Peran Pustakawan sebagai Konsultan Riset dalam Mewujudkan Universitas Airlangga
Downloads
Pada tahun 2015, Universitas Airlangga menjadi salah satu universitas yang ditunjuk oleh pemerintah melalui Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk menjadi Top 500 World Class University. Universitas Airlangga masuk dalam Top 500 Wolrd Class University perlu didukung seluruh komponen universitas termasuk tenaga kependidikan (pustakawan).Makalah ini akan membahas peran tenaga kependidikan (pustakawan) untuk mendukung mewujudkan tercapainya Top 500 World Class University. Peran perpustakaan untuk mendukung penelitian adalah menjadi lembaga yang memberikan research supportservices. Pustakawan akan menjadi konsultan riset, dengan memberikan layanan yang meliputi before your research begin, duringyour research, after your research end. Kualifikasi pustakawan sebagai konsultan riset adalah (1) menguasai sumber informasionline sebagai bahan penelitian; (2) menguasai bahasa Inggris baik secara lisan maupun tulisan; (3) mampu berkomunikasi dengan peneliti secara profesional; (4) memahami bibliometrika untuk menyajikan analisa pemetaan hasil penelitian dari scopus atau web of science; (5) memahami minimal satu reference manager; (6) memahami langkah awal publikasi karya ilmiah baik tingkat universitas maupun jurnal internasional.
Depdiknas. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, edisi ketiga. Jakarta: Depdiknas. 2004.
http://belmawa.ristekdikti.go.id/2016/10/14/riset-mindsetdan-
world-class-university/. diakses 26 Mei 2018.
http://news.unair.ac.id/2016/01/01/menuju-top-500-worldclass-
university-pada-2019/. diakses 26 Mei 2018.
https://www.lib.umn.edu. diakses/. 15 Mei 2018.
http://www.shanghairanking.com/. diakses 10 Mei 2018.
https://www.timeshighereducation.com/. diakses 10 Mei 2018.
http://www.webometrics.info/en. diakses 10 Mei 2018.
www.library.uwa.edu.au/. diakses 15 Mei 2018.
Levin H. M, Dong Wook Jeong dan Dongshu Ou. (2006). What is a world class university?. Paper presentation at the 2006 Conference of the Comparative & International Education Society, Honolulu, Hawaii, March16, 2006. [Online].Tersedia:http://www.tc.columbia.edu/centers/
coce/pdf_files/c12.
Nanang Martono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif:Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Nirmala, Wildan [et.al]. Membangun Kompetensi Profesional
Pustakawan. Surakarta: Yumma Presindo, 2018.
Puspitasari, Dewi. Mewujudkan Liason Librarian Dalam Perpustakaan Perguruan Tinggi. Acara Pustaka 1 (01). D3 Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha. 2015.
Undang-Undang No 20 tahun 2003 tentang Pendidikan
Nasional.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA