Edukasi Emotional Demonstration dalam Meningkatkan Pengetahuan Ibu terhadap Pencegahan Stunting

Emo-Demo Stunting Baduta

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Stunting atau anak pendek merupakan masalah gizi yang sedang dihadapi oleh dunia, termasuk Indonesia. prevalensi stunting dalam lingkup nasional adalah sebesar 30,8%. Dengan rincian prevalensi pendek sebesar 19,3% serta 11,5% prevalensi sangat pendek. Kekurangan gizi pada 1000 hari pertama kehidupan menjadi penyebab dari kejadian stunting. Salah satu faktor yang memengaruhi pemenuhan gizi pada 1000 HPK adalah pengetahuan, sehingga sehingga perlu dilakukan upaya edukasi salah satunya adalah melalui Emo-Demo.

Tujuan: Penulisan ini bertujuan untuk melihat perbedaan pengetahuan ibu mengenai pencegahan stunting setelah dilakukan edukasi Emo-Demo melalui pretest dan posttest.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan One Group Experiment Pre Test Post Test. Penelitian ini dilakukan pada hari Selasa, 21 Januari 2020 di wilayah kerja Puskesmas Sidotopo tepatnya ibu baduta dan ibu hamil di wilayah RW 06 Kelurahan Ampel. Populasi ibu hamil dan ibu yang mempunyai baduta sebanyak 25 orang dan jumlah sampel sebanyak 19 orang. Teknik pengambilan menggunakan teknik purposive sampling. Peningkatan pengetahuan ibu sebelum dan sesudah dilakukan edukasi dibuktikan dengan Paired T Test dan kemudian dilakukan perhitungan N-Gain untuk melihat efektifitas penggunaan metode Emo-Demo.

Hasil: Pengetahuan ibu hamil dan ibu baduta di RW 6 Kelurahan Ampel mengalami peningkatan setelah dilakukannya edukasi dengan metode Emo-Demo. Berdasarkan hasil uji statistik yaitu Paired T Test didapatkan hasil bahwa ada perbedaan yang signifikan pengetahuan ibu sebelum dan sesudah dilakukan Emo-Demo dengan nilai signifikansi sebesar 0.000. Hasil perhitungan N-Gain menunjukkan bahwa peningkatan pengetahuan ibu sebelum dan sesudah dilakukan Emo-Demo dalam kategori sedang

Kesimpulan: Edukasi dengan metode Emo-Demo cukup efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan ibu tentang pencegahan stunting dengan tingkat efektifitas dalam kategori sedang, sehingga kegiatan Emo-Demo ini perlu dilanjutkan oleh kader setempat.