Studi Literatur: Pengaruh Fungsi Kognitif Terhadap Activities of Daily Living Pasca Stroke

Stroke Kognitif Activities of Daily Living

Authors

1 June 2021

Downloads

Latar Belakang: Serangan stroke dapat menghambat aliran darah ke bagian otak tertentu yang menyebabkan sebagian dari otak tidak mendapatkan nutrisi dari aliran darah sehingga mengakibatkan kerusakan pada bagian otak yang terdampak. Kerusakan otak akibat stroke dapat meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif sehingga pasien pasca stroke menjadi bergantungan pada orang lain dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau activity of daily living (ADL).   

Tujuan: Penulisan artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh fungsi kognitif terhadap kemandirian activities of daily living (ADL) pada pasien post stroke.  

Metode: Metode penulisan ini adalah studi literatur dengan menggunakan sumber pustaka jurnal dan buku referensi yang mendukung penulisan artikel ini. 

Hasil: Hasil yang diperoleh menurut sebagian besar penelitian terdapat korelasi yang positif antara gangguan kognitif dengan kemandirian activities of daily living (ADL). Namun ditemukan pada salah satu penelitian yang menyatakan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara fungsi kognitif yang diukur dengan The Mini-Mental State Examination (MMSE) dengan basic activities of daily living (BADL).

Kesimpulan: Stroke dapat menyebabkan gangguan kognitif yang dapat mempengaruhi kemandirian activity of daily living (ADL) pada pasien pasca stroke dan gangguan kognitif pada domain persepsi memiliki pengaruh yang besar pada kemampuan pasien dalam melakukan activity of daily living (ADL).