Strategi Pemasaran di RSI Surabaya Ahmad Yani Berdasarkan Pendekatan New Wave Marketing

Pemasaran Rumah Sakit New Wave Marketing TOWS.

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang:Penurunan jumlah kunjungan pasien di rumah sakit merupakan salah satu tanggung jawab unit pemasaran. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pasien adalah dengan menyusun strategi pemasaran yang baik.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan 12 elemen new wave marketing dan menjelaskan secara komprehensif analisis TOWS di RSI Surabaya Ahmad Yani sebagai upaya penyusunan strategi peningkatan jumlah kunjungan pasien.

Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode in-depth interview dan analisis data sekunder.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSI Surabaya Ahmad Yani telah menerapkan konsep pemasaran 12 elemen new wave marketing dalam kegiatan pemasarannya. Dari hasil temuan isu strategis dan analisis TOWS, diketahui bahwa ancaman terhadap RSI Surabaya Ahmad Yani berada pada elemen coding dan commercialization, untuk peluang terdapat pada elemen clarifying; co-creation; currency; conversation; dan collaboration, untuk kelemahan terdapat pada elemen confirming; communal activation; dan caring, serta untuk kekuatan terdapat pada elemen communitization dan character. Posisi RSI Surabaya A. Yani sendiri berada pada kuadran satu diagram TOWS, sehingga dari hasil temuan tersebut dapat disusun strategi pemasaran yang sesuai.

Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah pada tiap elemen new wave marketing terdapat berbagai hal yang dapat menjadi ancaman, peluang, kelemahan, dan kekuatan rumah sakit.