Analisis Pengaruh Variabel Antisedan Dari Impulse Buying (Studi Empiris Pada Giant Ekstra Jatiasih)
Downloads
Perkembangan dalam bisnis ritel di Indonesia terus mengalami pertumbuhan yang positif dalam 10 tahun terakhir. Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, Setiap perusahaan ritel perlu memperhatikan perilaku konsumen di dalam toko seperti pembelian yang tidak direncanakan. Salah satu faktor yang mempengaruhi Impulse Buying adalah lingkungan toko dimana semua gerai ritel memiliki lingkungan tokonya sendiri. Tujuan penelitian ini tak lain untuk mengetahui sejauh mana peran lingkungan toko, Impulse Buying tendency, Shopping Enjoyment Tendency, Positive Affect, Negative Affect dan urge dalam mempengaruhi pembelian yang tidak direncanakan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat faktor-faktor lingkungan toko seperti musik, Layout, dan karyawan dapat berpengaruh secara signifikan dalam menciptakan pengaruh positif didalam toko, Serta faktor Layout yang memberikan pengaruh secara signifikan dalam menciptakan dorongan untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan. Faktor kepribadian konsumen seperti Impulse Buying tendency pun diketahui memberikan pengaruh yang signifikan terhadap terjadinya dorongan untuk melakukan pembelian yang tidak direncanakan.
Beatty, S. E., & Ferrel, M. E. (1998). "Impulse Buying: Modeling its Precursors". Journal of Riteling, 169.
Cox, R., & Brittain, P. (2000). "Ritel Management". Edinburgh Gate, England: Pearson Education Limited.
d' Astous, A. (2000). "Irritating aspects of the shopping environment". Journal of Business Research.
Dholakia, U. M. (2000). "Temptation and Resistance: An Integrated Model of Consumption Impulse Formation and Enacment". Psychology & Marketing, 955.
Duarte, P., Raposo, M., & Ferraz, M. (2013). "Drivers of snack foods impluse buying behaviour among young consumers". British Food Journal, Vol. 115 No. 9, 1233-1254.
Dunne, P. M., & Lusch, R. F. (2008). "Riteling". South-Western: Thomson.
Hsu, C. H. (2010). "Spectator Visual Perception Scale for Lighting at In-line Hockey Rinks". The Business Review, Vol. 14, 120-127.
Hu, H., & Jasper, C. R. (2006). "Social cues in the Store Environment and their impact on Store image". International Journal of Riteling & Distributin Management, Vol. 34 No. 1, 25-48.
Jain, R., & Badgare, S. (2011). Music and consumption experience: a review". International Journal of Ritel & Distribution Management, Vol. 39 No. 4, 289-302.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). "Marketing Management". New Jersey: Pretince Hall.
Malhotra, N. K. (2012). "Basic Marketing Research" (4th ed.). United states of America: Pretince Hall.
Mohan, G., Sivakuraman, B., & Sharma, P. (2013). "Impact of Store Environment on Impulse Buying behaviour". Europian Journal of Marketing, Vol. 47, 1711-1732.
Oliver, R., & Swan, J. (1989). Consumer perceptions of interpersonal equity and satisfaction in transactions: a field survey approach. Journal of Marketing.
Park, J., & Lennon, S. J. (2006). "Psychological and environmental antecedents of Impulse Buying tendency in the multichannel shopping context". Journal of Consumer Marketing, 58-68.
Podoshen, J. S., & Andrzejewski, S. A. (2012). "An Examination of The Relationships Between Materialism, Conspicuous Consumption, Impulse Buying and Brand Loyalty". Journal of Marketing Theory and Practice, Vol. 20, No.3, 319-333.
Silvera, D. H., Lavack, A. M., & Kropp, F. (2008). "Impulse Buying: the role of affect, social influence, and subjective wellbeing". Journal of Consumer Marketing, 23-33.
Sweeney, J. C., & Wyber, F. (2002). "The role of cognitions and emotions in the music-approach-avoidance behaviour relationship". The Journal of Service Marketing, 51.
Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.
Vrechopoulos, A. P., Keefe, R. M., Doukidis, G. I., & Siomkos, G. J. (2004). "Virtual Store Layout: an experimental comparison in the context of grocery ritel". Journal of Riteling, 13-22.
Wells, J. D., Parboleeah, V., & Valacich, J. S. (2011, January). "Online Implulse Buying: Understanding the interplay between Consumer Impulsiveness and Website Quality". Journal of the Association for Information Systems, Vol. 12, 32-56.
Wijaya, T. (2009). "Analisis Structural Equation Model menggunakan AMOS". Yogyakarta: Universitas Atma Jaya Yogyakarta.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. The author(s) hold the copyright of the article without restrictions.
2. The author(s) retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution (CC BY).