Pembuatan Portal Informasi Web Sebagai Terobosan Terbaru Untuk Layanan Referensi
Downloads
Perkembangan jaman yang semakin maju telah mengubah banyak hal terutama perkembangan teknologi yang semakin pesat.Memaksa masyarakat untuk mengikuti arus yang pada dasarnya adalah globalisasi. Seperti halnya perpustakaan kini telahberkembang mengikuti arus globalisasi dan arus perkembangan teknologi informasi yang dibutuhkan pun beragam dibedakan dari jenis usia dan jenis keperluan masing-masing. Dari situ perpustakaan berusaha untuk memberi kepuasan kepada parapemustakanya. Kecocokan informasi yang ada, dengan kebutuhan pemustaka merupakan salah satu cara kita mengoptimalkan akses informasi. Sistem penemuan kembali informasi berguna untuk mencocokkan apa yang tersedia, dengan apa yang dibutuhkan oleh pemustaka perpustakaan. Layanan referensi online berbentuk portal web adalah salah satu jawaban dari kebutuhan masyarakat atau pemustaka yang haus akan informasi.
Murniaty. 2006. Promosi Jasa Pelayanan Referensi di Perpustakaan. http://repository.usu.ac.id/bitstream/1 23456789/1817/1/06009263.pdf. 15 April 2014.
Reference and User Services Association (RUSA). 2003. Professional Competencies for Reference and User Services Librarian. http://www.ala.org/rusa/resources/guidelines/professional. 31 Januari 2014.
-------. 2008. Definitions of Reference. http://www.ala.org/rusa/resources/guidelines/definitionsreference. 31 Januari 2014.
2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA