Pengaruh Seduhan Kopi Robusta Sebagai Antioksidan Terhadap Kadar Malondialdehyde (MDA) pada Tikus Wistar Jantan

Pola tidur terbalik Antioksidan Stress oksidatif Kopi Robusta

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Pola tidur jaga terbalik merupakan perilaku dimana pelaku tidak melakukan istirahat malam sebagai mana mestinya yang dilakukan oleh banyak orang, namun justru siang hari digunakan untuk istirahat malam/tidur. Untuk mencegah semua itu, diperlukan antioksidan yang mampu mencegah stress oksidatif. Ternyata sebuah penelitian membuktikan bahwa terdapat kandungan antioksidan flavonoid yang ada didalam kopi robusta (Coffea robusta) sebesar 10,90 µg/g, kandungan kafein sebesar 2,4%, protein sebesar 7,5%, dan kandungan chlorogenic acid (CGA) sebesar 6,4% sebagai antioksidan.

Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh seduhan kopi robusta terhadap kadar Malondialdehyde (MDA) pada tikus wistar jantan

Metode Penelitian

Alat dan Bahan : Kandang tikus, tempat minum, vakum, sonde lambung, timbangan elektronik, spuit, gunting bedah, pinset, dan spektrofotometri, Pakan standart tikus putih jantan strain wistar, aquadest, seduhan kopi robusta, larutan HCL, Reagensia untuk pengukuran kadar MDA, dan larutan kloroform.

Rancangan Penelitian : Metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan pendekatan Randomized Post Test Only Control Group Design. Pengukuran MDA dilakukan dengan pereaksi thiobarbituric acid (TBA).

Hasil dan Pembahasan: Berdasarkan hasil uji T independent, dengan jumlah sampel 6 dari masing masing kelompok (kontrol dan perlakuan) memiliki rata-rata konsentrasi MDA pada kelompok perlakuan (PI,P2,P3) sebesar 11.69 ± 15.49 nmol/mg) jika dibandingkan dengan kelompok kontrol (K12,K2) sebesar 12.83± 20.10 nmol/mg. Ini mengindikasikan bahwa dengan kelompok perlakuan stress psikologis yang diberikan seduhan kopi robusta mampu menurunkan kadar MDA sebagai penanda stress oksidatif.

Kesimpulan: Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan konsentrasi MDA antara kelompok kontrol dan kelompok perlakuan.

 

Kata kunci : Pola tidur terbalik, Antioksidan, Stress oksidatif, Kopi Robusta