Penatalaksanaan Proses Asuhan Gizi Terstandar, Pemberian Diet Diabetes Mellitus B1 Pada Pasien Hemoroid, Diabetes Melitus Tipe II, dan Anemia Gravis: Sebuah Laporan Kasus

Anemia Gravis Diabetes Mellitus Tipe II PAGT

Authors

2 June 2022

Downloads

Latar Belakang: Diabetes Mellitus merupakan kumpulan gejala yang timbul karena peningkatan kadar gula darah akibat insulin tidak bekerja secara optimal dan banyak menyebabkan kematian. Pasien dengan Diabetes Mellitus memerlukan asuhan gizi khusus untuk mengurangi risiko keparahan karena komplikasi. Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) dilakukan dengan pemberian diet Diabetes Mellitus B1 untuk menurunkan kadar gula darah hingga mendekati normal, meningatkan kadar hemoglobin dan albumin, serta menormalkan berat badan.

Tujuan: untuk mengetahui tata laksana asuhan gizi terstandar pada pasien dengan pemberian diet Diabetes Mellitus B1 pada pasien Hemoroid, Diabetes Melitus Tipe II, dan Anemia Gravis di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Metode: Studi kasus dilakukan pada bulan Maret 2021 pada pasien Rawat Inap RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Hasil: Setelah dilakukan intervensi gizi, fisik/klinis mulai membaik, hasil laboratorium biokimia albumin dan hemoglobin mengalami peningkatan, dan kadar gula darah acak mulai menurun mendekati normal serta asupan pasien meningkat dari hari ke hari namun terdapat beberapa pemenuhan zat gizi makro belum dapat mencapai target (<80%).

Kesimpulan: pemulihan kondisi pasien cukup cepat, hasil pemantauan biokimia dan fisik/klinis secara bertahap membaik, sehingga secara keseluruhan intervensi yang diberikan tercapai kecuali pada target asupan beberapa zat gizi makro.