Uji Kandungan Zat Pengawet Formalin pada Buah Impor di Pasar Tradisional Kabupaten Gresik

formalin buah import test kit

Authors

23 November 2022

Downloads

Latar Belakang: Buah-buahan memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Dalam situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang tidak salah jika masyarakat mengkonsumsi buah-buahan untuk meningkatkan imunitas. Di era globalisasi fenomena dimana semakin banyak pedagang buah impor baik di pasar tradisional maupun di pasar modern. Buah impor membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sampai di Indonesia sehingga untuk mempertahankan kualitas tidak sedikit produsen yang menggunakan formalin atau Formaldehyde sebagai bahan dasar pengawet.  

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya kandungan zat pengawet formalin pada buah impor di pasar tradisional Kabupaten Gresik.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Pengujian kandungan zat pengawet formalin menggunakan tes kit formalin dengan dua kali pengujian. Penelitian hanya fokus pada tiga jenis buah impor yang meliputi buah apel merah, buah apel fuji dan buah anggur merah. Lokasi penelitian dilakukan di pasar tradisional A dan pasar tradisional B Kabupaten Gresik.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari enam sampel yang diuji terdapat dua sampel positif yang mengandung formalin dan empat sampel lainnya yang dinyatakan negatif.

Kesimpulan: Kedua buah yang positif mengandung formalin yaitu buah apel merah dari New Zeland dan buah anggur merah dari Amerika dimana kedua jenis buah tersebut dibeli di pasar tradisional B Kabupaten Gresik sehingga diharapkan pemerintah lebih memperketat kembali pengawasan masuknya buah impor ke Indonesia dengan tujuan mengantisipasi masuknya buah impor berbahaya yang mengandung formalin.