Literature Review: Hubungan Pajanan Benzena, Usia, dan Masa Kerja dengan Kadar Trans, Trans – Muconic Acid (ttMA) Urin pada Pekerja Terpapar Benzena

environmental health public health benzene exposure ttMA level

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Benzena adalah salah satu zat atau bahan kimia yang sering ditemukan dan digunakan di dalam bidang perindustrian, baik di dalam industri percetakan, pengeleman, obat-obatan, plastik, karet buatan, pewarna hingga bensin. Hal ini menyebabkan paparan benzena yang diterima manusia atau pekerja yang bekerja dekat dengan sumber benzena rentan menerima risiko atau gangguan kesehatan yang disebabkan oleh benzena. Salah satu metabolit yang dapat diukur sebagai tanda dari adanya paparan benzena di dalam tubuh adalah ttMA dalam urin.

Tujuan: Studi literatur ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara pajanan benzena dengan kadar ttMA urin pada pekerja berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya.

Metode: Metode penelitian ini adalah literature review yang dimana digunakan untuk mengkaji, memahami, dan menafsirkan penelitian-penelitian yang ada yang sesuai dengan topik yang diambil dengan bersumber dari artikel yang diterbitkan dalam kurun waktu 5 tahun.

Hasil: Hasil dari literature review menunjukkan bahwa hampir seluruh penelitian (75%) yang dirangkum menyatakan adanya hubungan antara pajanan benzena dengan kadar ttMA urin. Sedangkan variabel seperti usia dan masa kerja mayoritas (>50%) tidak berhubungan dengan kadar ttMA urin.

Kesimpulan: Kesimpulan dalam penelitian ini yang dapat diambil adalah pajanan benzena berhubungan dengan kadar ttMA urin seseorang atau pekerja yang bekerja dekat atau sering terpapar dengan benzena di lingkungan kerjanya. Sedangkan variabel lain seperti usia dan masa kerja tidak memiliki hubungan yang signifikan.


Kata kunci: pajanan benzena, usia, masa kerja, kadar ttMA urin