Strategi Pemasaran di RSI Surabaya Ahmad Yani Berdasarkan Pendekatan New Wave Marketing
Downloads
Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan 12 elemen new wave marketing dan menjelaskan secara komprehensif analisis TOWS di RSI Surabaya Ahmad Yani sebagai upaya penyusunan strategi peningkatan jumlah kunjungan pasien.
Metode: Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode in-depth interview dan analisis data sekunder.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa RSI Surabaya Ahmad Yani telah menerapkan konsep pemasaran 12 elemen new wave marketing dalam kegiatan pemasarannya. Dari hasil temuan isu strategis dan analisis TOWS, diketahui bahwa ancaman terhadap RSI Surabaya Ahmad Yani berada pada elemen coding dan commercialization, untuk peluang terdapat pada elemen clarifying; co-creation; currency; conversation; dan collaboration, untuk kelemahan terdapat pada elemen confirming; communal activation; dan caring, serta untuk kekuatan terdapat pada elemen communitization dan character. Posisi RSI Surabaya A. Yani sendiri berada pada kuadran satu diagram TOWS, sehingga dari hasil temuan tersebut dapat disusun strategi pemasaran yang sesuai.
Kesimpulan: Kesimpulan dari penelitian ini secara umum adalah pada tiap elemen new wave marketing terdapat berbagai hal yang dapat menjadi ancaman, peluang, kelemahan, dan kekuatan rumah sakit.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. (2009). Jakarta.
Mubin, L. F., Anggraeni, W. and Vinarti, R. A. (2012) ‘Prediksi Jumlah Kunjungan Pasien Rawat Jalan Menggunakan Metode Genetic Fuzzy Systems Studi Kasus : Rumah Sakit Usada Sidoarjo', Jurnal Teknik ITS, 1(1), pp. 1–6. doi: 10.12962/j23373539.v1i1.1313.
Adiputra, P. A. T. (2020) ‘Dampak Pandemi COVID-19 pada Pelayanan Pasien Kanker di Rumah Sakit Tersier di Indonesia: Serial Kasus', JBN (Jurnal Bedah Nasional), 4(1), pp. 29–33. doi: 10.24843/jbn.2020.v04.is01.p07
Kementerian Kesehatan RI. (2019) Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia 2019. Jakarta: Kemenkes RI.
Roza, Y. D., Sumarwan, U. and Yuliati, L. N. (2019) ‘Persepsi Pasien Tentang Kualitas Pelayanan dan Minat Kunjungan Ulang di Unit Rawat Jalan RS Unand Tahun 2019', Jurnal Kesehatan Masyarakat Andalas, 13(2), pp. 27–33. doi: 10.24893/jkma.v13i2.525
Dinas Kesehatan Provinsi JawaTimur (2020) Profil Kesehatan 2019. Surabaya: Dinkes Provinsi Jatim.
Dinas Kesehatan Kota Surabaya (2019) Profil Kesehatan 2018. Surabaya: Dinkes Kota Surabaya.
Kementerian Skretariat Negara (2020) Keputusan Presiden No. 12 Tahun 2020 Tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 Sebagai Bencana Nasional. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.
Kementerian Kesehatan RI (2020) Panduan Teknis Pelayanan Rumah Sakit. Jakarta: Kemenkes RI
Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani. (2021) Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2021. Surabaya: RSI Surabaya A.Yani.
Priyanka, I. (2013) ‘Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Jumlah Kunjungan Pasien Di Poliklinik Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Sanjiwani Gianyar', Community Health, 1(2), pp. 99–111. Available at: https://ojs.unud.ac.id/index.php/jch/article/view/7637
Kotler, P. and Keller, K. L. (2016) A Framework for Marketing Management. 6th edn. England: Pearson Education Limited.
Yonaldi, S. and Yanti, B. (2014) ‘Analisis Communitization Sebagai New Wave Marketing Strategy (Studi Pengguna Blackberry di Sumatra Barat)', Manajemen dan Kewirausahaan, 5(1), pp. 1–11. Available at: https://ojs.unitas-pdg.ac.id/index.php/manajemen/article/view/157/59
Octania, G. and Wahid, U. (2019) ‘Penerapan New Wave Marketing Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Brand Kopi Sona)', Jurnal Perspektif Komunikasi, 3(2), pp. 105–116. Available at: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/perspektif/article/view/5596/3802
Kotler, P., Kertajaya, H. and Setiawan, I. (2017) Marketing 4.0 Moving from Traditional to Digital. Canada: John Wiley & Sons, Inc.
Amaliah, N., Herawati, Y. T. and Witcahyo, E. (2017) ‘Analisis SWOT di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Fathma Medika Gresik untuk Meningkatkan Kunjungan Tahun 2016', e-jurnal Pustaka Kesehatan, 5(2), pp. 223–230. Available at: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPK/article/view/5491/4116
Bernard, H. R. (2011) Research Methods in Anthropology: Qualitative and Quantitative Approaches. Maryland: AltaMira Press. Available at: https://b-ok.asia/book/2883782/264541
Rumah Sakit Islam Surabaya Ahmad Yani. (2021) Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan Pemasaran dan Humas 2021. Surabaya: RSI Surabaya A. Yani.
Lestari, P. and Rindu. (2018) ‘Hubungan Pemasaran Rumah Sakit (Marketing Mix 7P) terhadap Tingkat Kunjungan Pasien', Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 07(02), pp. 120–130. doi: 10.33221/jikm.v7i02.114
Kertajaya, H. (2008) New Wave Marketing: The World is Still Round, The Market is Already Flat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Handayani, S. and Martini, I. (2014) ‘Model Pemasaran di Era New Wave Marketing', Jurnal Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 21(36), pp. 1–12. Available at: http://ejurnal.stiedharmaputra-smg.ac.id/index.php/JEMA/article/view/13/13
Musi, S. (2017) ‘Future Marketing, New Wave Marketers', Jurnal Komodifikasi, 5, pp. 91–105. Available at: http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Komodifikasi/article/view/5510/4859
Asril, A. and Hudrasyah, H. (2013) ‘Media Indonesia Marketing Strategy to Incrase Their Gen Y Readers', Indonesian Journal of Business Administration, 2(8), pp. 890–898. Available at: https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/IJBA/article/view/649
Renaldo, A. and Pitanatri, P. D. S. (2018) ‘Mendulang Peluang: Optimalisasi Pasar Cina Melalui New Wave Marketing Di Novotel Bali Benoa', Jurnal Bisnis Hospitaliti, 7(1), pp. 14–31. Available at: https://journal.sbm.itb.ac.id/index.php/IJBA/article/view/649
Nugraha, Y. A. and Wahid, U. (2018) ‘New Wave Marketing dalam Membangun Brand Equity di Era Digital', Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(2), pp. 158–170. doi: 10.31315/jik.v16i2.3005
Winarno, S. H., Hl, S. and Yuniasih, I. (2013) ‘Dampak New Wave Marketing Terhadap Pengembangan Strategi Promosi Produk', Simnasiptek, 1(1), pp. 9–18. Available at: http://seminar.bsi.ac.id/simnasiptek/index.php/simnasiptek-2013/article/view/49
Prahalad, C. K. and Ramaswamy, V. (2004) ‘Co-creation experiences: The next practice in value creation', Journal of Interactive Marketing, 18(3), pp. 5–14. doi: 10.1002/dir.20015
Iedani, M. A. (2014) ‘Co-Creation dengan Komunitas Bike to Work Indonesia Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Polygon', Undip E-journal, 2(2), pp. 1–11. Available at: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksi-online/article/view/5186
Taufiq, A. R. (2019) ‘Penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Akuntabilitas Kinerja Rumah Sakit', Jurnal Profita, 12(1), pp. 56–66. doi: 10.22441/profita.2019.v12.01.005
Fahriza, M. and Pujiyanto (2021) ‘Efektivitas Penggunaan Media Sosial dalam Pemasaran Rumah Sakit: Systematic Review', JURNAL ILMIAH KESEHATAN MASYARAKAT : Media Komunikasi Komunitas Kesehatan Masyarakat, 13(2), pp. 100–108. doi: 10.52022/jikm.v13i2.149
Vionita, L. and Prayoga, D. (2021) ‘Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 dalam Promosi Kesehatan di Rumah Sakit Kabupaten Tangerang', Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, 20(2), pp. 126–133. doi: 10.14710/mkmi.20.2.126-133_
Febriadi, S. R. and Mujahid, I. (2020) ‘Pengaruh Pelayanan Bimbingan Rohani Islam terhadap Motivasi Kesembuhan Pasien di Rumah Sakit Al Islam Bandung', Prosiding Hukum Ekonomi Syariah, 6(2), pp. 762–764. doi: 10.29313/syariah.v6i2.24646
Manurung, S. and Hutasoit, M. L. C. (2013) ‘Perception of Nurse's Caring Behavior in Inpatient Hospital', Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional, 08(03), pp. 104–108. doi: 10.21109/kesmas.v8i3.351
Oktaviani, F. and Rustandi, D. (2018) 'Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness', Profesi humas : jurnal ilmiah ilmu hubungan masyarakat, 3(1), pp. 1–20. doi: 10.24198/prh.v3i1.15878
Hariyanti, E. and Rosyidah (2010) ‘Analisis Strategi Pemasaran Pelayanan Skin Medical Center di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta', Kesmas, 4(2), pp. 76–82. doi: 10.12928/kesmas.v4i2.1094
Copyright (c) 2022 Annisa Alfinur Masithoh
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Media Gizi Kesmas by Unair is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. The journal allows the author(s) to hold the copyright and to retain the publishing right of the article without restrictions.
2. The legal formal aspect of journal publication accessibility refers to Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA).
3. The Creative Commons Attribution-Share-Alike (CC BY-SA) license allows re-distribution and re-use of a licensed work on the conditions that the creator is appropriately credited and that any derivative work is made available under "the same, similar or a compatible license”. Other than the conditions mentioned above, the editorial board is not responsible for copyright violations.