Hubungan Pendidikan dan Pekerjaan Ibu Terhadap Pemberian Asi Ekslusif di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro

Education Employment Exclusive Breastfeeding.

Authors

2 June 2022

Downloads

Latar Belakang: Air Susu Ibu (ASI) merupakan susu murni dari tubuh ibu yang mengandung banyak zat gizi dan bisa memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayi dengan optimal. Pemberian ASI sudah dilakukan oleh orang Indonesia sejak dulu, tetapi bukan ASI eksklusif melainkan ditambah dengan pemberian susu formula, madu dan makanan tambahan lainnya. Cakupan pemberian ASI eksklusif pada bayi usia < 6 bulan di Kecamatan Purwosari tahun 2019 sebesar 65 (98,5%). Pemberian ASI ekslusif ibu pada bayi dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor Pendidikan dan faktor pekerjaan. 

Tujuan: Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis hubungan antara pendidikan dan pekerjaan ibu terhadap pemberian ASI eksklusif di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro tahun 2020.

Metode: Penelitian menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode survey dan pendekatan cross-sectional. Pengumpulan data menggunakan kuisioner wajib tentang 1000 HPK dengan melalukan probing untuk mendapatkan informasi mendalam yang berkaitan dengan pemberian ASI eksklusif.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebesar 5,0% ibu di Desa Pelem memberikan ASI eksklusif sedangkan 95,0% ibu di desa pelem tidak memberikan ASI eksklusif. Sebagian besar ibu yang memiliki tingkat pendidikan rendah di desa pelem yaitu sebesar 66,7% dan sebesar 53,3% ibu di desa Pelem menyatakan bahwa mereka bekerja.

Kesimpulan: Ada hubungan antara pendidikan ibu dengan pemberian ASI eksklusif dan tidak ada hubungan antara pekerjaan ibu dengan pemberian ASI eksklusif di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro.

Kata kunci: Pendidikan, Pekerjaan, ASI Eksklusif