Factors Affecting Muslim Fashion Products and Lifestyle Purchasing Decisions as Moderation
Downloads
ABSTRACT
This research aimed to identify factors that influence consumer purchasing decisions for Muslim fashion products which are moderated by lifestyle variables. A quantitative method with purposive sampling method was used in this research and the total respondents were 280. This study used SEM-PLS to analyze the data by using the SmartPLS 3.0 program as an estimation tool. The results of this research show that the variables product design, brand image, and price have a positive and significant effect on purchasing decisions for Muslim fashion products. Meanwhile, product quality and social media have no effect on purchasing decisions on Muslim fashion products. Brand image variable exerts a positive and significant impact on purchasing decisions through lifestyle. However, lifestyle does not enhance the influence of design, price, quality, and social media on consumer purchasing decisions for Muslim fashion products.
Keywords: Lifestyle, Purchase Decision, Muslim Fashion
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen terhadap produk fashion muslim yang dimoderasi oleh variabel gaya hidup. Metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dan berjumlah 280 responden. Penelitian ini menggunakan SEM-PLS untuk menganalisis data dengan menggunakan program SmartPLS 3.0 sebagai alat estimasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel desain produk, citra merek dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk fashion muslim. Sedangkan kualitas produk dan media sosial tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk fashion muslim. Variabel citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui gaya hidup. Namun gaya hidup tidak memperkuat pengaruh desain, harga, kualitas dan media sosial terhadap keputusan pembelian konsumen produk fashion muslim. Hal ini mengindikasiakan bahwa produsen fashion muslim perlu meningkatkan promosi yang kreatif di media sosial agar lebih berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen.
Kata Kunci: Gaya Hidup, Keputusan Pembelian, Fashion Muslim.
Aaker. (2018). Manajemen ekuitas merek. Jakarta: Mitra Utama.
Adabi, Y. Rizal. (2022). Analisis pengaruh gaya hidup, citra merek dan desain produk terhadap keputusan pembelian motor Honda Scoopy. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi dan Akutansi, 7(1), 14-22.
Alim, S. A., Mawardi, M. K., & Bafadhal, A. S. (2018). Pengaruh persepsi label halal dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk fesyen muslim (Survei pada pelanggan produk Zoya Muslim di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 62(1), 127-134.
Andi, Suyono, Hafis, P. Al, & Hendri. (2020). Pengaruh celebrity endorser, kualitas produk, desain produk terhadap minat beli Smartphone Asus pada Mahasiswa Pelita Indonesia. Procuratio: Jurnal Ilmiah Manajemen., 8(1), 23-36.
Anggraini, N., Barkah, Q., & Hartini, T. (2020). Pengaruh promosi, harga, kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek produk Rabbani di Palembang. Jurnal Neraca, 4(1), 26-40. doi:10.31851/neraca.v4i1.4176
Apupianti, I. N., Sumarwan, U., & Tinaprilla, N. (2019). Influences of shopping lifestyle and reference groups towards purchase intention of preloved fashion. Indonesian Journal of Business and Entrepreneurship, 5(3), 252–262. doi:10.17358/ijbe.5.3.252
Ariella, R. I. (2018). Pengaruh kualitas produk, harga produk dan desain produk terhadap keputusan pembelian konsumen Mazelnid. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 3(2), 215–221.
Bimantara, Y., Novita, D., & Jaelani. (2022). Survei pada konsumen Mobil Honda Brio di Lampung. SMART: Journal Strategy of Management and Accounting through Research and Technology, 2(1), 27–36.
Darman, L. O., & Sofia, S. (2021). Pengaruh desain produk, promosi, dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian Motor Yamaha N-Max pada PT. Hasjrat Abadi Motor Kota Sorong. Jurnal Perkusi Pemasaran Keuangan dan Sumber Daya Manusia., 1(3).
Deisy, M., Lapian, J., & Mandagie, Y. (2018). Analisis citra merek, harga produk dan kualitas terhadap keputusan pembelian Handphone Samsung pada seluruh gerai í‚ gerai seluler di It Center Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), 2288–2297.
Dinar Satandard. (2022). State of the global Islamic economy report. Retrieved from https://cdn.salaamgateway.com/reports/pdf/48f93802a1cab97b768834599df0a597ffc5280c.pdf
Dinawan, M. R. (2010). Analisa faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(3), 335–369.
Genoveva, G., & Utami, N. N. (2020). The influence of brand image, halal label, and halal awareness on customers purchasing decision of halal cosmetic. Jurnal Muara: Ilmu Ekonomi dan Bisnis, 4(2), 355-365. doi:10.24912/jmieb.v4i2.8381
Gitosudarmo, I. (2000). Manajemen operasi. Yogyakarta: Lembaga Penerbit FE UGM.
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM : Indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 37–41. doi:10.2753/MTP1069-6679190202
Handayani, J., Deriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen. Journal of Business and Banking, 10(1), 91-103. doi:10.14414/jbb.v10i1.2261
Hasanah, K. (2016). Hijabers community, gaya hidup sebagai moderasi dan keputusan pembelian di galery Elzatta Madiun. EKOMAKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akutansi, 5(1), 14-22.
Hawkins, D. I., & Mothersbaugh, D. L. (2013). Consumer behaviour: Building marketing strategy. New York: McGraw-Hill, Irwin.
Hendrayati, H., & Vanessa, G. (2020). Innovation and marketing performance of womenpreneur in fashion industry in Indonesia. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 219, 299–300. doi:10.1016/j.sbspro.2016.04.034
Hofman, M. (2000). Wanted: Compulsive consumers. Retrieved from www.Inc.com.
Indriyani, R., & Suri, A. (2020). Pengaruh media sosial terhadap keputusan pembelian melalui motivasi konsumen pada produk fast fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran, 14(1), 25–34. doi:10.9744/pemasaran.14.1.25-34
Ismail, A. R., & Spinelli, G. (2012). Effects of brand love, personality and image on word of mouth: The case of fashion brands among young consumers. Journal of Fashion Marketing and Management, 16(4), 386–398. doi:10.1108/13612021211265791
Kaplan, A. M., & Haenlein, M. . (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59–68. doi:10.1016/j.bushor.2009.09.003
Keller, K. L. (2003). Strategic brand management: Building, measuring, and managing brand equity. New York: Pearson Education.
Kemenparekraf. (2021). Ekonomi kreatif lokal diyakini mampu mendunia, sumbang PDB hingga Rp 1.100 triliun. Retrieved from https://pedulicovid19.kemenparekraf.go.id/ekonomi-kreatif-lokal-diyakini-mampu-mendunia-sumbang-pdb-hingga-rp-1-100-triliun/
Kemenperin. (2021). Pacu ekspor produk fesyen muslim, Kemenperin Gelar ii-Motion 2021. Retrieved from https://www.kemenperin.go.id/artikel/22513/Pacu-Ekspor-Produk-Fesyen-Muslim,-Kemenperin-Gelar-ii-Motion-2021
Khoiro, F., Rachma, N., & Hufron, M. (2019). Pengaruh promosi media sosial terhadap keputusan pembelian dengan viral marketing sebagai variabel intervening (Studi pada konsumen Warung Siji House and Resto Malang). E-Journal Riset Manajemen, 8(13), 140–153.
Kodu, S. (2013). Harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Mobil Toyota Avanza. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), 1193-1312.
Komite Nasional Keuangan Syariah. (2018). Masterplan ekonomi syariah Indonesia 2019-2024. Retrieved from https://kneks.go.id/storage/upload/1573459280-Masterplan%20Eksyar_Preview.pdf
Kotler, P., & Armstrong, Gary. (2015). Principles of marketing (16th edition). London: Pearson Education Limited.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15 th Ed). New Jersey: Pearson Pretice Hall Inc.
Lestari, A. (2021). Sebagai negara ketiga pengembang fashion muslim terbaik, Indonesia bakal jadi kiblat fashion. Retrieved from https://www.beautynesia.id/fashion/sebagai-negara-ketiga-pengembang-fashion-muslim-terbaik-indonesia-bakal-jadi-kiblat-fashion/b-238841
Lestari, S. b. (2014). Fashion sebagai komunikasi identitas sosial di kalangan mahasiswa. Ragam Jurnal Pengembangan Humaniora, 14(3), 225–238.
Mahodim, M., Fajriah, Y., & Wahyudi, W. (2021). Pengaruh harga dan citra merek terhadap keputusan pembelian mobil merek Expander. Jurnal Mirai Management, 5(2), 652–663.
Muslim, A. W. (2018). Pengaruh media sosial, E-Service Quality dan harga terhadap keputusan pembelian yang di mediasi oleh gaya hidup. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 6(2), 145–162.
Muzaqqi, A., Fauzi, A., & Suyadi, I. (2016). Pengaruh kesadaran merek, kesan kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek (Survei pada konsumen pembeli dan pengguna produk Sari Apel SIIPLAH di Perumahan Saxophone Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 31(1), 26–34.
Narayana, K. G. S., & Rahanatha, G. B. (2020). Peran brand image memediasi social media marketing terhadap keputusan pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(5), 1962-1982. doi:10.24843/ejmunud.2020.v09.i05.p16
Nasution, S. L., Limbong, C. H., & Ramadhan, D. A. (2020). Pengaruh kualitas produk, citraa merek, kepercayaan, kemudahan dan harga terhadap keputusan pembelian pada E-Commerce Shopee (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen), 7(1), 43–53. doi:10.36987/ecobi.v7i1.1528
Ramadhani, I., & Nadya, P. S. (2020). Pengaruh celebrity endorser dan brand image terhadap keputusan pembelian fesyen muslim Hijup. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA), Jakarta: 10-11 Desember 2020. Hal. 1–14.
Raven, D., & Ferdinand, A. T. (2017). Analisis pengaruh desain produk, kualitas produk, harga kompetitif, dan citra merek terhadap keputusan pembelian (Studi pada pelanggan Nesty Collection Jakarta). Diponegoro Journal of Management, 6(3), 152-164.
Romadonny, J., & Rosmadi, M. L. N. (2018). Pengaruh merek, promosi, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian bola sepak. IKRAITH-HUMANIORA, 2(2), 82–89.
Sari, S. A. (2020). Minat pembelian modest fashion ditinjau dari kualitas produk, design, Islamic brand, distribusi, dan gaya hidup generasi millennial di Kudus. Undergraduate Thesis of Sharia Economics, Faculty of Islamic Economics and Business. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Satria, W. A. (2015). Pengaruh merek dan desain terhadap minat beli konsumen (Studi kasus konsumen Sepeda Motor Honda CS One pada dealer 54 motor Pekalongan). Undergraduate Thesis of Management Major, Faculty of Economics. Universitas Negeri Semarang.
Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2009). Customer behavior. New Jersey: Prentice – Hall International, Inc.
Setianingsih, Dewi, R., Suryaningsih, I. B., & Farida, L. (2016). Pengaruh selebriti pendukung dan citra merek terhadap keputusan pembelian Kerudung Elzata pada Mahasiswi Jember. Jurnal Universitas Jember.
Shahrussiyam, R. M., & Listiani, E. (2020). Hubungan brand image produk supreme dengan gaya hidup dalam memilih fashion remaja dengan menggunakan studi korelasi brand image Supreme dengan gaya hidup fashion Mahasiswa Bisnis dan Manajemen Universitas Widyatama Bandung. Prosiding Manajemen Komunikasi, 6(1), 61–68.
Silmia, P. (2018). Hasil riset, modest fashion Indonesia duduki ranking 2 sedunia. Retrieved from https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-4308306/hasil-riset-modest-fashion-indonesia-duduki-ranking-2-sedunia
Solihin, O. (2015). Terpaan iklan mendorong gaya hidup konsumtif masyarakat urban. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 5(2), 41–50.
Supriyadi, Wiyani, W., & Nugraha, G. I. K. (2017). Pengaruh kualitas produk dan brand image terhadap keputusan pembelian (Studi pada mahasiswa pengguna produk sepatu merek Converse di Fisip Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 4(1), 74–85. doi:10.26905/jbm.v4i1.1714
Suryani, T. (2013). Perilaku konsumen di era internet (1st Ed). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tahid, S., & Yunia, D. N. (2007). Konsep teknologi dalam pengembangan produk industri: Pendekatan kolaboratif pada konsep teknologi dan desain produk industri. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Timorria, L. F. (2021). RI berpeluang besar kuasai ekspor produk fesyen muslim di antara negara OKI. Retrieved from https://ekonomi.bisnis.com/read/20210626/12/1410308/ri-berpeluang-besar-kuasai-ekspor-produk-fesyen-muslim-di-antara-negara-oki
Tjhin, V. U., & Aini, S. R. N. (2019). Effect of E-WOM and social media usage on purchase decision in clothing industry. International Conference on E-Business and Mobile Commerce, 30-34. doi:10.1145/3332324.3332333
Watson, D., & Tellegen, A. (1985). Toward a consensual structure of mood. Psychological Bulletin, 98(2), 219–235. doi:10.1037/0033-2909.98.2.219
Yatma, M. N. (2018). Anteseden minat beli terhadap barang branded (Studi pada konsumen sepatu branded di Indonesia). Yogyakarta: Universitas Islam Indonesia.
Zulaicha, S., & Irawati, R. (2016). Pengaruh produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen di Morning Bakery Batam. Inovbiz: Jurnal Inovasi dan Bisnis, 4(2), 429–450. doi:10.35314/inovbiz.v4i2.76
Copyright (c) 2023 Nurchalisa Putri, Syafiq Mahmadah Hanafi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Authors who publish with Jurnal Ekonomi Syariah Teori and Terapan agree to the following terms:
- The journal allows the author(s) to hold the copyright of the article without restrictions.
- The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions.
- The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Common Attribution-NonCommercial-ShareAlike (CC BY NC SA).
- Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
- Jurnal Ekonomi Syariah Teori and Terapan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.