Factors Affecting Behavioral Intention to Adopt and Recommend The Shopee Platform to Students in Surabaya
Downloads
Shopee is one of the most popular online shopping (e-commerce) platforms in Indonesia compared to other similar platforms. This platform offers the same functionality and usability as its competitors but still tops the list of the most used ones. This study aims to explain the influential factors in determining the process of adoption and recommendation of the Shopee platform among students in Surabaya. The research method used in this research is quantitative-explanatory using the theory test of acceptance and use of technology (UTAUT2), and by using partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) data analysis, the research objects are students. The location chosen in this research is Surabaya City, which is one of the big cities that do a lot of online shopping in Indonesia. This study adds another variable that is rarely used, namely the habit variable. The data analysis used in this approach consists of two (2) evaluations, namely the evaluation of the measurement model, or outer model, and the evaluation of the structural model, or inner model. The construct in this study is a reflective construct, assessed by looking at the results of calculations for convergence validity, average variance extracted, and discriminant validity. The findings show that habits and perceived trust have an effect on behavioral intentions to adopt. This is what ultimately affects their desire to make a recommendation to other people in their social environment.
Kata Kunci: (e-commerce), perceived trust, college student, behavioral intentions, UTAUT2
ABSTRAK
Shopee adalah salah satu platform belanja online (e-commerce) yang paling popular di Indonesia dibandingkan dengan platform lain serupa. Platform ini menawarkan fungsi dan kegunaan yang sama dengan pesaingnya, namun tetap menampati urutan paling atas yang paling banyak digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang berpengaruh dalam menentukan proses adopsi dan rekomendasi platform Shopee pada kalangan mahasiswa di Surabaya. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kuantitatif-eksplanatif dengan menggunakan uji teori penerimaan dan penggunaan teknologi (UTAUT2), dan dengan menggunakan analisis data Partial Least Square- Structural Equation Modelling (PLS-SEM.), objek penelitiannya adalah mahasiswa. Lokasi yang dipilih dalam penelitian adalah Kota Surabaya, yang merupakan salah satu kota besar yang banyak melakukan pembelian secara online di Indonesia. Penelitian ini menambahkan satu variabal lain yang masih jarang digunakan, yaitu variable kebiasaan atau habits. Analisis data yang digunakan dalam pendekatan ini terdiri dari dua (2) evaluasi yaitu evaluasi model pengukuran atau outer model dan evaluasi model struktural atau inner model. Konstrak dalam penelitian ini adalah konstrak reflektif, dinilai dengan melihat hasil perhitungan dari convergence validity, average variance extracted, dan discriminant validity. Temuan menunjukkan bahwa habits dan perceived trust berpengaruh terhadap behavioral intention to adopt. Inilah yang pada akhirnya mempengaruhi keinginan mereka untuk melakukan suatu rekomendasi kepada orang lain di lingkungan sosial mereka.
Kata Kunci: (e-commerce), Kepercayaan konsumen, mahasiswa, Niat Perilaku, UTAUT2
REFERENSI
A'yun, Ariza Qurrota. 2019. "Gaya Hidup Mahasiswa Pengguna Online Shop (Studi Pada Mahasiswa PGSD UNUSA).” 1–72.
Alvara Strategic Research. 2019. "Perilaku Dan Preferensi Konsumen Millennial Indonesia Terhadap Aplikasi E-Commerce 2019.” Alvara Beyond Insight 34.
Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenadamedia.
BPS. 2019. Statistik E-Commerce 2019.
Cahyani, Esty Dwi. 2019. "Analisis Penerimaan Aplikasi Ruang Guru Sebagai Media Pemenuhan Informasi Akademik Siswa SMA Di Kota Surabaya Ditinjau Dari Model UTAUT2.”
Chin, Wynne W. 1998. "The Partial Least Squares Approach for Structural Equation Modeling.”
Modern Methods for Business Research (January 1998):295–336.
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. SAGE Publications, Incorporated. In Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Metod Approaches.
Google, Temasek, and Bain & Company. 2019. E-Conomy SEA 2019.
Hair, Joe F., Christian M. Ringle, and Marko Sarstedt. 2011. "PLS-SEM: Indeed a Silver Bullet.”
Journal of Marketing Theory and Practice 19(2):139–52.
Jaya, I. Gede Nyoman Mindra and I. Made Sumertajaya. 2008. "Pemodelan Persamaan Structural Dengan Partial Least Square.” Semnas Matematika Dan Pendidikan Matematika 2008 118– 32.
iPrice Group. 2019a. "Highlight Belanja Online Indonesia 2019.”
iPrice Group. 2019b. "Year-End Report on Southeast Asia's Map of E-Commerce.” Iprice Group
Katadata. 2018. Perilaku Konsumen E-Commerce.
Kinasih, Cecilia Anantria Cahya. 2019. "Model Adopsi Informasi Situs Youtube Di Kalangan Mahasiswa.”
Mulyadi, Mohammad. 2011. "Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya [Quantitative and Qualitative Research and Basic Rationale to Combine Them].” Jurnal Studi Komunikasi Dan Media 15(1):128.
Nasution, Siti Lam'ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan Nasution. 2020. "Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Kepercayaan Kemudahan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Shopee.” Journal Ecobisma 43–53.
Persson, A. G. M. (2019). Research methodology. In Foreign Direct Investment in Large-Scale Agriculture in Africa. https://doi.org/10.4324/9780429020018-4
Piarna, Rian, Ferdi Fathurohman, and Nunu Nugraha Purnawan. 2020. "Understanding Online Shopping Adoption: The Unified Theory of Acceptance and the Use of Technology with Perceived Risk in Millennial Consumers Context.” JEMA: Jurnal Ilmiah Bidang Akuntansi Dan Manajemen 17(1):51.
Purwasih, Kalih. 2019. "PENGARUH PRODUK, HARGA, DISTRIBUSI, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus
Mahasiswa Angkatan 2016-2018 IAIN Purwokerto).” 2019.
Putri, Hanifah Oktana. 2019. "Penerapan Metode Unified Theory of Acceptence and Use of Technology ( UTAUT) Dalam Memprediksi Behavioral Intentions Pada Penggunaan E- Commerce Shopee Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Di Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh).”
Qiftiah, Maryatun. 2020. "Pengaruh Shopping Life Style, Motivasi Belanja Hedonis, Dan Potongan Harga Terhadap Keputusan Impulse Buying Di Shopee Pada Mahasiswa Jurusan IPS FKIP Universitas Lampung.”
Sarwono, Jonathan. 2015. Membuat Skripsi, Tesis Dan Disertasi Dengan Partial Least Square SEM (PLS - SEM).
Suryani, Ade Rezita. 2019. "Analisis Kualitas Website Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan
Konsumen Dalam Berbelanja Menggunakan Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa FEBI Semester VI IAIN Bengkulu.”
Wei, Toh Tsu, Govindan Marthandan, Alain Yee Loong Chong, Keng Boon Ooi, and Seetharam Arumugam. 2009. "What Drives Malaysian M-Commerce Adoption? An Empirical Analysis.” Industrial Management and Data Systems 109(3):370–88.
Yamin, Sofyan & Kurniawan, Heri. (2011). Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling: Aplikasi dengan Software XLSTAT, SmartPLS, dan Visual PLS. Jakarta: Salemba Infotek.
Yang, Kenneth C. C. 2005. "Exploring Factors Affecting the Adoption of Mobile Commerce in Singapore.” Telematics and Informatics 22(3):257–77.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA