Analisis Kualitatif Sakarin dan Silamat pada Es Doger di Kota Batam

Hesti Marliza, Delladari Mayefis, Raihani Islamiati

= http://dx.doi.org/10.20473/jfiki.v6i22019.81-84
Abstract views = 249 times | downloads = 611 times

Abstract


Pendahuluan: Pemanis sintetis merupakan suatu zat/bahan yang digunakan untuk menimbulkan rasa manis dengan jumlah kalori yang lebih rendah daripada gula pasir. Salah satu pemanis buatan yang sering digunakan adalah sakarin dan siklamat. Konsumsi sakarin dan siklamat dalam dosis tinggi dapat menyebabkan kanker, dan penyakit lainnya seperti tumor paru, hati, limfa, migraine dan sakit kepala. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan sakarin dan siklamat pada es doger yang dijual di beberapa lokasi di Kota Batam. Metode: Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan metode pengambilan sampel yang kebetulan ada atau tersedia saat itu sebanyak 12 sampel dari 12 pedagang es doger. Identifikasi sampel dilakukan secara kualitatif dengan uji pengendapan dan uji reaksi warna. Hasil: Hasil uji menunjukkan bahwa sebanyak 12 sampel dari 12 pedagang di beberapa lokasi di  Kota Batam tidak mengandung sakarin dan siklamat. Kesimpulan: Es doger yang dijual di Kota Batam tidak mengandung pemanis buatan.

Keywords


pemanis buatan, sakarin, siklamat

Full Text:

PDF

References


Arini, D. (2018). Identifikasi Sakarin Pada Minuman Jajanan di Kawasan Pendidikan SD di Wilayah Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Simki-Techsain; 2; 1-8.

Badan Standarisasi Nasional (BSN). (1992). Standar Nasional Indonesia (SNI). SNI-01-2893-1992. Cara Uji Pemanis Buatan. Jakarta: Dewan Standarisasi Indonesia.

Devitria, R. & Sepriyani, H. (2018). Identifikasi Natrium Siklamat pada Minuman Sirup yang dijual di Lima SD Kecamatan Sukajadi Pekanbaru. Jurnal Analis Kesehatan Klinikal Sain; 6; 1–7.

Lestari, D. (2011). Analisis Adanya Kandungan Pemanis Buatan (Sakarin dan Siklamat) pada Jamu Gendong di Pasar Gubug Grobogan. Skripsi; Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Walisongo, Semarang.

Nurlailah, A. N. A. & Oktiyani, N. (2017). Analisis Kadar Siklamat pada Es Krim di Kota Banjarbaru. Medical Laboratory Technology Journal; 3; 77–81.

Rasyid, R., Yohana, M. & Mahyuddin, M. (2016). Analisis Pemanis Sintesis Natrium Sakarin dan Natrium Siklamat dalam Teh Kemasan. Jurnal Farmasi Higea; 3; 52-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL FARMASI DAN ILMU KEFARMASIAN INDONESIA

View JFIKI Stats

                

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License