Hubungan Kepuasan Pelayanan Makanan dengan Jenis Diet pada Pasien di RSU Haji Surabaya

Indy Armareza Lora Pratama

= http://dx.doi.org/10.20473/mgk.v8i1.2019.12-18
Abstract views = 117 times | downloads = 240 times

Abstract


Latar Belakang:Pelayanan gizi merupakan salah satu upaya penting untuk mendukung preventif, promotif danrehabilitatif. Pelayanan gizi di rumah sakit dapat mendukung dan mempercepat proses penyembuhan pasiendengan pemberian diet yang sesuai kebutuhan.

Tujuan:Penelitian ini bertujuan untukmenganalisis hubungan kepuasan pelayanan makanan dengan jenis dietpada pasien di RSU Haji Surabaya.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan desaincross sectional.Populasi penelitian terdiridari 79 pasien rawat Rumah Sakit Umum Haji Surabaya dengan besar sampel 48 pasien.Sampel diambilmenggunakansimple random sampling.Penelitian dilakukan dengan wawancara menggunakan kuesionerkepuasan pelayanan makanan.Analisa data menggunakan ujichi-squaredenganCI sebesar 95% (α=0,05).

Hasil:Tingkat kepuasan pelayanan makanan menunjukkan 22 puas (45,8%) dan 26 tidak puas (54,2%).Kepuasan pelayanan makanan berhubungan signifikan dengan jenis diet (p=0,002).

Kesimpulan:Kepuasan pelayanan makan pada pasienmemiliki hubungan signifikan dengan jenis diet. Rumahsakit harus memperhatikan kepuasan makan pasien dan meningkatkan konseling kepada pasien.

ABSTRACT

Background:Nutrition serviceisinfluentialto support preventive, promotive and rehabilitativeefforts topatients in hospital. Nutrition servicecould support therecovery of patientsmorequickly.

Objectives:This study aims to analyze correlation of food service satisfaction and typeof diet in patients at RSUHaji Surabaya.

Methods:This study is an analytical study with a cross sectional design. The study population consisted of 79patients hospitalized inRSU Haji Surabayawith sample size of 48 patients. The sample was taken using simplerandom sampling. The study was conducted by interview using a food service satisfaction questionnaire. Data analysis using chi-square test with CI of 95% (α=0.05).

Results:Satisfaction offood service in patients was significant relationship with the type of diet. Hospitals mustpay attention to patient satisfaction and improve counseling to patients.

Conclusions:Patient satisfactionof food wassignificant associate withtexture offoodsbut notsignificantwithgender, age, and occupation. Hospitals must to pay attention to patient satisfaction, especially in soft foods.


Keywords


patient satisfaction, soft food, regular food

Full Text:

PDF

References


Aliffianti, R. (2016)TingkatKepuasan Pasien Pada Pelayanan Makanan Di Rumah Sakit ‘Aisyiyah Purworejo.Universitas Negeri Yogyakarta.

Almatsier, S. (2001)Prinsip Dasar Ilmu Gizi.

Anita, Y. A. (2016)Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Daya Terima Makanan Lunak Pasien RawatInap Penyakit Dalam Rsud Pasaman Barat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2016. Universitas Andalas.

Anwar, I., Herianandita, E. And Ruslita, I. (2012) ‘Evaluasi Sistem Penyelenggaraan Makanan Lunak DanAnalisis Sisa Makanan Lunak Di Beberapa Rumah Sakit Di Dki Jakarta’,Gizi Indonesia, 35(2), Pp. 97–108.

Ariyanti, V., Widyaningsih, E. N. And Rauf, R. (2017) ‘Hubungan Antara Karakteristik Sensorik MakananDengan Sisa Makanan Biasa Pada Pasien Rawat Inap Rsud Dr. Soeratno, Gemolong, Kabupaten Sragen’,Jurnal Kesehatan,10(1), Pp. 17–25.

Damayanti, S. (2016)Hubungan Variasi Menu, Besar Porsi, Sisa Makanan Dan Tingkat Kepuasan Pasien PadaMakanan Lunak Di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Universitas Esa Unggul.

Daniella Geertruida Maria Rumokoy*, Nova H. Kapantow*, G.D. K. (2016) ‘Faktor-Faktor Yang BerhubunganDengan Sisa Makanan Pada Pasien Di Kelas Iii Penyakit Dalam Rsup Prof. Dr. R.D. Kandou KotaManado’, Pp. 87–102.

Farida(2018)Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Makanan Dan Tingkat Kepuasan Dengan Sisa MakananPasien Diabetes Mellitus Tipe Ii Rawat Inap Di Rsi Nu Demak. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Habiba, R. A. And Adriani, M. (2017) ‘Hubungan Depresi , Asupan , Dan Penampilan Makanan Dengan SisaMakan Pagi Pasien Rawat Inap ( Studi Di Rumah Sakit IslamJemursari Surabaya ) Association BetweenDepression , Intake , And Appearance Of Food With The Morning Food Waste Among Inpatients ( StudyAt The Islam Hospital Jemursari Surabaya )’, Pp. 198–208. Doi: 10.20473/Amnt.V1.I3.2017.198-208.

Hartwell, H. J.Et Al.(2006) ‘Foodservice In Hospital : Development Of A Theoretical Model For PatientExperience And Satisfaction Using One Hospital In The Uk National Health Service As A Case Study *’,Journal Of Foodservice, Xvii, Pp. 226–238.

Herlina, F. F. (2015)Hubungan Faktor Eksternal Dan Daya Terima Makanan Lunak Pada Pasien Dewasa DiRumah Sakit Tni Au Dr. M Salamun Bandung 2015. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung.

Hospitality, N. (2005) ‘Managing Food Waste In The Nhs’. Uk: Departement Of Health, Nhs Estates.

Iftitah, F., Sari, T. And Waryana (2017)Hubungan Kondisi Psikologis Dan Penampilan Makanan Dengan SisaMakanan Pasien Rawat Inap Di Rsud Panembahan Senopati Bantul. Politeknik Kesehatan KementerianKesehatan Yogyakarta.

Jessri M, Mirmiran P, Jessri M, Johns N, Rashidkhani B, Amiri P, Barfmal N, A. F. (2011) ‘A QualitativeDifference. Patients’ Views Of Hospital Food Service In Iran’,Ncbi, 57(2).

Kementerian Kesehatan Ri (2013) ‘Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit’. Indonesia.

Marhaeni, D.Et Al.(2014) ‘Analisis Pelayanan Gizi Rumah Sakit Dengan Pendekatan Health TechnologyAssessement ( Hta ) Health Technology Assessment Approach’, 1(38), Pp. 97–105.

Mas’ud, H., Nur Rochimiwati, S. And Sahariah Rowa, S. (2015) ‘Studi Evaluasi Sisa Makanan Pasien DanBiaya Makanan Pasien Di Rsk Dr Tadjuddin Chalid Dan Rsud Kota Makassar’,Media Gizi Pangan,Xix(Sisa Makanan Pasien, Biaya Makanan Pasien), Pp. 91–95.

Moehji, S. (1992)Penyelenggaraan Makanan Institusi Dan Jasa Boga. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Mulyani, R.(2014) ‘Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Gizi Di Ruang Rawat InapRumah Sakit’, X(2), Pp. 231–240.

Nuraini, N., Bintanah, S. And Nugraheni, K. (2011) ‘Suhu Makanan Dan Sisa Makanan Pasien Dewasa DietLunak Di Rawat Inap Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Daerah Kota Semarang’, Pp. 41–49.

Oktaria(2014)Hubungan Kepuasan Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Pasien Di Rumah SakitBhayangkara Kediri,Skripsi Yang Tidak Terpublikasi. Universitas Brawijaya, Malang.

Pemerintah Kota Surabaya(2017) ‘Statistik Sektoral Kota Surabaya Tahun 2017 : Penduduk Dan Tenaga Kerja’.Surabaya: Pemkot Surabaya.

Pusat Data Dan Informasi Kemenkes Ri (2013) ‘Gambaran Kesehatan Lanjut Usia Di Indonesia’,KementerianKesehatan Ri.

Rusdiana Dewi, S. And Adriani,M. (2017) ‘Perbedaan Kepuasaan Pasien Terhadap Makanan Dengan SistemPenyelenggaraan Outsourcing Dan Swakelola Di Rs Islam Jemursari Surabaya Difference PatientSatisfaction Of Food By Outsourcing And Self Operated Foodservice System In Rs Islam JemursariSurabaya’, Pp. 209–219. Doi: 10.20473/Amnt.V1.I3.2017.209-219.

Sugiyono(2009)Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunariani, J. (2009) ‘Perubahan Konsentrasi Il-1 Dan Gustducin Terhadap Rasa Pengecap Pahit Pada Demam’,J. Penelit. Med. Eksakta, 8(3), Pp. 159–167.

Utami, Y. T. (2018) ‘Pengaruh Karakteristik Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di UptdPuskesmas Penumping Surakarta’, 8(1), Pp. 57–65.

Yuliani, D. (2007)Penilaian Mutu Makanan Pada Sistem Penyelenggaraan Makanan Yang Berbeda Di RumahSakit Umum Dr. Zainoel Abidin Dan Di Rumah Sakit Kesdam Banda Aceh. Universitas Gajah Mada,2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Lisensi Creative Commons
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional

INDEXING BY: