Sistem Pencarian Hotel Berdasarkan Rute Perjalanan Terpendek Dengan Mempertimbangkan Daya Tarik Wisata Menggunakan Algoritma Greedy
Downloads
Abstrak” Pencarian hotel merupakan hal yang penting dilakukan wisatawan dalam melakukan perjalanan wisata. Wisatawan akan mempertimbangkan kriteria hotel seperti kelas, harga dan review hotel. Selain itu faktor jarak hotel dan tempat wisata yang dikunjunginya adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pada penelitian ini dibangun sistem untuk melakukan pencarian hotel berdasarkan rute perjalanan wisata terpendek dengan daya tarik wisata mengunakanalgoritma greedy untuk memudahkan wisatawan dalam melakukan efisensi jarak perjalanan wisata serta membantu dalam pemilihan hotel. Penelitian ini dilakukan melalui empat tahap, tahap pertama adalah pengumpulan data dan informasi daya tarik wisata dan hotel. Tahap kedua adalah analisa data dengan algoritma greedy serta melakukan penyesuian pengunaan algoritma berdasarkan karakteristik perjalanan yang dilakukan wisatawan. Tahap ketiga adalah pembangunan sistem, dan tahap terakhir adalah melakukanevaluasi sistem bersama para ahli yang telah berpengalaman dalam bidang pariwisata dan calon penguna aplikasi ini.Hasil dari penelitian ini adalah sistem yang dapat memberikan rekomendasi rute dan urutan perjalanan terpendek antara hotel dan daya tarik wisata berdasarkan algoritma greedy.
Kata Kunci” Hotel, Daya Tarik Wisata, Algoritma Greedy, Rute Perjalanan Terpendek
Abstract” Hotel search was an important thingfor travelers in their traveling journey. Travelers would consider criteria such as class, price and review of the hotel.Beside those things, distance between Hotel and tourist attractionswasalsoimportant factor to be considered. In this research, system was constructed to perform a hotels search by shortest travelling route using Greedy Algorithm. This research was conducted through four stages, the first stage wasdata and information collectingof tourist attraction and hotel. Second stagewasdata analysis with greedy algorithm in purpose to classify the data and implementing greedy algorithm with manual calculation to the problem research. The third stage was the development of the system, and the last stage wasevaluating the system with the experts who are experienced in the field of tourism and the prospective user of this application. Results from this study was the system can provide recommendations and sequence the shortest journey between the hotel and tourist attraction based on the greedy algorithm.
Keywords” Hotel, Tourist Attraction, Greedy Algorithm, Travelling Salesman Problem
Efendi, F. S., Pinto, M., & Tempake, H. S. (2012). Implementasi Algoritma Greedy Untuk Melakukan Graph Coloring: Studi Kasus Peta Propinsi Jawa Timur. Jurnal Informatika vol 4 edisi 2 , 440-448.
Fariza, A., Setyowati, Y., & Putra, B. J. (2012). Decision Support System of Hotel Selection in Surabaya Based on Android Platform. The 14th Industrial Electronics Seminar 2012 (IES 2012). Surabaya: Electronic Enggineering Polytechnic Institute of Surabaya.
Levitin, A., & Mukherjee, S. (2007). Introduction to the design & analysis of algorithms. Vol. 2. Pearson Addison-Wesley.
Lukman, A., AR, R., & Nurhayati. (2011). Penyelesaian Travelling Salesman Problem dengan Algoritma Greedy. Makassar: Prosiding Konfrensi Nasional Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) 2011.
Pristanto, Y., Wahyuni, S., & Handini, Y. D. (2012). Analisis Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Menginap Pada Hotel Bintang Mulia Jember. Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Skripsi Universitas Jember.
Riyanto. (2010). Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android. Yogyakarta: Andi.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
All accepted papers will be published under a Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) License. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication. CC-BY Licenced means lets others to Share (copy and redistribute the material in any medium or format) and Adapt (remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially).