Analisis Perilaku Investor pada Penggunaan Aplikasi Trading Online Binary Option Binomo di Kalangan Muslim Gen-Z

Authors

March 31, 2022

Downloads

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti perilaku investor generasi Z muslim dalam mengambil keputusan untuk menggunakan aplikasi trading binary option Binomo. Penelitian ini menggunakan metode deskritif  kualitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat dua kelompok yang berbeda dari perilaku Gen-Z muslim, kelompok yang pertama adalah mereka yang memutuskan untuk  tetap memakai aplikasi Binomo walaupun sudah mengetahui akan hukum binomo yang memiliki unsur judi didalamnya, dan satu kelompok lainnya yang langsung meninggalkan aplikasi Binomo saat mengetahui aplikasi ini mengandung unsur judi dalam transaksinya. Prespektif generasi Z muslim terhadap aplikasi Binomo pada sisi hukum memiliki berbagai sudut pandang yang berbeda terutama pada keputusan untuk terus menggunakan ataupun meninggalkan aplikasi ini. Keputusan OJK dan BAPPEBTI terhadap legalitas aplikasi ini memiliki titik terang saat kedua badan tersebut telah menyatakan bahwa aplikasi Binomo ini ilegal.

Kata Kunci: perilaku investor, Binary Option Binomo, Gen-Z muslim, investasi syariah.

 

ABSTRACT

This study aims to examine the behavior of Muslim generation Z investors in making decisions to use the Binomo binary options trading application. This study uses a qualitative descriptive method. This study concludes that there are two different groups of Muslim Gen-Z behavior, the first group is those who decide to continue using the Binomo application even though they already know the Binomo law which has gambling elements in it, and another group who immediately leaves the Binomo application. when you find out this application contains elements of gambling in the transaction. The perspective of Generation Z Muslims towards the Binomo application on the legal side has different points of view, especially on the decision to continue to use or leave this application. The decision of OJK and BAPPEBTI on the legality of this application has a bright spot when the two agencies have declared that the Binomo application is illegal.

Keywords: investor behavior,  Binary Option Binomo,  Muslim Gen-Z, sharia investment.

 

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, F. (2020). Investasi reksadana syariah di Indonesia islamic mutual fund investment in Indonesia. At-Tijarah: Jurnal Penelitian Keuangan dan Perbankan Syariah, 2(1), 44-65.

Bencsik, A., Juhász, T., & Horváth-Csikós, G. (2016). Y and Z generations at workplaces. Journal of Competitiveness, 6(3), 90–106. https://doi.org/10.7441/joc.2016.03.06

Binary option. (2021). Retrieved from https://www.investopedia.com/terms/b/binary-option.asp

Binomo. (2021). Retrieved from https://www.sahamok.net/binomo diakses pada 24 Desember 2021

Dewan Syariah Nasional-Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI). (2002). Fatwa DSN-MUI Nomor 28 tahun 2002 tentang jual beli mata uang (Ash sharf). Jakarta: DSN-MUI.

Dolot, A. (2018). The characteristics of generation z. E-Mentor, 74, 44–50. https://doi.org/10.15219/em74.1351

Ghazali, H. (2019). Islam untuk gen-z: Mengajarkan Islam dan mendidik muslim generasi z, panduan bagi guru PAI. Jakarta: Wahid Foundation.

Hasanuddin, A. F. (2019). Pendapat majelis ulama indonesia (MUI) kabupaten Malang terhadap trading binary option. Skripsi tidak dipublikasikan. Malang: UIN Malang.

Hasbiansyah, O. (2008). Pendekatan fenomenologi: Pengantar praktik penelitian dalam ilmu sosial dan komunikasi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 9(1), 163–180. https://doi.org/10.29313/mediator.v9i1.1146

Kewenangan Bappebti. (2021). Retrieved from https://bappebti.go.id/kewenangan

Kulsum, N. M. (2018). Modul perilaku konsumen. Jakarta: Universitas Nasional.

Miles, M. B., & Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif: Buku sumber tentang metode-metode baru. Jakarta : Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Mukarromah, P. S. I. (2021). Sistem binary option pada platform binomo dalam perspektif hukum Islam. Skripsi tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.

Musa, A. Y. M. B. (2016). Tafsir Al Qur’an Hidayatul Insan Jilid 1. Retrieved from https://ia903205.us.archive.org/4/items/TafsirAlQuranJilid1/Hidayatul%20Insan%20Jilid%201.pdf

Pengelolaan investasi. (2021). Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Pengelolaan-Investasi.aspx

Perusahaan efek. (2022). Retrieved from https://www.ojk.go.id/id/kanal/pasar-modal/Pages/Perusahaan-Efek.aspx

Puspitaningtyas, Z. (2021). Perilaku investor dalam pengambilan keputusan investasi saham. Skripsi tidak dipublikasikan. Jember: Universitas Jember.

Putra, Y. S. (2016). Theoritical review: Teori perbedaan generasi. Among Makarti: Jurnal Ekonomi dan Bisnis. 9(2), 123–134. http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142

Rofi'i, Yuyun, S. G. D., & Supriyadi. (2020). Hijrah and religious symbolization of generation z. International Conference on Religion, Spirituality and Humanity, 1, 1–12.

Rohman, M. M. (2018). Tinjauan Umum Tentang Investasi Syariah. Al-Mizan: Jurnal Hukum dan Ekonomi Islam, 2(1), 31–51. https://doi.org/10.33511/almizan.v2n1.31-51

Sladek, S., & Grabinger, A. (2014). The first generation of the 21st Century has arrived!. XYZ Universitiy. Retrieved from https://www.xyzuniversity.com/wp-content/uploads/2018/08/GenZ_Final-dl1.pdf

Sarwono, J. (2009). Memadu pendekatan kuantitatif dan kualitatif: Mungkinkah? Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, 9(2).

Yaasiin, F. N., & Sitanggang, T. N. (2020). Pengaruh pengetahuan investasi, fasilitas teknologi, status mahasiswa dan gender terhadap minat investasi mahasiswa universitas prima indonesia di pasar modal. Jurnal Mutiara Akuntansi, 5(2), 59–66.

Yulianti,  F., Lamsah., & Periyadi. (2019). Manajemen pemasaran. Yogyakarta: Deepublish