The Role of School Libraries in Supporting Distance Education: A Narrative Review
Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Jarak Jauh: Sebuah Tinjauan Naratif

Downloads
Background: Library are one of the important supporting factors in the world of education, both direct education and distance education because they play a role in providing learning resources. School libraries in distance education have roles that must be implemented and maximized so that the continuity of learning does not become difficult.
Purpose: This research focuses on the purpose of knowing the role of school libraries in supporting distance education through the analysis of providing access to learning resources, increasing students' literacy interest, and providing digital services.
Method: This research uses a narrative literature review method from references related to the topic of the role of school libraries in supporting distance education with the number of main references analyzed as many as six references.
Findings: The results show that school libraries have an important role to play in supporting distance education. School libraries need to provide digital learning resources to sustain distance education. In addition, the library plays a role in increasing students' literacy interest through interactive programs and online discussion tools. Services in school libraries also need to be adapted to digital services that can be accessed anytime by learners.
Conclusion: School libraries play a crucial role in distance education by providing access to digital learning resources, improving learner literacy, and providing digital services that facilitate the learning process. Future research could focus on the development of inclusive digital infrastructure, collaboration with online platforms, and access solutions in remote areas for education equity.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
ABSTRAK
Peran Perpustakaan Sekolah dalam Mendukung Pendidikan Jarak Jauh: Sebuah Tinjauan Naratif
Latar Belakang: Perpustakaan menjadi salah satu faktor penunjang penting dalam dunia pendidikan, baik pendidikan langsung maupun pendidikan jarak jauh karena berperan dalam pengadaan sumber belajar. Perpustakaan sekolah dalam pendidikan jarak jauh memiliki peran-peran yang harus dilaksanakan dan dimaksimalkan agar keberlangsungan pembelajaran tidak menjadi sulit.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran perpustakaan sekolah dalam mendukung pendidikan jarak jauh melalui analisis penyediaan akses sumber belajar, peningkatan minat literasi peserta didik, dan penyediaan layanan digital.
Metode: Penelitian ini menggunakan metode narrative literature review dari rujukan yang berkaitan dengan topik peran perpustakaan sekolah dalam mendukung pendidikan jarak jauh dengan jumlah rujukan utama yang dianalisis sebanyak enam rujukan.
Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa perpustakaan sekolah memiliki peran penting untuk mendukung pendidikan jarak jauh. Perpustakaan sekolah perlu menyediakan sumber belajar digital untuk keberlangsungan pendidikan jarak jauh. Selain itu, perpustakaan ikut berperan dalam meningkatkan minat literasi peserta didik melalui program interaktif dan sarana diskusi online. Layanan di perpustakaan sekolah juga perlu diadaptasikan menjadi layanan digital yang dapat diakses kapan saja oleh peserta didik.
Kesimpulan: Perpustakaan sekolah memiliki peran krusial dalam pendidikan jarak jauh melalui penyediaan akses sumber belajar digital, peningkatan literasi peserta didik, dan penyediaan layanan digital yang mempermudah proses pembelajaran. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada pengembangan infrastruktur digital yang inklusif, kolaborasi dengan platform daring, serta solusi akses di daerah terpencil untuk pemerataan pendidikan.
Kata Kunci: Perpustakaan Sekolah; Pendidikan Jarak Jauh; Perpustakaan Digital
Adzhana, H. A., Rukmana, E. N., & Rohman, A. S. (2022). Pengolahan bahan pustaka pada perpustakaan irreplaceable books. Jurnal Perpustakaan Dan Kearsipan, 2. https://www.academia.edu/download/94774662/6355-16580-1-PB.pdf
Alpian, A., & Ruwaida, H. (2022). Pengoptimalan peran perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di sekolah dasar. Jurnal Albasicedu, 6.
Anwar, S., Maskur, S., & Jailani, M. (2019). Manajemen Perpustakaan (S. Kamariah, Ed.). PT. Indragiri.com.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Literasi. Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi
Cahyono, T. Y. (2017). Fungsi perpustakaan sebagai penyedia informasi. Jurnal Perpustakaan. https://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/07/Fungsi-Perpustakaan-Sebagai-Penyedia-Informasi.pdf
Damayanti, D., & Nuzuli, A. K. (2023). Evaluasi efektivitas penggunaan teknologi komunikasi dalam pengajaran metode pendidikan tradisional di sekolah dasar. Journal of Scientech Research and Development , 5(1). https://idm.or.id/JSCR/index.php/JSCR/article/download/130/112
Fadhli, R. (2021). Implementasi kompetensi pembelajaran sepanjang hayat melalui program literasi di perpustakaan sekolah. Implementasi Kompetensi Pembelajaran Sepanjang Hayat Melalui Program Literasi Di Perpustakaan Sekolah, 9.
Fahmi, A. (2016). Manajemen perpustakaan dan mutu pendidikan di sekolah. Jurnal Paedagogy, 3. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/download/3032/2068
Firmansyah, F., Ahyani, H., Ma’arif, M., Wibisono, H. A., Tyaningsih, R. Y., Murti, A., Ahmad, A. K., Syahrul, Y., Meliani, F., Hidayat, R., & Sembiring, D. (2023). Teknologi pendidikan jarak jauh. CV. Widina Media Utama.
Hermawan, D. (2021). Komparasi proses pengadaan bahan pustaka dalam pengembangan koleksi perpustakaan perguruan tinggi. Pustaka Karya: Jurnal Ilmiah Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 9. https://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/pustakakarya/article/view/5513/2713
Huda, I. C. (2020). Peranan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2.
Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2022). The literature review: 6 steps to success. Corwin.
Mesra, R., Pratiwi, D., Handayani, R., Wiguna, I. B. A. A., Suyitno, M., Sampe, F., Halim, F. A., Mayasari, Saptadi, N. T. S., Purwati, H., Ridhani, J., Munandar, H., Tandirerung, V. A., Hamdani, H., & Aina, M. (2023). Teknologi pendidikan (A. C. Purnomo, Ed.). PT Sada Kurnia Pustaka.
Mubarok, R. (2021). Perpustakaan digital sebagai penunjang pembelajaran jarak jauh. Jurnal Al-Rabwah, 15. https://jurnal.staiskutim.ac.id/index.php/al-rabwah/article/download/72/48
Parinduri, R. H. (2019). Peranan LAPER BE-ON (Layanan Perpustakaan On line) untuk pendidikan jarak jauh dalam era globalisasi. Jurnal Iqra’, 13.
Ramadhanti, D., Yanda, D. P., & Yenti, E. (2020). Peran perpustakaan sebagai pendukung pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Libraria, 8, 1–30. https://www.researchgate.net/profile/Dina-Ramadhanti/publication/351020255_Peran_Perpustakaan_Sebagai_Pendukung_Pembelajaran_Jarak_Jauh_di_Masa_Pandemi_Covid-19/links/607fa0bb907dcf667bb11770/Peran-Perpustakaan-Sebagai-Pendukung-Pembelajaran-Jarak-Jauh-di-Masa-Pandemi-Covid-19.pdf?_sg%5B0%5D=started_experiment_milestone&origin=journalDetail
Rustiyono, M. P. (2018). Peran pustakawan pendidikan jarak jauh di era disrupsi: studi kasus di Perpustakaan Universitas Terbuka. Jurnal Pustakawan Indonesia, 17, 70. https://jurnalpenyuluhan.ipb.ac.id/index.php/jpi/article/download/28669/18134
Tahar, A., Setiadi, P. B., & Rahayu, S. (2022). Strategi pengembangan sumber daya manusia dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 menuju era society 5.0. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/4428/3691
Undang-Undang No. 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan (2007). https://peraturan.bpk.go.id/Download/29566/UU%20Nomor%2043%20Tahun%202007.pdf

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author to hold the copyright of the article without restrictions.2. The journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
3. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution- NonCommercial-ShareAlike: CC BY-NC-SA