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Ciputat). Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 1–12.