Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa S1 Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Tidak Termotivasi Menjadi Karyawan Organisasi Pengelola Zakat

Authors

December 4, 2015

Downloads

This research aims to determine the factors that influence Students of Islamic Economics FEB UNAIR not motivated being a Zakat Organization's employee.

This research used quantitative methods through exploratory factor analysis. Characteristic of the population in this research are Students of Islamic Economics FEB UNAIR class 2010-2011 who following the active class. The number of samples at the time of pre eliminary test by conducting an interview written as many as 10 informants, and main test required 90 respondents. The sampling technique used is probability sampling. Sampling was done using simple random sampling.

Based on the results of study indicate that there are four factors that influence Students of Islamic Economics FEB UNAIR. The four factors as a result of reduction of processing factor analysis. These four factors named by factor of the recognition, support by circles, Zakat Organization's image, and informations about Zakat Organization.

Advice for the are improves giving more informations about Zakat Organization's needed employees. For academic side, can more improves more study about zakat management. Factor that formed in this study can also be made henceforth research materials to influence another variable, namely interest to work at Sharia Bank.

 

REFERENCES 

Atmojo, Wahyu W. 2013. Pengaruh Faktor Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik Terhadap Semangat Kerja Karyawan pada Divisi Kompartemen Sumber Daya Manusia PT Petrokimia Gresik. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga. Bank Indonesia. Outlook Perbankan Syariah. 2014.

Departemen Agama RI. 1993. Qur'an Suci: Terjemah dan Tafsir. Jakarta: Darul Kutubil Islamiyah.

Gunawan, Ikhsan. 2010. Motivasi Kerja Guru Tidak Tetap di Berbagai SMA Swasta di Kota Semarang. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

http://www.facebook.com/notes/ibislamic-banking/ (diakses tanggal 8 Mei 2014).

http://www.sunnah.com/ (diakses tanggal 14 Mei 2014). Juniar, Rima F. 2013. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kurangnya Minat Berwirausaha Sarjana Muslim di Surabaya. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga.

Karengga, Dewi M. 2011. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Akuntansi dalam Memilih Karir Sebagai Akuntan Publik. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlagga.

Khaerany, Rizky. 2013. Akuntabilitas dan Transparansi Lembaga Pengelola Zakat Terhadap Kualitas Lembaga Amil Zakat (Pandangan Muzakki dan Amil Zakat pada Dompet Dhuafa Sulsel). Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin.

Kholis, Nur. 2004. Etika Kerja Dalam Perspektif Islam. Al-Mawarid Edisi XI hal:146. Malhotra, Naresh K. 2010. Riset Pemasaran: Pendekatan Terapan Jilid 2. Jakarta: PT. Indeks.

Nazir, Mohammad. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Noor, Muhammad Iqbal. 2012. Motivasi Islam dan Motivasi Prososial pada Lembaga Amil Zakat. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Pramandhika, Ananto. 2011. Motivasi Kerja Dalam Islam. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Pratikto, Heri. 2012. Peran Strategis Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia. Jurnal Ekonomi Bisnis, Tahun 17, No. 2 hal: 104. Republik Indonesia.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat. 2011.

Rivai, Veithzal. 2009. Islamic Human Capital: Dari Teori ke Praktik Manajemen Sumber Daya Islami. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Ujianto dan Abdurrachman.2004. "Analisis Faktor-Faktor yang Menimbulkan Kecenderungan Minat Beli”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol 6 No 1, pp. 34-53.

Most read articles by the same author(s)