Hubungan Antara Pemberian Imunisasi Campak Dengan Kejadian Campak di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Campak Imunisasi DKI Jakarta

Authors

2 June 2022

Downloads

Latar Belakang: Campak merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi pada anak, sangat infeksius, dapat menular sejak awal masa prodromal (4 hari sebelum muncul ruam) sampai lebih kurang 4 hari setelah munculnya ruam. Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta atau Provinsi DKI Jakarta masih memiliki angka kejadian campak tinggi di Indonesia. Faktor yang paling dominan berkontribusi dalam penyakit campak salah satunya adalah status pemberian imunisasi campak.

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya hubungan antara pemberian imunisasi campak dengan kejadian campak di Provinsi DKI Jakarta tahun 2018.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan desain studi cross-sectional. Populasi yang digunakan yaitu semua balita yang menderita penyakit campak tiap kabupaten/kota di Provisi DKI Jakarta pada tahun 2018. Cara pengambilan sampel adalah dengan menggunakan total populasi. Variabel yang diteliti yaitu jumlah penduduk yang memiliki balita yang masih belum mendapatkan imunisasi campak dan jumlah kasus campak yang dilaporkan di Provinsi DKI Jakarta, dengan teknik analisis berupa korelasi pearson.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara penduduk yang memiliki balita yang tidak mendapatkan imunisasi campak terhadap kejadian campak di Provinsi DKI Jakarta tahun 2018 (p = 0,030) yang memiliki hubungan sangat kuat dengan jumlah kasus campak yang dilaporkan di Provinsi DKI Jakarta.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara penduduk yang memiliki balita yang tidak mendapatkan imunisasi campak terhadap kejadian campak di Provinsi DKI Jakarta tahun 2018.

Kata kunci: Campak, Imunisasi, DKI Jakarta